by

Sering Lupa Sarapan? Terapkan Tips Siapkan Sarapan Sehat Praktis Berikut Ini

Karibkerabat.com – Menyantap sarapan sehat di pagi hari sebelum berangkat kerja memiliki banyak dampak positif bagimu untuk kelancaran aktivitas selama satu hari penuh. Mulai dari menjadikan tubuh lebih segar hingga menjadikanmu lebih fokus dalam menjalani aktivitas seharian.

Namun demikian, meskipun sarapan pagi sangat dianjurkan oleh ahli nutrisi dan pakar kesehatan, ternyata masih banyak orang yang melewatkan aktivitas ini sebelum berangkat kerja.

Alasannya cukup beragam, mulai dari kesibukan di pagi hari untuk berangkat kerja, telat bangun, tak ada persediaan bahan makanan, hingga tidak memiliki nafsu makan di pagi hari.

Nah, bagi kamu yang suka melewatkan sarapan sehat di pagi hari, berikut adalah beberapa tips menyiapkan sarapan pagi sehat dan praktis yang dapat kamu terapkan sebelum berangkat kerja.

1. Rencanakan Menu Sarapan

Tips Siapkan Sarapan Sehat Praktis

Agar terbiasa sarapan sehat sebelum bekerja, langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah membuat rencana menu sarapan sehat baik untuk satu pekan, sepuluh hari, ataupun satu bulan.

Dengan memiliki rencana di awal, kamu dapat menyiapkan sarapan pagi tanpa perlu kebingingan lagi apa yang harus kamu masak.

Pilihlah menu makanan yang praktis dan sehat di pagi hari. Hal ini dapat memudahkanmu untuk menyiapkan sarapan pagi dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu.

2. Selalu Sediakan Bahan Dasar di Rumah

Tips Siapkan Sarapan Sehat Praktis

Setelah memiliki rencana menu sarapan, langkah selanjutnya ialah menyediakan beberapa bahan di rumah untuk menu sarapanmu.

Sediakanlah beberapa bahan makanan praktis seperti telur, roti tawar, oatmeal, dan buah-buhan di meja makan kamu. Tak hanya sehat, beberapa makanan tersebut tidak memerlukan banyak waktu untuk mengolahnya.

Selanjutnya, beberapa bahan makanan tersebut dapat kamu olah menjadi roti bakar, scramble egg, atau smoothie yang nikmat dan pastinya kaya akan gizi.

3. Buat Stok Bumbu Dasar untuk Satu Bulan

Tips Siapkan Sarapan Sehat Praktis

Untuk memudahkan kamu dalam mengolah masakan lezat untuk sarapan pagi, kamu dapat menyiapkan stok bumbu dasar untuk satu bulan.

Caranya, kamu dapat membuat bumbu dasar dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan penyedap lainnya lalu tumis hingga harum.

Setelah itu, kamu dapat menyimpan bumbu-bumbu tersebut dalam lemari pendingan dan gunakanlah saat kamu membutuhkannya untuk mengolah makanan.

4. Gunakan Waktu Luang untuk Mencicil

Tips Siapkan Sarapan Sehat Praktis

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menyiapkan menu sarapan praktis ialah menyicil masakan pada waktu luang ataupun akhir pekan.

Misalkan, saat kamu ingin memasak tumisan sayur untuk sarapan pagi, kamu dapat memotong-motong bahan sayuran sebelum waktu sarapan tiba. Setelah memotong sayuran, kamu dapat menyimpannya di lemari pendingin untuk menjaga kesegaran sayuran tersebut.

Hal demikian dapat menjadikan waktumu untuk memasak lebih sedikit dan dapat menggunakannya untuk aktivitas lain sebelum berangkat kerja.

5. Siapkan Alternatif Makanan Sehat

Tips Siapkan Sarapan Sehat Praktis

Selain kamu menyiapkan  bahan makanan sesuai dengan rencana sarapan pagimu, kamu juga dapat menyiapkan beberapa makanan sehat alternatif yang dapat kamu siapkan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Sarapan Pagi

Dalam hal ini, kamu dapat menyiapkan roti tawar, selai, tepung pancake, dan beberapa makanan lainnya untuk jaga-jaga saat kamu kesiangan atau buru-buru berangkat pagi.

Demikianlah beberapa tips siapkan sarapan sehat praktis sebelum berangkat kerja. Hal penting yang harus kamu ingat berkaitan dengan sarapan pagi bahwa kesehatan tubuh adalah kunci utama dari kelancaran aktivitas dan pekerjaanmu.

Comment

Leave a Reply