by

5 Adab Bersedekah yang Wajib Diketahui

Karibkerabat.com – Bersedekah adalah salah satu amalan terbaik yang dapat dikerjakan oleh seorang Muslim. Sedekah dalam hal ini bukanlah sebuah amalan yang dapat dilakukan begitu saja, terdapat beberapa adab yang harus dipenuhi untuk menjaga ketulusan serta keberkahan sedekah itu sendiri.

Berdasarkan itu, sedekah harus dilakukan dengan cara terbaik dengan cara menjaga ketulusan niat, kebermanfaatan serta menjaga keberkahan sedekah dengan cara memuliakan para penerima manfaatnya.

Adab Menunaikan Sedekah

Setidaknya terdapat lima adab bersedekah yang hendaknya dipenuhi oleh seorang Muslim ketika menunaikan salah satu amalan terbaik ini.

1. Luruskan Niat

Hendaklah orang yang bersedekah supaya meluruskan niatnya hanya untuk mendapat ridho Allah, bukan karena riya atau ingin dipuji manusia. Rasulullah SAW bersabda:

“Ada seseorang yang Allah beri keluasan harta, kemudian dia mengakui nikmat tersebut pada hari kiamat. Dia ditanya, ‘Lantas apa yang engkau kerjakan dengan nikmat tersebut?’ Dia menjawab, ‘Aku salurkan ke jalan yang Engkau cintai. Tidak ada satu pun jalan yang Engkau cintai kecuali aku berinfak di dalamnya.’ Allah berkata, ‘Engkau berdusta! Akan tetapi, engkau melakukan hal itu semua karena ingin dikatakan dermawan, dan engkau telah mendapatkannya!’ Akhirnya orang tersebut ditarik wajahnya dan dicampakkan ke dalam neraka.” (HR Muslim, No. 1905)

2. Merahasiakan sedekah yang diberikan

Orang yang bersedekah hendaknya merahasiakan sedekah yang hendak dikeluarkannya. Hal ini akan jauh lebih baik karena dapat menutup perbuatan riya dan hal-hal negatif lainnya.

3. Berdoa agar sedekahnya bermanfaat

Keberkahan dari sedekah akan semakin terasa jika sedekah yang diberikannya memiliki nilai manfaat bagi penerimanya. Dengan demikian, setelah melakukan sedekah hendaknya kita berdoa agar harta yang kita berikan tersebut bermanfaat bagi para penerima manfaat.

4. Bersegera dalam sedekah

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sedekah yang paling utama adalah sedekah yang dilakukan dalam keadaan sehat, masih kaya dan khwatir miskin serta sebelum ajal tiba. Artinya, seorang yang berniat untuk melakukan sedekah alangkah baiknya untuk menyegerakan niatnya tersebut untuk mendapatkan keutamaan serta menjaga ketulusan niatnya dalam bersedekah.

5. Menjaga kehormatan penerima manfaat

Sedekah pada dasarnya memiliki tujuan untuk memuliakan dan membantu para penerima manfaat. Berdasarkan itu, hendaknya orang yang bersedekah menjaga kehormatan penerima manfaat saat menunaikan sedekah. Salah satu cara agar dapat menjaga kehormatan penerima manfaat ialah dengan merahasiakan sedekah yang dilakukannya.

Demikianlah beberapa adab yang dapat kamu lakukan saat bersedekah, semoga menjadikan kita lebih baik dalam mengerjakan berbagai amal kebaikan salah satunya sedekah. Kamu dapat menunaikan sedekah terbaik untuk membantu orang yang membutuhkan dengan mengakses tautan ini.

Comment

Leave a Reply