Raih Kebahagiaan Hidup: Lakukan Cari Paling Mudah Praktek Self Care Ini

Berita, Kesehatan269 Views

Karibkerabat.com – Sahabat, salah satu cara untuk meraih kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup ini ialah dengan cara menerapkan praktek self-care dalam kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu. self-care juga memberikan dukungan untuk dirimu secara menyeluruh baik secara fisik, emosional, professional, spiritual, dan psikologis. 

Tidak sedikit orang yang hanya memandang self-care sebagai bentuk perawatan diri secara fisik saja seperti menjaga kebersihan, menjaga pola makan sehat, dan istirahat yang cukup di malam hari. Mengutip dari Better Help, Oxford Living Dictionary mendefinisikan self-care sebagai Tindakan apa pun untuk menjaga atau meningkatkan Kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan seseorang, terutama selama masa stres. Berdasarkan definisi tersebut, kita dapat memahami bahwa self-care memiliki cakupan multidimensi dalam merawat diri sendiri baik secara fisik maupun emosional.

Artikel ini akan mengulas tentang cara praktek mudah self-care dalam kehidupan sehari-hari untuk mendatangkan kebahagiaan dalam diri sendiri. Baca sampai selesai yuk, dan dapatkan banyak hal baru tentang praktek self-care.

Mengapa self-care Penting untuk Diterapkan?

Tahukah kamu jika dengan melakukan self-care amu bisa meningkatkan produktivitas dan kefokusan diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, dengan menerapkannya juga kamu akan bisa menjaga kualitas hubungan dengan orang lain karena kamu mampu menjadi pribadi yang sabar dan tidak mudah marah pada orang lain.

Saat kamu merasa hilang semangat dan rasa percaya diri, dengan melakukan self-care kamu bisa melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa baik dan berarti. Misalnya dengan melakukan hobi, menulis jurnal, meditasi, serta melakukan hal-hal lain yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Seperti dijelaskan di atas, menerapkan self-care memberikan begitu banyak manfaat terhadap diri sendiri sehingga menjadi lebih produktif dan fokus. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perawatan diri penting karena dapat membantu meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan membantu orang mengatasi penyakit dengan baik.

Tak hanya itu, penerapan self-care secara efektif dapat memberikan manfaat untuk mengurangi kecemasan dan depresi, mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kebahagiaan,meningkatkan energi, menghindari burnout, dan meningkatkan kualitas hubungan menjadi lebih baik.

Praktek Self-care yang Dapat Coba Kamu Lakukan

Penerapan self-care dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana seperti memastikan diri cukup tidak setiap malam, keluar rumah selama beberapa menit untuk menghirup udara segar, atau meluangkan sedikit waktu untuk melakukan apa yang kamu sukai.

Namun, terkadang kamu juga perlu melakukan beberapa cara lain yang lebih focus pada area tertentu untuk menghindari segala hal yang dapat memicu stres dalam hidupmu. Nah, untuk menghindari stres dan menghadirkan kebahagiaan dalam diri sendiri, kamu dapat menerapkan self-care dalam beberapa area berikut ini.

Perawatan Fisik

Merawat fisik perlu untuk kamu lakukan agar tubuhmu dapat berfungsi dengan baik. Di samping itu, perawatan fisik yang baik memiliki dampak positif terhadap pikiran sehingga kamu merasa lebih baik. Sahabat juga perlu tahu, bahwa fisik dan pikiran memiliki hubungan yang kuat sehingga penting untuk merawatnya.

Cara paling mudah untuk merawat fisik dapat kamu mulai dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, melakukan aktivitas fisik secukupnya, serta memenuhi kebutuhan fisik lainnya. Di samping itu, kamu juga perlu untuk menjaga Kesehatan dengan melakukan konsultasi kepada dokter, minum obat sesuai resep, dan menjalankan pola hidup yang lebih bersih agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Perawatan Mental

Hidup bahagia juga memerlukan kesejahteraan psikologis, yang mana hal ini dipengaruhi oleh cara berpikir ada apa saja yang kamu masukan ke dalam pikiran. Untuk merawat diri secara mental, kamu dapat melakukan beberapa hal yang dapat merawat ketajaman pikiranmu seperti teka-teki, membaca buku, atau menonton film yang menginspirasi. 

Di samping itu, kamu juga dapat melakukan hal-hal lain yang dapat membantu kamu sehat secara mental seperti mempraktekkan rasa kasih sayang dan penerimaan terhadap diri sendiri. Hal tersebut dapat membantu kamu menjaga kondisi pikiran dan hati agar lebih sehat.

Perawatan Emosional

Kamu juga harus memiliki kemampuan untuk menghadapi emosi negatif seperti marah, cemas, dan sedih. Perawatan terhadap emosional terdiri dari beberapa kegiatan yang membantu kamu untuk mengakui dan mengekspresikan perasaan secara teratur dan aman.

Sederhananya, untuk merawat sisi emosional dalam diri kamu dapat berbicara terhadap pasangan atau orang terdekat tentang perasaanmu dan menyisihkan waktu untuk kegiatan santai yang dapat membantumu mengolah emosi seperti melatih pernafasan, olahraga, mendengarkan musik favorit ataupun meditasi.

Perawatan Sosial

Bersosialisasi dengan orang lain menjadi salah satu kunci dalam melakukan self-care. Dalam hal ini, kamu harus mengetahui bahwa hubungan dekat memiliki peran yang penting bagi kesejahteraan dan kebahagiaanmu. 

Cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memupuk dan menjaga hubungan dekat ialah meluangkan waktu dan tenaga untuk membangun hubungan dengan orang lain. Berkaitan dengan waktu, tidak ada Batasan atau ketentuan jam tertentu yang harus kamu curahkan untuk membangun hubungan, yang penting dalam hal ini adalah terpenuhinya kebutuhan sosial dengan optimal.

Sahabat, penerapan self-care terhadap diri sendiri menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar hidup bahagia dan memiliki hubungan yang baik dengan sesama, baik dalam keluarga maupun pekerjaan. Nah, berkaitan dengan pekerjaan, kamu juga perlu loh menjaga kesehatan mental di dalamnya agar kerja apa yang kamu lakukan berjalan optimal dan tentunya tetap membahagiakanmu. Cari tahu yuk cara menjaga kesehatan mental di dunia kerja dalam artikel ini: Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Referensi:

Verywell Mind. 5 Tyoes of Self-Care for Every Area of Your Life. Diakses pada 21 Juni 2024 dari https://www.verywellmind.com/self-care-strategies-overall-stress-reduction-3144729/

Forbes Health. Practical Types Of Self-Care You Can Do Today. Diakses pada 21 Jun i 2024 dari https://www.forbes.com/health/mind/mental-self-care/

Better Help. What Is Self Care? Techniques For Mental, Emotional, And Physical Well Being. Diakses pada 22 Juni 2024 dari https://www.betterhelp.com/advice/mindfulness/what-is-self-care-techniques-and-methods-for-mental-emotional-and-physical-well-being/