by

Meski Sering Dianggap Sepele, Ternyata Inilah Ragam Manfaat Uang Receh

KaribKerabat.com – Tak sedikit orang yang menyadari akan manfaat uang receh yang terkadang sangat diperlukan. Bayangkan saja, disaat menerima kembalian berupa uang receh, kebanyakan orang menyimpannya di sembarang tempat, membuangnya, dan bahkan tak mengambilnya sama sekali.

Padahal, tahukah anda jika uang receh yang didapat tersebut disimpan dengan baik dan dikumpulkan bisa jadi uang receh tersebut akan memiliki manfaat di kemudian hari.

Karena tak menyadari manfaat yang dimiliki uang receh, tak sedikit orang yang tidak menyukainya dan bahkan cenderung mengabaikannya.

Jika mengikuti peribahasa yang mengatakan ‘sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit’, dengan uang receh yang kamu kumpulkan bisa jadi kamu mampu membeli barang mewah yang harganya mahal tanpa disadari.

Di lain sisi, kebanyakan orang menganggap sepele uang recehan lantaran nominalnya dinilai kecil. Jadi, tak heran jika banyak orang yang menyepelekan uang receh, entah menyimpannya di sembarang tempat ataupun membuangnya.

Tak hanya dapat dijadikan sebagai dana tabungan yang dapat digunakan untuk membeli barang mewah, uang receh juga memiliki segudang manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari duniafintech.com, berikut adalah beberapa manfaat uang receh yang bisa kamu dapatkan saat menyimpannya dengan rapi.

1. Kasih ke “Pak Ogah”

Saat ini keberadaan “Pak Ogah” di jalanan makin banyak, bisa dibayangkan betapa ribetnya jika di mobil anda tidak ada uang receh. Tentunya anda tidak mungkin memberi uang Rp. 5000 seriap ada “Pak Ogah” di jalan. Nah, disinilah uang receh diperlukan untuk memberikan uang kepada “Pak Ogah” dengan memberikan uang Rp. 500 hingga Rp. 1000 sepertinya sudah cukup.

2. Sebagai  media pembelajaran menabung untuk anak

Uang receh yang disimpan dengan rapi dan dikumpulkan memiliki banyak manfaat bagi anda, utamanya bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Uang receh dapat dijadikan sebagai media untuk mengajarkan anak menanbung dengan baik.

Setiap kali anda menerima uang receh, anda dapat memberikan uang receh tersebut kepada anak dan menyuruhnya untuk ditabungkan atau disimpan di celengan.

3. Meredam panas laptop

Tak sedikit yang tidak mengetahui manfaat uang receh dapat menjadi peredam panas pada laptop. Menurut seseorang penemu cara unik ini yang berasal dari jepang tembaga yang ada pada uang koin ternyata lebih bagus sebagai konduktor panas ketimbang alumunium di laptop.

Cara menggunakannya juga gampang, cukup menumpuk beberapa uang koin di atas laptop dan laptop pun bisa kembali dingin dalam waktu 30 menit hingga 1 jam.

4. Beramal

Manfaat uang receh juga membantu kita untuk membiasakan diri untuk beramal dan membantu orang yang membutuhkan. Anda bisa membiasakan diri untuk beramal dengan mengisikan uang koin atau receh pada kotak amal yang tersedia.

5. Mempermudah dalam menabung

Banyak orang yang tidak merasa mampu untuk menabung karena berbagai faktor salah satunya adalah gaji yang kecil. Nah dalam hal ini uang receh yang biasa didapat dari kembalian bisa disimpan dalam celengan dan kemudian dijadikan sebagai tabungan. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai edukasi bagi diri sendiri untuk menabung dari jumlah yang terkecil.

6. Sebagai media pengobatan

Uang receh atau uang koin biasanya dimanfaatkan untuk sarana pengobatan misalnya untuk melakukan kerikan disaat anda mengalami gejala masuk angin. Biasanya untuk kerikan ini banyak menggunakan uang Rp.1000 atau Rp.100.

7. Investasi

Perlu diketahui bahwa manfaat dari uang koin ialah dapat dijadikan sebagai investasi. Jika anda mampu bersabar uang ini bakal menjadi salahbsatu warisan buat cucu dan cicit di kemudian hari.

Bisa jadi yang receh yang saat ini disia-siakan kedepannya akan menjadi benda yang diburu oleh para kolektor dengan nilai yang mahal tentunya.

Baca Juga : Tiga Investasi yang Sering Dilupakan

8. Untuk membayar parkir

Setuju ataupun tidak, kita harus mengakui bahwa di dunia ini tak ada yang gratis. Terutama bagi anda yang memiliki kendaraan pasti sangat memerlukan disaat ada yang meminta uang parkir, nah dengan uang rece tersebut anda bisa membayar uang parkir tanpa harus mengambil dari saku atau uang lima ribuan.

9. Sangat berguna dalam keadaan darurat

Ketimbang menyepelekan uang receh, lebih baik sejak sekarang anda menyimpan uang receh tersebut di kaleng atau celengan. Sebab, siapa tahu nanti kalau sudah terkumpul banyak dan tiba-tiba ada keperluan mendadak, anda dapat menggunakan uang receh ini.

Comment

Leave a Reply