by

Sebelum Mudik, Perhatikan Enam Persiapan Mudik Lebaran Berikut Ini

Karibkerabat.com – Mudik merupakan salah satu aktivitas yang tak dapat dipisahkan dengan perayaan hari raya Idul Fitri. Mudik lebaran menjadi tradisi banyak orang di Indonesia, terutama bagi para pekerja rantau yang berada di luar kota.

Kabar baik tahun ini, para pekerja yang merantau dapat melakukan mudik lebaran dan berkumpul bersama keluarga merayakan hari raya Idul Fitri, yang mana sebelumnya Pemerintah secara resmi melarang dan membatasi aktivitas mudik bagi masyarakat untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19.

Sebelum berangkat mudik, tentunya ada beberapa persiapan mudik lebaran yang harus kamu perhatikan agar kamu dapat pulang ke kampung halaman serta menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa ada kendala, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan.

Sebagai aktivitas untuk melepas rindu dan juga refreshing tentunya kamu menginginkan mudik kamu lebih berkualitas tanpa ada kendala sedikitpun bukan? Terlebih bagi kamu yang ingin mudik dengan tujuan untuk sejenak melupakan dan mengistirahatkan diri dari beban pekerjaan.

Selain persiapan fisik, kamu juga harus menyiapkan berbagai hal sebelum mudik, terutama segala hal yang memiliki sangkut paut dengan pekerjaan dan perizinan. Berikut adalah beberapa persiapan mudik lebaran tahun 2022 yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat.

1. Pantau informasi terbaru seputar mudik lebaran

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Persiapan mudik lebaran yang pertama yang harus kamu perhatikan ialah memantau dan memastikan informasi terbaru dari pemerintah yang berkaitan dengan mudik lebaran.

Dalam hal ini, kamu dapat memastikan informasi mengenai kapan tanggal pasti libur dan cuti lebaran serta kebijakan mengenai mudik tahun ini.

Seperti yang telah diumumkan pihak pemerintah, tahun ini masyarakat diperbolehkan mudik dengan syarat harus melakukan vaksin 1, 2, dan vaksin booster. Kemudian bagi yang dosis vaksinnya belum lengkap maka dianjurkan untuk melakukan rapid antigen dan tes PCR terlebih dahulu sebelum berangkat mudik.

2. Jangan lupa siapkan dana untuk mudik

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Mudik ke kampung halaman membutuhkan dana yang tak sedikit, terlebih jika jarak dari tempat kerja ke kampung halaman cukup jauh.

Dalam hal ini, kamu dapat mengalokasikan dana mudikmu dari uang THR yang kamu terima, baik menggunakan kendaran pribadi ataupun angkutan umum seperti bis, kereta, dan pesawat.

3. Selesaikan seluruh pekerjaan sebelum mudik

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Menyelesaikan pekerjaan sebelum berangkat menjadi penting dan tak boleh terlewatkan. Bagi para pekerja yang mau mengambil cuti mudik, wajib memastikan pekerjaan telah beres semuanya sebelum meninggalkan kantor.

Untuk menyelesaikan semua pekerjaan, kamu dapat membuat list tugas yang harus kamu kerjakan, setelah itu kerjakan segera dan targetkan agar selesai sebelum berangkat mudik.

4. Izin atasan dan ambil cuti

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Setelah kamu mengetahui informasi mengenai mudik lebaran, memiliki dananya, dan juga telah menyelesaikan seluruh pekerjaanmu, jangan lupa untuk ambil cuti dan izin ke atasan.

Sampaikan alasan yang sebenarnya kepada atasan bahwa kamu akan mudik lebaran dan mengambil cuti kerja untuk beberapa waktu. Hal ini menjadi penting agar atasan kamu mengetahui bahwa kamu hendak mudik dan berkumpul bersama keluarga.

Setelah itu, beri kabar juga partner kerjamu mengenai cuti yang kamu ambil. Terlebih kepada partner yang memiliki keterkaitan dengan project yang kamu kerjakan.

5. Jangan lupa jaga kesehatan

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Kesehatan juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum kamu berangkat mudik, untuk itu tetap jaga kesehatan sebelum kamu berangkat, baik menggunakan kendaran pribadi ataupun umum.

Baca Juga: Tips Mengelola Uang THR Agar Tak Hanya Numpang Lewat

Beristirahatlah yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisimu dengan menerapkan pola makan yang sehat. Saat mudik tentunya kamu ingin berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat bukan?

Demikianlah beberapa persiapan mudik lebaran 2022 yang harus kamu persiapkan. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan karena ada keluarga yang menanti di rumah.

Comment

Leave a Reply