by

Mengenal Empat Hormon Bahagia untuk Keseahatan Emosional

Karibkerabat.com – Terdapat empat hormon bahagia yang dapat menjaga kestabuilan emosi seseorang, kenali jenis dan cara meningkatkan kadar keempat hormon tersebut dalam artikel ini.

Sahabat, tahukah kamu bahwa kesehatan emosi memiliki kesamaan dengan kesehatan tubuh. Nah, keduanya memiliki kesamaan yakni harus dijaga dengan  baik, namun caranya tentu memiliki perbedaan.

Dalam menjaga kesehatan tubuh, yang harus kamu lakukan adalah menjalankan pola hidup sehat seperti makan dan tidur teratur, olahraga, serta menjaga kebersihan. Kemudian, untuk menjaga kesehatan emosi kamu harus meningkatkan kadar hormon bahagia yang berkaitan erat dengan emosi.

Empat Hormon Bahagia untuk Kestabilan Emosi

Hormon adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh sistem saraf pusat. Setelah diproduksi, hormon kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Di dalam otak, terdapat empat jenis hormon yang menjadikan seseorang merasa bahagia dan memiliki emosi yang stabil. Nah, di bawah ini akan disebutkan keempat hormon tersebut dan cara meningkatkan kadarnya agar kamu bahagia setiap saat.

1. Dopamin

Dopamin disebut sebagai hormon cinta dan gairah. Ia diproduksi di bagian hipotalamus dan dapat membuat seseorang merasa puas dan senang.

Dopamin dapat diproduksi sistem saraf dalam kondisi tertentu. Aktivitas yang dapat meningkatkan kadar senyawa kimia ini antara lain:

– Menyelesaikan tugas-tugas kecuil setiap hari.

– Memasakn dan makan makanan yang disukai.

– Belajar banyak hal baru yang disukai.

– Mandi air dingin

– Mendengarkan alunan musik kesukaan

– Meditasi

2. Serotonin

Serotonin adalah hormon yang dapat membuat seseorang memiliki perasaan stabil dan bahagia serya dapat memperbaiki suasana hati, ia juga berfuungsi sebagai alat komunikasi antar sel dalam otak. Kekurangan serotonin dapat membuat suasana hati seseorang menjadi buruk, jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang kekurangan serotonin dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Serotonin dapat ditingkatkan kadarnya melalui beberapa aktivitas ini yakni bersyukur, melakukan pijatan di badan, berjemur serta mengonsumsi makanan yang kaya akan trptofan seperti telur, kacang-kacangan dan susu.

3. Oksitosin

Oksitosin adalah jenis hormon yang berkoitan dengan perasaan cinta dan kasih sayang, ia memiliki pengaruh dalam interaksi sosial antara seseorang dengan orang yang lainnya.

Senyawa oksitosin dapat diproduksi dan meningkat kadarnya dengan cara bersosialisasi, memeluk orang tersayang, memeluk hewan peliharaan serta memberi dan menerima hadiah.

4. Endorfin

Endorfin adalah senyawa kimia yang berperan sebagai penahan rasa sakit alami yang dimiliki tubuh saat seseorang mengalami stres dan merasakan ketidaknyamanan.Dalam menjalankan fungsinya, endorfin bekerja dengan cara memblok reseptor rasa sakit pada otak.

Adapun senyawa kimia ini dapat ditingkatkan dengan melakukakan beberapa aktivitas seperti olahraga, tertawa, dan makan cokelat.

Nah, sekarang sudah tahu kan beberapa empat jenis hormon bahagia dan cara meningkatkan kadarnya. Semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan emosional dan meraih kebahagiaan setiap saat.

Baca juga artikel insipiratif lainnya di website karib kerabat, dalam situs ini kamu dapat mencari informasi tentang bisnis, ekonomi, hukum, dan kesehatan.

Comment

Leave a Reply