by

10 Hobi Ini Dapat Menghasilkan Uang, Apa Saja?

Saat melakukan hobi yang disukai kita cenderung bahagia dan senang melaksanakannya sehingga merasa puas. Lalu, bagaimana jika hobi yang kita kerjakan dapat menghasilkan uang? Nah, berikut adalah beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang dan bisa kamu coba.


Karibkerabat.com – Kebutuhan terhadap uang adalah perkara yang tak terelakkan di tengah perkembangan zaman yang dihadapi saat ini. Maka tak heran jika banyak para pekerja yang masih mencari pekerjaan sampingan guna menambah penghasilan.

Kondisi seperti itu menjadikan banyak orang mencari hobi yang menghasilkan uang sehingga penghasilan mereka bertambah. Melakukan hobi tentunya adalah sesuatu yang menyenangkan, terlebih jika dengan hobi tersebut seseorang mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika melakukan hobi yang tidak dibayar saja sudah terasa menyenangkan, apalagi kalau kita melakukan hobi yang menghasilkan uang kan? Lalu, apa saja macam-macam hobi yang bisa menghasilkan uang dan bagaimana cara memulainya? Simak penjelasan berikut.

10 Hobi yang Menghasilkan Uang

Hobi yang menghasilkan uang

Memiliki penghasilan tambahan menjadi sesuatu kebanggaan tersendiri bagi seorang pekerja, terlebih bagi mereka yang masih tergolong generasi muda dan sedang berusaha mewujudkan financial freedom nya.

Jika kamu termasuk generasi muda yang sedang mencari peluang pendapatan melalui hobi ang kamu sukai, berikut adalah beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang.

1. Blogging

Istilah blogging bukanlah istilah yang asing di kalangan anak muda. Banyak anak muda saat ini yang terjun ke dunia blogging untuk sekedar mencurahkan isi hati dan pikiran ke dalam bentuk tulisan.

Meskipun bukan penulis yang andal, lambat laun seseorang akan mendapatkan penghasilan berupa uang dari aktivitas blogging yang dilakukannya.

Selain menghasilkan uang, aktivitas blogging juga merupakan pekerjaan yang fleksibel dan dapat dikerjakan kapan saja, di mana saja, dan tentang apa saja.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar aktivitas blogging yang dilakukan dapat menghasilkan uang antara lain memasang link affiliate, menulis sponsoredpost, ataupun membuat e-book.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Blog

2. Menulis

Aktivitas menulis pada dasarnya memiliki kesamaan dengan aktivitas bloging. Jika menulis blog dilakukan dengan suka-suka, maka menulis dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu sesuai dengan kaidah penulisan.

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, selain melakukannya di blog kamu juga bisa menghasilkan uang dengan mencoba menulis ulasan sebuah buku atau film di media, menulis fitur atau opini di media massa, serta menulis essai atau jurnal.

Saat ini, ada banyak sekali perusahaan agensi yang memberikan tawaran kepada orang yang memiliki hobi dan keahlian menulis untuk menjadi penulis lepas (Freelance writer). Menjadi seorang freelance writer menjadikanmu memiliki penghasilan tambahan tanpa harus pergi ke kantor, kamu cukup menulis dan upload tulisanmu di kanal tertentu.

3. Fotografi

Selanjutnya, hobi yang dapat menghasilkan uang ialah fotografi. Maraknya penggunaan digital marketing menjadikan orang yang memiliki keahlian fotografi dicari banyak perusahaan untuk memotret produk mereka agar bisa dijadikan konten marketing di dunia digital.

Selain itu, kamu juga dapat mencari peruntungan melalui hobi fotografi dengan cara menjadi fotografer di acara pernikahan, acara wisuda, ataupun acara penting lainnya.

Kemudian, kamu juga dapat mengeksplorasi kemampuan fotografi yang kamu miliki dengan melakukan editing pada foto hasil potretanmu dan menjulanya ke agensi foto di internet.

