by

Sejumlah Amalan yang Dianjurkan di Hari Jumat

Karibkerabat.com – Hari Jumat adalah hari yang paling utama daripada hari lainnya dalam satu pekan. Hal itu berdasarkan sabda Nabi SAW sebagai berikut.

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”

Hari Jumat memiliki amalan khusus yakni shalat Jumat berjamaah bagi Muslim laki-laki. Selain itu, terdapat juga beberapa amalan sunnah yang dapat dioptimalkan pada hari Jumat. Simak penjelasannya di bawah ini.

Amalan Sunnah yang Dianjurkan di Hari Jumat

Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan untuk mengisi hari yang paling utama ini:

1. Bersuci dan membersihkan diri

Bagi umat Islam yang jendak melaksanakan shalat Jumat berjama’ah di masjid dianjurkan untuk bersuci atau membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berangkat ke Masjid. Selain itu, dianjurkan juga untuk mencukur rambut, memotong kuku, dan mengenakan wewangian sebagaimana sabda nabi berikut ini:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari)

2. Membaca surat Al-Kahfi

Berikutnya, umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Terdapat beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat salah satunya adalah terhindar dari fitnah Dajal seperti disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban:

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban)

3. Memperbanyak sedekah

Pada hari Jumat, seorang Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan sedekah untuk meraih keutamaan dan keberkahan hari Jumat. Sedekah pada hari Jumat dapat ditunaikan dalam bentuk makanan, sejumlah uang, dan hal lainnya yang memiliki nilai manfaat.

Biasanya pada hari Jumat terdapat program Jumat Berkah seperti yang rutin dilaksanakan oleh Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, yang mana pada program tersebut akan dilakukan pendistribusian nasi Jumat Berkah kepada jamaah shalat Jumat, pejuang rupiah, dan beberapa penerima manfaat lainnya.

4. Memperbanyak shalawat dan dzikir

Selanjutnya, untuk mengisi setiap detik yang kita lalui pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak shalawat dan dzikir. Meskipun sudah semestinya dilakukan setiap hari, dzikir dan shalawat yang diperbanyak pada hari Jumat memiliki fadhilah tersendiri. Rasulullah SAW bersabda:

Rasulullah SAW bersabda: “Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

5. Memanjatkan doa

Senjata seorang Muslim adalah doa, pada dasarnya berdoa dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun demikian, pada hari Jumat umat islam dianjurkan untuk lebih memperbanyak doa, hal itu karena pada hari ini terdapat waktu mustajab bagi siapa saja yang memanjatkan doa. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Demikianlah uraian mengenai beberapa amalan sunnah yang dapat dioptimalkan pada hari Jumat. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita agar mengoptimalkan amal kebaikan pada hari Jumat sehingga Jumat tidak berlalu begitu saja.

Comment

Leave a Reply