by

Kenali 5 Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair

Karibkerabat.com – Belakangan pemberitaan mengenai sejumlah anak di Tasikmalaya dan Kota Bekasi yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi chiki ngebul. Beberapa diantara mereka ada yang mengalami gejala mual, muntah, dan perut begah usai menyantap jajanan yang dicampur nitrogen cair tersebut.

Sekilas, chiki ngebul terlihat menarik, namun kandungan nitrogen cair yang terkandung didalamnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.  Menurut Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, nitrogen cair adalah bentuk nitrogen yang mampu mempertahankan suhu sangat rendah dengan titik didih hingga -196 derajat celcius.

Nitrogen cair pada mulanya digunakan sebagai bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan dan membekukan bahan makanan. Namun, seiring berjalannya waktu penggunaannya pun kian dikembangkan sebagai bahan untuk meningkatkan daya tarik terhadap makanan salah satunya chiki ngebul.

Bahaya Nitrogen Cair Bagi Kesehatan

Bahanan makanan yang mengandung nitrogen pada umumnya menarik, dalam hal ini zat kimia tersebut dapat menjadikan makanan memiliki efek asap yang terasa dingin. Namun demikian, meski terlihat unik ternyata zat kimia tersebut memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan sebagai berikut.

1. Mengakibatkan kesulitan dalam bernapas

Tahukah kamu bahwa nitrogen cair yang terhirup dapat menggusur oksigen di dalam tubuh? Nah, proses tersebutlah yang mengakibatkan siapa saja yang mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan zat kimia tersebut mengalami gangguan pernapasan.

Singkatnya, mengonsumsi makanan atau minuman yang terkandung nitrogen cair didalamnya dapat memicu sesak napas, hal ini akan semakin parah jika seorang pengonsumsi makanan tersebut memiliki riwayat asma.

2. Gejala sakit perut

Selanjutnya, bahaya jajanan yang terlihat unik tersebut adalah mengakibatkan sakit perut yang cukup parah. Hal ini seperti yang terjadi para beberapa di Tasikmalaya yang mengalami sakit perut usai mengonsumsi makanan tersebut.

 3. Lambung berlubang

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung nitrogen cair dapat mengakibatkan lambung mengalami perforasi. Hal itu terjadi karena nitrogen cair yang suhunya sangat dingin tersebut memenuhi lambung dengan begitu cepat sehingga dinding lambung pun mengalami kerusakan sampai berlubang.

Baca Juga: Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita Gerd

4. Menyebabkan kasus kematian

Selain beberapa gejala di atas, konsumsi nitrogen cair juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan akut hingga menyebabkan kematian. Saat mengonsumsi makanan tersebut dapat mengakibatkan konsentrasi oksigen dalam tubuh menjadi sangat rendah sehingga mengakibatkan terjadinya berbagai gejala seperti pusing, sesak napas, tak sadarkan diri dan yang terparah adalah mengalami kematian.

Sahabat, demikianlah ulsan mengenai beberapa bahaya makanan dengan kandungan nitrogen  cair bagi kesehatan. Mulai sekarang, mari kita budayakan agar lebih selektif dalam memiliki makanan dan jangan sampai makanan yang kita konsumsi justru berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Comment

Leave a Reply