by

9 Cara Mengendarai Kendaraan Supaya Hemat BBM

Cara mengendarai kendaraan supaya hemat BBM (bahan bakar minyak) penting untuk kamu ketahui agar lebih efisien dan lebih hemat lagi saat berkendara.


Karibkerabat.com – Bahan bakar minyak (BBM) dari waktu ke waktu terus mengalami kenaikan harga. Hal ini tentu menjadikan semua pihak yang berkaitan dengan kendaraan harus menyesuaikan diri.

Seperti yang telah kita ketahui, para produsen kendaraan telah melakukan penyesuaian dari waktu ke waktu supaya kendaraan yang diproduksinya mampui lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar minyak. Hal itu ditandai dengan diterapkannya sejumlah teknologi yang diterapkan dalam sebuah kendaraan itu sendiri.

Namun demikian, selain teknologi yang disematkan pada kendaraan tersebut, ada sejumlah cara lain yang dapat dilakukan agar mampu menghemat BBM, yang mana cara tersebut memiliki kaitan dengan perilaku mengemudi.

Cara Mengendarai Kendaraan Supaya Hemat BBM

Cara Mengendarai Kendaraan Supaya Hemat BBM

Tak hanya teknologi yang disematkan dalam kendaraan, karakter mengemudi juga dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi efisiensi konsumsi bahan bakar saat berkendara.

Dalam laman resmi auto2000 disebutkan bahwa pada dasarnya efisiensi konsumsi bahan bakar dapat tercapai salah satunya dari karakter mengemudi. Karakter pengemudi yang agresif dan kerap menyentuh kecepatan tinggi tentu akan sulit mencapainya.

Baca Juga: Cara Sederhana untuk Mengurangi Polusi Udara

Berikut adalah 9 cara mengendari kendaraan agar hemat BBM yang dapat kamu terapkan setiap hari.

1. Membuat Rencana Perjalanan

Cara berkemudi dengan hemat BBM yang pertama ialah dengan membuat rencana perjalanan saat hendak berkendara. Hal ini dapat menjadikan pengemudi lebih santai dan tidak terburu-buru saat saat mengemudi.

Beda halnya ketika perjalanan tidak terencana dengan baik, pengemudi akan terburu-buru sehingga ia mengemudi dengan tergesa-gesa. Hal ini kemudian dapat menjadikan bahan bakar yang digunakan lebih boros.

Selain sebagai tips mengemudi hemat BBM, memiliki rencana perjalanan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat mengemudi.

2.Hindari Stop and Go

Cara selanjutnya, kamu dapat meghindari stop and go untuk mengejar efesiensi konsumsi bahan bakar. Hal ini berlaku bagi mobil yang bertransisi matic ataupun manual. Salah satu contohnya melakukan pengereman mendadak saat mobil dalam kecepatan yang tinggi.

Melakukan pengereman mendadak dalam kecepatan yang normal atau tinggi secara otomatis akan membuat kecepatan mobil berkurang secara drastis dan memerlukan energi besar untuk bergerak lagi. Jika hal demikian berulang terus menerus maka konsumsi BBM cenderung boros.

3. Menjaga Jarak dengan Kendaraan di Depan

Menjaga jarak dengan kendaraan yang berada di depan kamu berfungsi untuk menghindari manuver stop and go. Makah al ini perlu dilakukan agar bahan bakar kamu lebih hemat.

Dalam hal ini, jika kendaraan di depan melambat, maka kamu hanya perlu melepas pedal gas perlahan dahulu dan memanfaatkan engine brake. Nah, setelah kondisi dirasa sudah memerlukan rem, maka tekan pedal rem secara perlahan.

4. Tidak Melakukan Kick Down

Istilah kick down merupakan istilah yang sering digunakan dalam kendaraan yang bertransmisi matic. Maksud dari istilah ini ialah kondisi dimana untuk mendapatkan akselerasi instan dengan cara menekan penuh pedal gas secara mendadak.

Hal ini bukanlah cara berkendara yang hemat BBM sehingga kamu perlu menghindarinya. Selain itu, kicik down juga termasuk gaya mengemudi yang cukup agresif sehingga dapat membahayakan keselamatan saat berkendara.

5. Jaga Putaran Mesin

Beda halnya dengan mobil yang bertransmisi matic yang perlu menghindari kick down, dalam penggunaan mobil yang bertransmisi manual kamu perlu menjaga putaran mesin ideal sesuai dengan percepatan atau gigi yang dipakai.

Misalnya ketika kamu sedang melaku di jalan tol dengan traffic jalanan yang lengang, jangan menunggu terlalu lama hingga mesin “teriak” dan putaran mesin tinggi baru mengoper ke gigi yang lebih tinggi.

Jika hal demikian terus kamu lakukan, maka konsumsi bahan bakar saat berkendara cenderung lebih boros.

6. Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Bagi kamu yang sering menggunakan jalan tol saat  beraktivitas, hindari menginjak gas secara penuh dengan cepat setelah mengurangi kecepatan.

Sebaiknya, kamu mengatur gas secara bertahap untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga mobil kamu lebih hemat BBM dan mendapatkan akselerasi yang kamu inginkan.

7. Parkir Kendaraan di Tempat yang Teduh

Parkirkanlah kendaraanmu di tempat yang teduh atau sejuk. Secara ilmiah, jika kendaraanmu di parkirkan pada tempat yang sejuk maka penguapan bahan bakar akan lebih sedikit sehingga bensin dan tangki tidak menguap dan mobil menjadi lebih irit.

Selain itu, parkir kendaraan di tempat yang sejuk dapat menjadikan cat kendaraanmu lebih awet, terhindar dari jamur, dan tetap mengkilap.

8. Bawalah Barang Seperlunya

Bawalah barang seperlunya saat kamu berkendara, sebab semakin banyak barang yang dibawa maka semakin berat juga mibil untuk melakukan akselarasi.

Keluarkanlah barang yang tidak perlu dari bagasi mobilmu dan bawalah barang sesuai dengan keperluanmu. Selain itu, hindari juga mengangkut barang di atas atap karena dapat menyebabkan hambatan angin yang dapat memperlambat laju mobil.

9. Bersihkan Saringan Udara

Agar tetap hemat saat berkendara, rawatlah mobilmu secara berkala agar performanya tetap terjaga. Salah satu contohnya ialah dengan membersihkan saringan udara secara rutin.

Hal itu dikarenakan saringan udara yang kotor dapat berpengaruh pada tenaga dan efesiensi mesin sehingga akan memerlukan lebih banyak bahan bakar saat berkendara.

Lakukanlah pembersihan saringan udara setiap kamu melakukan servis mobil, jika sudah tidak layak dugunakan maka gantu segera dengan komponen yang sesuai.

Comment

Leave a Reply