by

7 Tips Hemat di Tahun 2023 Agar Tabungan Maksimal

Karibkerabat.com – Bagi kamu yang ingin menekan pengeluaran dan memaksimalkan tabungan, hidup hemat adalah kuncinya. Lalu bagaimana cara menerapkan hidup hemat yang efektif? Dalam artikel ini akan diuraikan beberapa cara hidup hemat agar mampu menekan pengeluaran dan optimalkan tabungan.

Berbicara tentang hidup hemat, setiap orang memiliki cara efektifnya masing-masing. Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa setiap orang memiliki prioritas pengeluaran yang berbeda.

Untuk menemukan cara yang efektif, kamu harus mempelajari dan mencoba menerapkan cara hidup hemat sebanyak mungkin. Salah satunya dengan membaca tips hemat di bawah ini.

Tips Hidup Hemat untuk Optimalkan Tabungan

Berikut adalah 7 tips cara hidup irit yang dapat kamu terapkan untuk menekan pengeluaran dan optimalkan tabungan.

1. Lakukan pencatatan keuangan secara konsisten

Pencatatan keuangan penting untuk dilakukan untuk mengontrol dan mengevaluasi pengeluaran setiap bulannya. Hal ini menjadi penting agar kamu terhindar dari kebiasaan menyesali keputusan finansial, yang mana penyesalan tersebut terjadi karena kamu tidak pernah melakukan evaluasi pengeluaran.

2. Beli barang sesuai kebutuhan

Mengikuti tren bukanlah pilihan jika kamu ingin menekan pengeluaran dan menambah jumlah tabungan. Untuk itu hindari membeli barang dengan dasar tren dan sebaliknya berilah barang sesuai dengan kebutuhan dan timeless atau tidak memiliki batas waktu.

3. Bawa bekal makanan saat kerja

Membiasakan diri hidup irit memerlukan pengorbanan yang berat, salah satunya harus menghindari makan enak di restoran mahal saat bekerja. Dalam hal ini kamu dapat menyadari bahwa yang terpenting adalah makannya bukanlah harganya yang murah atau mahal.

Agar tetap irit pengeluaran untuk makan, bawalah bekal makanan saat kerja dan usahakan agar kamu masak sendiri kebutuhan makanan harianmu.

4. Manfaatkan momen-momen promosi saat belanja

Menjadi pemburu diskon atau promosi bukanlah hal yang salah, terlebih bagi kamu yang ingin menekan pengeluaran. Manfaatkanlah momen-momen promosi atau diskon untuk belanja kebutuhan seperti diskon 10.10 atau 12.12.

Namun, jangan jadikan momen diskon sebagai alasan untuk melakukan impulsive buying. Artinya, meskipun memanfaatkan momen promosi, belanjalah secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

5. Tentukan target tabungan bulanan

Berapa persen uang gajianmu yang akan disisihkan untuk tabungan? Nah, target inilah yang akan menjaga komitmenmu agar konsisten menabung.

Memiliki target tabungan juga dapat menjadi dorongan bagi kamu untuk menekan pengeluaran agar mampu mencapai target tertentu.

6. Coba metode 50/30/20

Metode 50/30/20 dapat kamu coba agar pengalokasian uang dapat dilakukan dengan tepat. Maksud dari metode 50/30/20 sendiri adalah sebagai berikut.

– 50% untuk kebutuhan utama (biaya tempat tinggal, listrik, internet, makan, dana transportasi, dll).

– 30% untuk kebutuhan hiburan (liburan, nonton, liburan, dll).

– 20% untuk tabungan dan investasi.

Baca Juga: 5 Resoluasi Keuangan Bagi Kamu yang Ingin Mapan di Tahun 2023

7. Hindari penggunaan kartu kredit

Kartu kredit mungkin terasa memudahkan pada masa-masa tertentu. Namun, disamping kemudahannya tersebut tagihan kartu kredit justru akan membebanimu karena pengeluaran bulanan pasti akan bertambah.

Selain itu, penggunaan kartu kredit seringnya menjadikan seseorang lebih konsumtif sehingga akan jauh dari tujuan hidup irit dan menekan pengeluaran.

Demikianlah beberapa tips hidup irit yang dapat kamu terapkan dalam melalui hari-hari di tahun 2023. Hidup irit sendiri sangat cocok kamu terapkan terlebih jika kamu memiliki resolusi menambah jumlah tabubgan di tahun ini.

Cari tahu lebih banyak lagi artikel inspiratif di situs karib kerabat, mulai dari informasi pendidikan, hukum, ekonomi, sosial, bisnis, hingga digitak marketing.

Comment

Leave a Reply