4. Videografi

Videografi merupakan hobi selanjutnya yang dapat menghasilkan uang. Hal ini dikarenakan meningkatnya berbagai produk yang dipasarkan dalam bentik video yang kemudian jadi kesempatan bagi para videografer untuk terjun di dalamnya.

Nah, jika kamu senang menjalankan hobi yang satu ini, tidak ada salahnya kan kalau membuka jasa videografi untuk profil perusahaan, dokumentasi acara, hingga konten pemasaran.

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk terus mempelajari teknik shooting yang dibutuhkan sehingga menjadi seorang video grafer yang andal dan terpercaya.

Baca Juga: Tips Menjadi Videografer Profesional

5. Gaming

Hobi main game ternyata dapat menjadi hobi yang mendatangkan uang. Untuk menghasilkannya terdapat beberapa cara antara lain dengan melakukan live streaming, membuat video review, atau menjadi tester.

Nah, bagi kamu yang yang memiliki hobi main game, jadikanlah hal ini untuk menjadikan hobimu sebagai penghasilan tambahanmu.

6. Desain dan ilustrasi

Desain ilustrasi merupakan salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan atau lembaga. Nah, bagi kamu yang memiliki hobi dalam bidang ini dapat menjadikannya sebagai ladang keuntunganmu.

Seperti halnya, fotografer dan videografer, hobi dalam bidang ini juga dapat memberikan keuntungan maksimal dan dapat dikerjakan dengan status pekerja lepas/freelance.

7. Memasak

Memiliki hobi memasak merupakan hobi yang seru, dengannya kamu dapat bereksperimen banyak menu masakan yang baru dan tentunya lezat. Selain itu, dengan hobi ini kamu juga dapat menjadikannya sebagai penghasilan tambahan.

Nah, bagi kamu yang memiliki hobi memasak, kamu dapat mencoba untuk mencari peruntungan dalam bidang ini dengan membuka hasa catering, bisnis makanan online, atau kursus masak.

8. Melukis

Kegiatan melukis merupakan hobi yang hanya dimiliki bagi mereka yang tekun, sabar, dan tentunya memiliki jiwa seni tinggi. Kegiatannya harus dilakukan dengan sesantai mungkin dan bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapat hasil yang maksimal.

Bagi kamu yang memiliki hobi ini bisa menjadikannya sebagai peluang untuk menghasilkan uang dengan cara menjualnya secara online maupun offline.

9. Crafting

Crafting adalah hobi atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tertentu untuk menciptakan karya secara terampil. Sebagian besar orang menjadikan hobni ini sebagai ladang keuntungan.

Caranya ialah hasil kerajinan tangan yang dibuat dapat dijual secara online ataupun menitipkannya di pameran-pameran seni. Tentunya kondisi saat ini lebih menguntungkan dikarenakan banyaknya orang yang menyadari pentingnya seni sehingga rela membeli hasil kerajinan tangan dengan harga yang tinggi.

10. Merawat hewan

Hobi merawat hewan peliharaan menjadi hobi yang menyenangkan, melalui hobi ini kamu dapat bermain-main dengan hewan peliharaan yang menggemaskan. Lebih menariknya lagi, hobi ini dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan dengan cara membuka jasa penitipan hewan, salon hewan, atau bisnis makanan atau mainan hewan.

Sahabat, itulah beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang. Tentunya dengan penghasilan tambahan kamu dapat lebih cepat untuk meraih financial freedom yang kamu cita-citakan.
Selain itu, kamu juga dapat menambah dana investasi kamu, baik investasi kemampuan ataupun investasi berupa aset.

Namun demikian, jangan lupa juga untuk melakukan investasi akhirat dengan menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf untuk keberkahanmu di dunia maupun akhirat. Kamu dapat menunaikan sedekah terbaikmu melalui platform Indonesia Berbagi.

Comment

Leave a Reply