by

Perbanyak Zakat dan Sedekah Saat Hadapi Pandemi Corona

KaribKerabat.com – Sedekah itu amal ibadah yang sangat dianjurkan Islam. Keutamaan sedekah itu menghilangkan cemas, menyembuhkan penyakit hingga menolak wabah.

Sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan memberikan sesuatu ke orang lain dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan.

Bentuknya tidak hanya berupa harta dan benda, amal kebaikan, bahkan senyuman juga bernilai sedekah.

Anas bin Malik berkata,”Rasulullah bersabda,’Sesungguhnya sedekah benar-benar memadamkan kemurkaan Rabb, dan mencegah kematiaan su’ul khatimah.’” (Riwayat At Tirmidzi)

Saat Pandemi Corona, Rahmatan Pandu Kemanusiaan (RPK) menyalurkan bantuan untuk korban bencana

Hadits lain, Nabi Muhammad SAW bersabda jika sedekah menolak 70 jenis musibah atau bala.

Sedekah menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah kusta dan lepra,” (HR. Thabrani,

Keutamaan sedekah, Rasulullah bersabda diriwayatkan Imam Baihaqi mengatakan agar segera bersedekah karena bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.

Sedekah tidak hanya dapat menolak bencana, bahkan dapat menjadi benteng dari panasnya siksa api neraka.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda diriwayatkan Bukhari Muslim untuk membentengi diri dari siksa api neraka meskipun dari separuh buah kurma.

Sedekah meredakan kemarahan Allah dan mengurangi kesakitan saat sakaratul maut tiba termaktub di buku Fiqh as-Sunnah Sayyid Sabiq.

Sedekah bukan hanya menjauhkan diri dari penyakit, sedekah juga menaungi di hari kiamat.

Rasulullah bersabda diriwayatkan Imam Ahmad bahwa naungan saat kiamat adalah sedekahnya

Sedekah terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh saling peduli, bekerja sama atau saling tolong menolong.

Rasulullah SAW bersabda diriwayatkan Bukhari Muslim diwajibkan bersedekah setiap anggota badan manusia selama matahari masih terbit.

Mendamaikan antara dua orang yang berselisih, menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya, setiap langkah kakimu menuju tempat sholat dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.”(HR Bukhari – Muslim).

Hadist itu menjelaskan sedekah juga dapat meredakan dan menghindari perselisihan.

Sedekah tidak hanya berupa harta benda, namun menolong seseorang seperti memberi tempat duduk kepada yang lebih tua  ataupun orang yang lebih membutuhkan di kendaraan umum juga sedekah.

Jadi pandemi COVID-19 ini dapat kita lawan dan basmi dengan kebersamaan sebagai rakyat, sesuai porsi masing-masing.

Inilah keutamaan bersedekah di tengah pandemi corona:

  • Menambah pahala

Harta yang disedekahkan untuk orang membutuhkan apalagi saat wabah menjangkit, maka akan berakibat perekonomian masyarakat melemah.

Tidak sedikit yang di PHK akibat corona, perusahaan sudah tidak sanggup membayar gaji karyawannya.

Banyak pengusaha kecil atau pedagang yang jualannya sepi pembeli akibat pandemi COVID-19, maka selayaknya yang mampu untuk berzakat dan bersedekah lebih.

  • Mencegah segala bahaya

Karena sedekah dapat menjadi benteng dari hal-hal buruk karena kecintaan kepada Allah, dan harapan ridho Allah SWT dengan amal salih dan sedekah.

  • Pererat silaturahmi

Saat sedekah, pastinya akan langsung bertemu atau berhubungan dengan orang yang akan diberi santunan yang tentunya akan mempererat silaturahmi, dan Allah menyukai hambanya yang menjalin hubungan baik terhadap sesama.

Sedekah tidak harus soal harta benda. Mengikuti segala aturan pemerintah menghindari kerumuman dan memakai masker serta mencuci tangan karena adanya pandemi virus corona juga bagian dari sedekah dan ibadah kepada Allah SWT.

  • Sedekah itu mudah dan ringan

Tidak perlu repot urusan uang atau harta, ada juga sedekah yang bagian dari fasilitas Allah yang gampang dan praktis, tinggal mau atau tidak untuk berzakat dan bersedekah untuk menyisihkannya.

Rasulullah SAW bersabda jika senyum kita kepada saudara dan berbuat ma’ruf serta melarang kemungkaran serta menunjukan jalan kepada orang yang tersesat juga termasuk sedekah.

Menuntun orang yang berpenglihatan kabur, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR. Tirmidzi)

Sebagai upaya menghadapi pandemi Corona, Yayasan Rahmatan Lil Almin yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan mengambil peran membantu pemerintah menghadapi pandemi Corona dengan program Lawan Corona.

Langkah ini diwujudkan dengan pembentukan SATGAS COVID-19 Rahmatan Lil-Alamin dengan pelaksanaan program antara lain

  • Pembagian masker gratis kepada anak-anak yatim dan dhuafa’, serta masyarakat umum.
  • Pembagian hand sanitizer
  • Penyemprotan disinfectan
  • Pembagian paket sembako dan uang santunan

Kegiatan berlangsung di Tambelang Bekasi, Kedung Halang, jonggol Bogor, Pondok Kelapa, Rajeg Tangerang dan Karawang.

Mari bersama Yayasan Rahmatan Lil Alamin peduli pandemi Corona dengan perbanyak zakat dan bersedekah.

Informasi lebih lanjut mengenai program-progranm Yayasan Rahmatan Lil Alamin saat pandemi bisa klik di sini.

Comment

Leave a Reply

News Feed