by

8 Cara Sederhana Mengurangi Polusi Udara

8 Cara sederhana mengurangi polusi udara ini dapat kamu lakukan sebagai usaha untuk hidup lebih sehat dan ramah lingkungan.


Karibkerabat.com – Polusi udara merupakan salah satu masalah lingkungan yang saat ini tengah kita hadapi. Sayangnya, tidak semua orang sadar akan hal ini, terlebih memiliki kesadaran untuk melakukan sebuah aksi nyata.

Dalam jangka waktu yang panjang, polusi udara dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa polusi udara dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular memburuk.

Sebagai salah satu masalah lingkungan yang tidak tampak secara kasat mata, polusi udara jelas mengandung bahaya dan perlu diwaspadai.

World Health Organization (WHO) menyebutkan kadar polutan dalam udara dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Cara Mengurangi Polusi Udara

Cara Mengurangi Polusi Udara

Disamping menyadari betapa bahayanya polusi udara bagi kesehatan, kita juga dapat melakukan aksi nyata sebagai wujud usaha kita untuk mengurangi polusi udara.

Berikut adalah 8 cara mengurangi polusi udara yang dapat kita lakukan mulai dari diri sendiri.

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan salah satu penghasil oksida nitrogen terbesar. Nitrogen oksida sendiri merupakan polutan udara yang memiliki efek buruk terhadap paru-paru.

Masalah yang berkaitan dengan dampak dari kendaraan bermotor sendiri seringnya dirasakan di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat.

Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor menjadi salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi udara.

Caranya, menggunakan angkutan atau transportasi umum, membawa bekal agar tidak perlu keluar berkendara saat jam makan siang, menumpang kendaraan teman, atau berjalan kaki.

Selanjutnya, kita juga sebisa mungkin harus menghindari penggunaan mobil berbahan bakar diesel karena kendaraan ini mengeluarkan lebih banyak nitrogen oksida.

2. Hemat Energi

Selanjutnya, cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi udara ialah dengan menghemat penggunaan energi listrik baik di rumah maupun di tempat kerja.

Caranya ialah menggunakan air conditioner (AC) seperlunya, mencabut colokan yang tidak digunakan, dan mematikan lampu saat tidak digunakan.

3. Reuse dan Recycle

Hindari membeli atau menggunakan produk sekali pakai. Hal ini dikarenakan terdapat banyak proses yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk.

Mulai dari penambangan bahan baku, proses pengangkutan, hingga proses produksi menjadi barang siap pakai.

Proses tersebut tentunya menghasilkan banyak emisi, bahan kimia gas rumah kaca, dan polutan lainnya.

Dengan menggunakan kembali barang yang dibeli dan mendaur ulangnya, sedekit demi sedikit kita telah mengurangi panjangnya proses produksi yang menghasilkan banyak emisi dan polutan lainnya.

4. Hindari penggunaan kantong plastik

Penggunaan kantong plastik sekali pakai memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan.

Disamping membutuhkan waktu yang panjang untuk diurai karena materialnya terbuat dari minyak, plastik juga dapat dapat berubah menjadi zat microplastik yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi plastik sekali pakai ialah dengan membawa kantong belanja sendiri atau menggunakan kantong kertas yang lebih mudah diurai oleh tanah.

5. Menanam Pohon

Menanam pohon menjadi salah satu langkah kecil yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi udara secara signifikan. Pohon dapat menyerap 850-2000 ton partikel berbahaya dari udara perkotaan setiap tahunnya.

Selain itu, pohon juga berfungsi untuk menurunkan kadar nitrogen dioksida, sulfur dioksida, karbon dioksida dan monoksida, ozon, benzena, dan dioksin.

6. Berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum

Maraknya penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan lalu lintas pada sebagian kota besar. Selain itu, penggunaan kendaraan pribadi juga menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas udara.

Nah, hal sederhana yang bisa kita lakukan ialah dengan mengubah kebiasaan lama kepada kebiasaan baru yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Dalam hal ini kita dapat berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transpormasi umum dibanding menggunakan kendaran pribadi.

Jika hendak berangkat ke suatu tempat yang dekat, kita dapat berjalan kaki. Selanjutnya, jika jarak yang akan ditempuh agak jauh, kita dapat menggunakan sepeda untuk menempuhnya. Kemudian, jika jaraknya sangat jauh menggunakan transportasi umum dapat dijadikan sebagai pilihan.

Pastikan bahwa penggunaan kendaraan pribadi merupakan opsi terakhir kita untuk menuju sebuah tempat.

7. Kurangi konsumsi daging

Langkah berikutnya ialah dengan mengurangi konsumsi daging, terutama daging sapi. Berdasarkan pendapat para ilmuwan, sapi merupakan salah satu hewan yang lima kali lebih banyak menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Sebagai pengganti daging, kamu dapat mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan mengandung banyak nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga: Forest Bathing Terapi Alam Ala Orang Jepang

8. Memulai hobi baru dengan berkebun

Tahukah kamu bahwa beberapa jenis buah, sayur, dan rempah-rempah bisa kamu sediakan di rumah dengan memulai hobi baru untuk berkebun. Nah, dengan berkebun di sekitar rumah dan menghasilkan beberapa jenis buah, sayur, atau rempah kamu tidak perlu lagi membeli seluruh bahan makanan di supermarket.

Selain itu, berkebun juga menjadi salah satu cara yang mudah untuk berperan dalam mengurangi polusi udara. Kamu dapat menanam bahan makanan sendiri di kebun belakang rumah atau menggunakan metode hidroponik.

Comment

Leave a Reply