by

Mengenal Decluttering dan Manfaatnya Untuk Gaya Hidup Berkelanjutan

Karibkerabat.com – Bisa kita pilih dan renungkan, lebih nyaman tinggal di rumah mana, apakah rumah yang penuh dengan barang dan berantakan atau tinggal di rumah yang rapih, tidak banyak barang berserakan dan tentunya nyaman?

Kemudian, kita juga bisa mencoba untuk memerhatikan kondisi rumah dan kantor kita, apakah keduanya berada dalam kondisi berantakan dan banyak barang yang kurang terpakai? Jika demikian, sudah saatnya kita melakukan decluttering barang.

Pasalnya, menurut data Rubbermaid survei yang dikutip dari glits.com, 91% orang merasa sangat stres, cemas, dan kewalahan saat rumah mereka berantakan.

Kemudian, data dari brother yang dikutip glints, 40% pekerja menyatakan bahwa mereka bisa bekerja lebih produktif jika ruang kerjanya rapi.

Decluttering barang merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi rumah berantakan dan penuh sesak dengan barang-barang, yang mana pada prosesnya decluttering ialah sebuah proses untuk mengurangi barang yang tidak dibutuhkan di rumah atau kantormu.

Definisi Decluttering

Decluttering adalah sebuha proses menyingkirkan dan memberikan barang-barang yang tidak bermanfaat dan menambah nilai dalam hidup.

Tidak hanya merapikan rumah dan memisahkan barang-barang yang tidak terpakai, proses decluttering juga menuntut kita untuk menyingkirkan barang yang tidak terpakai dari rumah.

Istilah decluttering sendiri mulai banyak dikenal dengan kepopuleran Marie Kondo seorang pakar beres-beres asal jepang. Marie Kondo dalam bukunya yang berjudul “The Lifechanging Magic of Tidying Up menyebutkan decluttering sebagai aktivitas menyingkirkan barang yang tidak “sparking joy” atau “memunculkan kebahagiaan”.

Salah satu alasan mengapa kita harus melakukan decluttering ialah agar semua barang yang kita cari di antara tumpukan barang-barang yang ada dapat ditemukan dengan mudah. Selain itu, proses decluttering juga memungkinkan kita untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman dan bahagia, karena terhindar dari suasan rumah atau kantor yang berantakan.

Mengapa Perlu Decluttering

Mengenal Decluttering

Decluttering merupakan sebuah proses merapikan dan membersihkan rumah dari barang-barang yang tidak bermanfaat atau tidak mendatangkan kebahagiaan.  Selain itu, berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus melakukan decluttering dalam hidup kita.

1. Mengurangi Perilaku Konsumtif

Menerapkan decluttering akan menyadarkan kita tentang seberapa pentingnya barang-barang yang sudah dimiliki sehingga dapat mengurangi perilaku konsumtif. Hal ini kemudian akan menjadikan rumah kita semakin rapi dan tak lagi berantakan.

Selain itu, bekurangnya perilaku konsumtif juga dapat berdampak positif pada keuangan dan lingkungan. Pada keuangan, kita akan menjadi lebih hemat dan mampu menambah jumlah tabungan untuk mas depan. Kemudian pada aspek lingkungan, berkurangnya perilaku konsumtif dapat menjadikan sampah atau limbah berkurang sehingga lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat.

2. Mengurangi waktu dan energi yang dihabiskan untuk bersih-bersih

Membersihkan rumah dan menjaganya tetap bersih bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dan ringan, terlebih jika banyak barang yang kita miliki tentunya akan semakin menambah waktu dan tenaga yang harus dihabiskan pada aktivitas bersih-bersih tersebut.

Dan sangat disayangkan jika barang-barang yang kita bersihkan tersebut tidak memiliki manfaat bagi kita dan hanya menumpuk di sudut-sudut rumah saja.

3. Untuk mengurangi stres

Dari sisi psikologis,  membersihkan rumah dari barang-barang yang tidak digunakan dapat memberi kepuasan tersendiri bagi seseorang. Selain karena dapat menghindarkan rumah dari berantakan, decluttering juga dapat membuat seseorang memiliki kendali atas hidup dan rumahnya.

Manfaat Decluttering untuk Keberlangsungan Hidup yang Berkepanjangan

Merapikan barang dan membuang benda-benda yang sudah tidak terpakai akan memberikan dampak positif bagi hidup kita. Berikut adalah beberapa manfaat decluttering untuk hidup yang berkepanjangan.

1. Tempat tinggal lebih sehat

Tahukah kamu, kesehatan kita ternyata juga dipengaruhi oleh tempat tinggal kita. Dalam hal ini, penghuni rumah yang bersih dan tertata akan terhindar dari virus dan bakteri yang biasanya menempel pada tempat-tempat yang kotor.

2. Memiliki kontrol terhadap kehidupan

Aktivitas bersih-bersih menjadi salah satu aktivitas yang dapat memberikan kendali terhadap kehidupan. Hal itu dikarenakan kondisi rumah yang bersih akan menjadikan seseorang merasa memiliki kontrol atas kehidupannya sehingga tidak diatur oleh keadaan sekitar. Dengan demikian, kita bisa lebih fokus melakukan lebih banyak aktivitas dan tidak terjebak dengan kebiasaan yang berulang.

3. Lebih mudah mencari sesuatu

Dengan decluttering, kitab isa memberikan banyak ruang sehingga dapat menjadikan kita lebih leluasa untuk menemukan barang yang kita butuhkan dengan mudah dan cepat. Dalam kondisi ruang yang luas, kita juga dapat lebih mudah untuk mengingat lokasi penyimpanan secara spesifik.

Sumber:

Decluttering : Mengapa dan Bagaimana. Diakses dari https://waste4change.com/.

5 Manfaat Decluttering untuk Kesehatan Mental, yuk, Coba. Diakses dari https://glints.com/id/.

Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis. Diakses dari https://www.momsmoney.id/.

Decluttering Adalah Kegiatan Membersihkan Barang Tak Berguna, Ketahui Cara Memulainya. Diakses dari https://www.merdeka.com/.

Comment

Leave a Reply