by

Ketahui Alasan Kenapa Harus Sarapan Pagi Sebelum Kerja

Karibkerabat.com – Bagi para pekerja, rutinitas seperti bersih-bersih atau mandi, berganti baju, menyiapkan berbagai peralatan, hingga menyiapkan dokumen penting yang harus di bawa ke tempat kerja merupakan rutinitas yang hampir dilalui setiap hari.

Lebih dari itu, sebagian orang yang berada di kota besar harus memikirkan cara untuk menuju kantor tepat waktu sehingga sarapan pagi kerap menjadi dilupakan.

Padahal, menurut ahli gizi, sarapan pagi dianggap sebagai waktu bersantap paling penting bagi tubuh. Sarapan pagi dipercaya dapat membantu kinerja seseorang dalam menjalankan tugas sepanjang hari dengan efektif.

Nah, bagi kamu yang sering lupa atau melewatkan sarapan pagi sebelum kerja, berikut adalah beberapa alasan penting sarapam pagi yang harus kamu ketahui.

1. Mengembalikan Energi dalam Tubuh

Sarapan Pagi Sebelum Kerja

Alasan pertama pentingnya sarapan pagi ialah untuk mengembalikan kembali energi dalam tubuhmu.

Pasalnya, selama tidur tubuh kita menggunakan banyak enegri untuk terus mempertahankan fungsinya yang akibatnya menjadikan kadar gula dan cadangan glukosa kita semakin rendah di pagi hari.

Untuk mencukupi kebutuhan energimu, cobalah kombinasikan sedikit karbohidrat dengan protein agar energimu cukup sampai jam makan siang.

2. Menjaga dan Meningkatkan Produktivitas Otak

Sarapan Pagi Sebelum Kerja

Tahukah kamu, bahwa otak manusia rata-rata membutuhkan 20 persen pasukan energi dengan cara memanfaatkan glukosa dalam darah.

Dan sarapan pagi merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga dan meningkatkan produktivitas otak di pagi hari.

Selain itu, sarapan pagi dengan kandungan makanan yang cukup nutrisi dapat membuatmu terus bersiaga terhadap sesuatu yang mengganggu pekerjaanmu seperti mengantuk.

Saat sarapan, jangan lupa untuk tetap memperhatikan porsi sarapan secukupnya, sebab sarapan secara berlebihan dapat membuat tubuh melakukan proses pencernaan yang berlebihan.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Sarapan Pagi Sebelum Kerja

Sarapan juga menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Hal itu terjadi karena dengan sarapan dapat menghindarkanmu dari makan berlebihan di jam makan siang.

Lebih dari itu, sarapan pagi juga menjadikan pencernaanmu lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang organ pencernaan serta organ lainnya karena tidak sarapan.

4. Menjaga Suasana Hati

Sarapan Pagi Sebelum Kerja

Orang yang melewatkan dirinya untuk melakukan sarapan pagi cenderung lebih rentan mengalami stres.

Namun sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung akan lebih siap dalam menjalankan dan suasana hatinya lebih nyaman.

Beberapa ahli nutrisi mengatakan bahwa suasana hati akan jauh lebih baik apabila kamu memilih menu sarapan dengan baik.

Dengan demikian, selain melakukan sarapa pagi kamu juga harus memerhatikan apa yang kamu konsumsi saat sarapan untuk tetap menjaga kondisi hati.

5. Menjadikan Semangat dalam Menjalani Aktivitas

Sarapan Pagi Sebelum Kerja

Seperti dijelaskan dalam poin-poin sebelumnya, sarapan pagi dapat meningkatkan produktivitas otak serta menjaga suasana hati.

Hal tersebut tentu akan berdampak pada semangat kerjamu menjadi lebih tinggi.

Karena fokus dan konsentrasi yang tinggi, pada akhirnya kamu akan mampu menyelesaikan bebeerapa pekerjaan dengan baik dan semangat.

Baca Juga: Lima Ide Resep Masakan Ini Bisa Jadi Opsi untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Demikianlah beberapa manfaat sarapan pagi yang harus menjadi alasan penting pagi kamu agar tidak melewatkan sarapan pagi sebelum berangkat kerja.

Hal lain yang perlu diingat selama bekerja ialah kesehatan tubuhmu, jika kamu terbiasa melewatkan sarapan pagi bisa jadi kamu akan dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan seringnya melewatkan aktivitas sarapan pagi.

Comment

Leave a Reply