by

11 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Ini untuk Hidup yang Lebih Baik

Karibkerabat.com, Cara Membahagiakan Diri Sendiri – Mampu menikmati hidup dan menjadikannya lebih bermakna merupakan kehidupan yang diinginkan oleh setiap orang. Tahukah kamu bahwa perasaan bahagia menjadi salah satu faktor dari dua hal tersebut?

Perasaan bahagia dapat menjadikan segala sesuatu yang ada dalam hidup menjadi lebih ringan dan istimewa seperti halnya pekerjaan, keluarga, hubungan sosial, dan hal lainnya.

Namun, tidak sedikit orang yang tidak mampu membahagiakan dirinya sendiri. Lebih dari itu, sebagian besar juga malah ada yang berpura-pura bahagia meskipun hatinya berada dalam keadaan sedih dan merana.

Bagi kamu yang merasa sulit mendapatkan kebahagiaan diri sendiri tidak perlu khawatir. Karena segala sesuatu pasti ada solusinya termasuk cara membahagiakan diri sendiri agar kamu benar-benar merasa bahagia tanpa menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain.

Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Manusia terdiri dari berbagai macam emosi perasaan mulai dari marah, senang, sedih, hingga kecewa. Berkaitan dengan emosi perasaan, tidak semua orang mampu mengendalikan dan menerima emosi tersebut.

Kemudian ketidakmampuam tersebut membuat perasaan tidak stabil dan menjadikan seseorang terjebak dalam perasaan negatifnya sendiri. Pada akhirnya, orang tersebut tidak mampu merasakan kebahagiaan dan juga tidak bisa mengekspresikan kebahagiaan dalam hidupnya.

Disamping itu, terdapat banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membagiakan diri sendiri. Jika kamu ingin merubah hidup menjadi lebih bahagia, kamu dapat mempraktikan beberapa cara sederhana membahagiakan diri sendiri sebagai berikut.

1. Menerima Diri Sendiri

Faktor yang menghambat kebahagiaan terdiri dari beberapa hal berikut ini. Mulai dari perasaan cemas, bimbang, insecure, menyalahkan diri, hingga tidak mengerti keinginan diri sendiri. Tahukah kamu jika beberapa faktor tersebut ada karena seseorang kehilangan dirinya sendiri?

Nah, dengan demikian untuk mengatasinya seseorang harus menemukan kembali dirinya sendiri. Adapun untuk menemukan kembali diri sendiri kamu dapat memulainya dengan memahami dan menerima diri sendiri terlebih dahulu.

Kemampuan memahami dan menerima diri sendiri dapat menjadikan setiap tindakan yang kamu lakukan dijalani dengan ikhlas sehingga tidak ada beban atau tekanan untuk mengerjakannya. Saat kamu merasakan hal itu, kamu akan merasa lebih tenang dan bahagia saat mengerjakan apapun dalam hidupmu.

2. Mencintai Apa yang Dikerjakan dan Tidak Menjadikannya Sebagai Beban

Dalam fase kehidupan, setiap orang pasti memiliki beban masing-masing seperti halnya pekerjaan. Apapun itu, cintailah segalah sesuatu yang kamu kerjakan dan jangan menjadikannya sebagai beban.

Sebab, dalam praktiknya beban kehidupan termasuk pekerjaan ada yang dapat diselesaikan dengan mudah dan ada juga yang sulit diselesaikan. Dalam hal ini, mudah atau tidaknya pekerjaan bukan menjadi tolak ukur kebahagiaan.

Kebahagiaan sendiri dapat kamu raih berbanding lurus dengan bagaimana cara kamu menyikapi dan menghadapi setiap beban atau pekerjaan yang kamu hadapi. Untuk itu, cintailah setiap hal yang kamu kerjakan dan jangan pernah menjadikannya sebagai beban.

3. Melakukan Hal-hal yang Menyenangkan

Untuk membahagiakan diri sendiri tidak ada salahnya jika kamu melakukan sesuatu yang menyenangkan hati atau hobi. Sebab, melakukan hobi dapat merelaksasi diri sendiri dari segala kepenatan yang mungkin sedang kamu alami.

Dalam hal ini, hindari bersifat pada orang lain termasuk diri sendiri. Tetaplah pikirkan kesehatan dan kebahagiaanmu. Tidak masalah jika kamu membeli sesuatu yang kamu butuhkan, pergi berwisata ke tempat yang sejak, atau membeli makanan sehat.

Terlebih jika kamu telah melakukan pencapaian tertentu seperti halnya menyelesaikan tugas yang bertumpuk. Namun, yang perlu kamu ingat adalah tidak berlebihan dalam melakukan hal ini.

