by

5 Resolusi Keuangan Bagi Kamu yang Ingin Mapan 2023

Karibkerabat.com – Tak hanya angka tahun yang berubah, tahun baru juga selalu dibarengi dengan semangat perubahan diri agar menjadi lebih baik mulai dari kebiasaan, pencapaian karir hingga tata kelola keuangan pribadi.

Tahun baru juga identik dengan resolusi yang berarti sebuah bekal untuk menyambut tahun yang baru. Adapun salah satu resolusi yang harus kamu perhatikan dalam menghadapi tahun 2023 adalah resolusi keuangan, yang mana pada tahun tersebut banyak yang memprediksikan terjadinya resesi global.

5 Tips Resolusi Keuangan Tahun 2023

Banyak yang memprediksikan tahun 2023 sebagai tahun yang berat karena diperkirakan akan terjadi resesi global. Lalu apa saja resolusi keuangan yang relevan pada tahun tersebut? Simak jawabannnya berikut ini.

1. Menambah Jumlah Tabungan

Menambah jumlah tabungan menjadi resolusi keuangan yang paling populer pada tahun 2023. Ada banyak cara yang dapat dilalukan untuk menabung mulai dari menabung secara otomatis hingga memisahkan akun tabungan.

Saat ini, tersedia juga banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai platform tabungan, melalui aplikasi tersebut kamu akan dengan mudah melacak tabunganmu.

2. Resolusi Bebas Utang

Selain memiliki perencanaan keuangan seperti dana pensiun dan asuransi, kamu juga harus memasukan resolusi bebas utang pada rencana keuanganmu tahun depan.

Terbebas dari utang adalah kondisi yang diinginkan oleh setiap orang, banyak cara yang dapat dilakukan agar kita mampu terbebas dari utang seperti halnya mmebayar utang dengan bunga paling besar terlebih dahulu atau membayar utang dari yang paling kecil.

3. Perhatikan Dana Pensiun

Dana pensiun menjadi salah satu resolusi keuangan yang tidak kalah populer. Mempersiapkannya sejak awal karier akan menjadikanmu lebih baik untuk menikmati hidup di masa tua.

Jika kamu sudah memiliki kesempatan untuk mengumpulkan dana atau tabungan pensiun, masukanlah tabungan dana pensiun ke dalam rencana keuanganmu mulai tahun ini.

4. Prioritaskan Kesehatan Keuangan

Dalam mengelola keuangan dan mengaplikasikan rencana keuangan, hal yang harus kamu perhatikan ialah kesehatan keuangan itu sendiri. Jangan sampai hanya karena ingin mewujudkan keinginan atau resolusi, kamu mengorban kesehatan keuangan itu sendiri.

Misalnya karena ngebet ingen beli hand phone model terbaru sampai berhutang yang cicilannya bisa menghabiskan setengah pengeluaran bulanan. Hal tersebut tentunya bukanlah suatu hal yang bijak.

Sebab itu, resolusi keuangan tahun 2023 yang dapat juga kamu terapkan ialah memprioritaskan kesehatan keuangan. Jika memang belum sehat, tidak apa-apa jika harus menunda keinginan sebab keuangan yang sehat adalah pondasi untuk mencapai hidup yang mapan.

5. Jangan Lupa Untuk Perbarui Anggaran Keuangan

Jika melihat kondisi saat ini, terdapat banyak sekali dinamika keuangan yang terjadi yang berdampak pada laju inflasi dan suku bunga. Untuk menyikapi hal tersebut, kamu dapat memperbarui anggaran keuangan menyesuaikan tujuan keuanganmu di tahun depan.

Berdasarkan itu, tuliskan tujuan keuanganmu tahun 2023 dan dari sana mulailah untuk membangun anggaran keuangan yang baru. Sebab, awal tahun biasanya harus menjadi awal anggaran baru.

Gimana? Sudah siap wujudkan keuangan mapan di tahun 2023, jika iya mulai atur resolusi apa saja yang hendak kamu terapkan di tahun 2023 dan segera buat rencana keuanganmu. Ketahui berbagai informasi tentang keuangan, pendidikan, dan bacaan inspiratif lainnya di situs karibkerabat.com.

Comment

Leave a Reply