Begini Cara Hitung Berat Badan Ideal dengan mudah

Kesehatan588 Views

Karibkerabat.com – Memiliki berat badan ideal memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik serta terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan.

Menghitung berat badan ideal merupakan salah satu upaya penting untuk mempertahankan kesehatan diri sendiri secara keseluruhan.

Salah satu manfaat dari menghitung berat badan ideal ialah menjadi cara yang representatif untuk mendapatkan berat badan ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Terdapat sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghitung berat badan ideal untuk tubuhmu.

1. Rumus Broca

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghitung berat badan ideal ialah dengan menggunakan rumus Broca. Cara pengukuran berat ideal yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara perhitungan antara pria dan wanita. Hal itu dikarenakan pada dasarnya pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Komposisi tubuh pria pada umumnya lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan wanita yang lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuh. Hal ini pula yang menjadikan wanita lebih cepat gemuk.

Pengurukan berat badan ideal dengan rumus broca terbilang mudah dan tidak rumit meskipun cara menghitung pria dan wanita memiliki cara yang berbda. Nah, Anda dapat menghitungnya dengan rumus berikut:

Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (cm – 100] – [(tinggi badan (cm– 100) x 10%]

Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (cm – 100] – [(tinggi badan (cm – 100) x 15%]

Sebagai contoh, jika Anda adalah wanita dengan tinggi badan 165 cm, maka cara menghitung berat badan idealnya adalah [165-100] – [(165-100) x 15%) = [65 – 9,75] = 55,25 kg. Kemudian, jika Anda adalah Pria dengan tinggi badan 175 cm maka berat badan ideal Anda adalah [175 – 100] – [(175-100) x 10%] = [75 – 7,5] = 67,5 kg.

2. Kalkulator BMI (Body Mass Index)

Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) adalah indikator pengukuran yang digunakan untuk menentukan kategori berat badan ideal atau tidak. BMI sendiri pada awalnya dikembangkan oleh Adolphe Quetelet selama abad ke-19. Dengan pengukuran BMI, Anda dapat mengetahui kategori berat badan yaitu kurus, berlebihan atau bahkan obesitas.

Menurut WHO, hasil BMI yang tidak normal/ideal memiliki risiko untuk terkena berbagai penyakit.

Kategori Indeks Massa Tubuh (IMT)

Menurut WHO, berikut adalah standar berat badan ideal pada pria dan wanita dewasa berdasarkan pengukuran BMI/IMT.

– <18,5: Berat badan kurang (underweight),

– 18,5 – 24,9: Berat badan normal,

– 25-29,9: Berat badan berlebih (overwight),

– >30: Obesitas.

Untuk mendapat berat badan ideal, seseorang sebaiknya mengetahui terlebih dahulu berapa berat badan yang ideal untuknya.

Rumus menghitung BMI

Berat badan ideal = Berat badan (kg) : Tingi Badan (m)2

Misalnya, Anda memiliki tinggi 170 cm dan berat badan 65 kg. Dengan rumus tersebut, maka anda dapat menghitungnya sebagai berikut:  

Berat badan ideal 65 kg : (1,7 m) 2 => 65 : 2,89 = 22,49 ->22,5.

Berdasarkan pengukuran di atas, berat Index Massa Tubuh Anda berada dalam kategori normal atau dengan kata lain berat badan Anda ideal.

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Sebaliknya, kelebihan atau kekurangan berat badan dapat mengundang berbagai macam penyakit berbahaya.

Berikut adalah sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

1. Mengatur porsi makan

2. Mengikuti pola makan dengan konsisten

3. Tidak melewatkan sarapan

4. Makan sayur dan buah

5. Konsumsi makanan alami

6. Olahraga secara teratur

Demikianlah ulasan mengenai cara menghitung berat badan yang ideal menggunakan rumus Broca dan Indeks Massa Tubuh (IMT). Ketahui juga cara mengatur pola makan saat diet dalam artikel berikut ini: Enam Cara Mengatur Pola Makan Saat Jalani Diet

Sumber:

Sumber:

“Cukup Mudah, Begini Cara Menghitung BMI” Sumber: https://www.siloamhospitals.com/

“Catat, Begini Cara hitung Berat Badan Ideal yang Tepat” Sumber: https://www.halodoc.com/

“Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tips Menjaganya” Sumber: https://hellosehat.com/

Leave a Reply