4. Memaafkan Masa Lalu

Jika kamu memiliki pengalaman buruk dan menyakitkan di masa lalu cobalah untuk berdamai dan mengikhlaskannya. Jangan sampai luka masa lalu tersebut mengendap dan larut dalam diri.

Sebagai solusinya, cobalah untuk menghadapi masa lalu itu dengan cara menerima, ikhlas, dan perlahan melupakan hal buruk di masa itu. Lakukan hal ini secara bertahap sambil mencoba untuk memebranikan diri sesegra mungkin agar kamu lebih siap untuk menghadapi masa sekarang dan masa datang.

5. Berpikir Positif

Tahukah kamu bahwa pikiran dan perkataan memiliki pengaruh yang besar dalam alam bawah sadar kita? Dengan demikian, cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menyenangkan diri sendiri ialah dengan berpikir positif.

Agar selalu memiliki pikiran yang positif, ubahlah kebiasaan seperti pembicaraan atau ucapan sehari-hari ke arah yang positif. Setelah itu, mulailah untuk merealisasikan keinginan-keinginan kamu sebagai hal yang positif.

6. Menjadi Diri Sendiri

Tetaplah menjadi diri sendiri untuk menyenangkan diri. Selain memiliki dampak baik untuk kesehatan mental, menjadi diri sendiri dapat menjadikanmu lebih bebas berekspresi tanpa harus ada hal yang ditutup-tutupi. Bahagialah dengan versi terbaik dirimu sendiri.

Hindari ekspetasi untuk menjadi sosok yang diinginkan atau berpura-pura menjadi orang lain. Hal tersebut akan menjadikanmu kewalahan hingga mengalami depresi. Lebih dari itu, hal demikian dapat menjadikanmu deperesi disaat kamu tidak mampu memenuhi standar dan keinginan orang lain.

7. Menyayangi Orang-Orang Terdekat

Raihlah kebahagiaan dengan cara menyayangi orang-orang terdekat seperti keluarga, teman dekat, dan juga pasangan. Jangan sampai kamu merasa menyesal ketika kehilangan orang yang terdekat itu. Sebab, orang terdekat adalah orang paling mengerti tentang kekurangan dan kelebihan diri kita.

Tunjukan kepedulian dan kasih sayang kamu kepada mereka agar kamu tidak merasa sendirian. Berikan perhatian baik dengan tindakan maupun ucapan. Ingatlah, bahwa melihat orang yang kita sayang bahagia akan menjadi kebahagiaan untuk diri sendiri.

8. Menyelesaikan Masalah Satu Per Satu

Tidak ada satu orangpun manusia yang dapat menghindarkan diri dari masalah. Jika kamu merasa memiliki banyak masalah, sebanyak dan sesulit apapun itu cobalah untuk menghadapi dan menyelesaikannya. Sebisa mungkin hindari kebiasaan menumpuk masalah yang dapat menjadikanmu kewalahan dan terhanyut dalam berbagai perasaan sedih serta gelisah.

Jika tidak mampu, cobalah minta bantuan orang lain yang kamu percaya dapat memberikan solusi atas masalah yang kamu hadapi. Hindari juga memaksakan diri sendiri untuk menghadapi masalah jika kamu benar-benar merasa tak sanggup.

9. Menerimaan Realita yang Tidak Sesuai Harapan

Jika realita yang kamu hadapi tidak sesuai harapan, cobalah untuk bersabar dan menerimanya dengan lapang. Kegagalan itu wajar, jadi jangan sampai hal itu membuat kamu hanut dalam kekecewaan itu terlalu lama.

Ingatlah, jika ada saatnya jatuh pasti ada juga waktu untuk bangkit. Saat harapan tidak sesuai ekspetasi, segera alihkan pikiran negatif itu jadi hal yang positif. Pahamilah bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti ada alasannya, kemudian lakukanlah evaluasi untuk menggapai harapanmu kembali.

10. Hargai Setiap Pencapaian yang Diri Sendiri

Sekecil apapun pencapaianmu, cobalah untuk menghargainya dengan memberikan reward ataupun dengan bersyukur.

Usahakan untuk tidak membandingkan pencapaian diri dengan pencapaian orang lain. Hal demikian dapat menjadikanmu merasa depresi dan menyalahkan diri sendiri.

Pecayalah, disaat kamu menghargai setiap pencapaianmu, maka kamu akan menjadi sosok yang bahagia lahir dan batin.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Personal Branding di Tempat Kerja

11. Memaafkan Orang Lain

Manusia merupakan tempatnya khilaf dan salah, jika ada kesalahan orang lain yang menyakitimu sebisa mungkin berusahalah untuk memaafkannya. Cobalah untuk menghilangkan asumsi dan pikiran buruk pada orang yang pernah menyakitimu.

Meskipun terasa berat, memaafkan adalah cara terbaik untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain dan meraih kebahagiaan.

Comment

Leave a Reply