by

Layanan Telemedicine Gratis Bagi Pasien Isoman Covid Omicron

Karibkerabat.com – Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron pemerintah melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) membuka layanan telemedicine gratis bagi pasien positif Covid-19 varian Omicron yang menjalani isolasi mandiri.

Layanan telemedicine gratis ini sementara di buka hanya untuk pasien yang berdomisili di Jabodetabek dan melakukan pemeriksaan di Jabodetabek. Layanan telemedicine ini terdiri dari konsultasi dengan dokter dan paket obat gratis.

Layanan telemedicine gratis bagi pasien isoman Covid-19 varian Omicron dapat diakses di 17 platform telemedicine yang bekerja sama dengan Kemenkes diantaranya ido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.

Layanan Telemedicine Gratis
(Foto: Pixabay.com)

Untuk mengakses layanan tersebut, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang berafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) milik Kemenkes.

Jika pasien dinyatakan positif, pihak laboratorium akan memasukan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes.

Setelah itu pasien akan mendapatkan pesan pemberitahuan di WhatsApp dari Kemenkes RI berupa tanda centang hijau secara otomatis.

Jika tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut, pasien dapat melakukan pengecekan secara mandiri melalui situs https://isoman.kemkes.go.id/ dengan memasukan NIK terlebih dahulu.

Selanjutnya pasien dapat berkonsultasi dengan dokter dengan mengakses tautan yang tersedia pada pesan yang dikirimkan Kemenkes atau pada situs pengecekan mandiri. Masukan voucher untuk mendapatkan layanan konsultasi dan paket obat gratis.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan pasien resep digital sesuai dengan kondisi pasien dan dapat ditebus melalui situsi https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

Paket obat gratis yang akan didapat pasien isoman terdiri dari Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, serta Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).

Baca Juga : 5 Cara Mudah Antisipasi Virus Corona

Untuk obat diluar paket obat isoman gratis, ditebus dan dibayarkan diluar layanan telemedicine isoman. Sasaran layanan telemedicine isoman bagi pasien yang terpapar Covid-19 varian Omicron ialah pasien positif tanpa gejala atau gejala ringan yang berusia minimal 18 tahun serta kondisi rumahnya layak untuk isoman serta diperiksa dan berdomisili di Jabodetabek.

Comment

Leave a Reply