by

5 Peluang Pekerjaan Modern di Sektor Pendidikan

Selain menjadi pengajar di sekolah atau perguruan tinggi, ada juga beberapa peluang pekerjaan modern di sektor pendidikan.

Karibkerabat.com – Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang banyak ditekuni oleh banyak orang. Selain memiliki tugas yang mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, terjun di sektor pendidkan juga merupakan pekerjaan yang seru dan menyenangkan.

Sektor pendidikan sering dikaitkan dengan profesi guru. Namun, tak hanya menjadi guru, masih banyak profesi lainnya yang ada dalam sektor pendidikan.

Pekerjaan Modern yang Menjanjikan di Sektor Pendidikan

Peluang Pekerjaan Modern di Sektor Pendidikan

Perkembangan teknologi telah mendorong kemajuan dalam berbagai sektor pekerjaan, salah satunya sektor pendidikan.

Aktivitas belajar mengajar yang dulu hanya dilakukan di dalam kelas, kini telah berubah ke dalam ruangan yang lebih luas dan tanpa batas yakni sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau kelas online.

Lebih dari itu, berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan bisa akses melalui berbagai platform yang tersedia, baik platform yang berbasis audio, video, ataupun tulisan.

Hal ini telah membuka banyak pekerjaan baru dalam sektor pendidikan, yang mana perkembangannya diproyeksinakan akan terus meningkat hingga masa yang akan datang.

Pendidikan di era modern seperti saat ini adalah pendidikan yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja tanpa batas. Lalu, apa saja pekerjaan modern di sektor pendidikan yang menjanjikan?

Nah, dikutip dari idn times berikut adalah beberapa peluang pekerjaan modern di sektor pendidikan yang barangkali menjadi pekerjaan yang kamu impikan.

1. Mentor Bimbingan Belajar Online

Saat ini banyak sekali perusahaan startup yang menyediakan platform pembelajaran atau kursus dalam jaringan (daring) atau online.

Hal ini menjadi kesempatan besar bagi kamu untuk terjun menjadi bagian dari platform tersebut sebagai mentor atau guru bimbingan belajar di dalamnnya.

Nantinya kamu akan mengajari para siswa secara daring melalui website atau platform lainnya yang disediakan perusahaan.

2. Content Creator Edukasi

Content creator merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh kaula muda. Nah, bagi kamu yang ingin konsen dalam bidang pendidikan, kamu dapat menjadi content creator edukasi.

Melalui pekerjaan ini, kamu hanya dituntu untuk rajin membuat konten bertema pendidikan yang nantinya akan di publish di media sosial.

Untuk memulai pekerjaan ini, kamu memerlukan skill untuk membuat konten baik berupa infografis, gambar ataupun video.

3. Content Writer Edukasi

Selanjutnya, kamu juga dapat terjun sebagai content writer edukasi. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa kelas/kursus online melalui website.

Di mana website tersebut perlu diisi dengan konten edukasi yang menarik agar mampu menciptakan brand awareness bagi para pengunjungnya.

Nah, kamu dapat menjadi bagian dari content writer pada website tersebut dan banyak menulis artikel tentang pendidikan di sana.

Selain itu, kamu juga dapat menjadi SEO Writer pada website tersebut. Untuk memulainya, kamu memerlukan dasar-dasar penulisan artikel yang menarik dan unik.

4. Pengusaha Jasa Pembuatan Software dan Website Pendidikan

Perkembangan digital telah mendorong banyak perubahan di sektor pendidikan. Pendidikan hari ini adalah pendidikan yang mudah diakses oleh siapapun tanpa batas.

Untuk menunjang digitalisasi sektor pendidikan, keberadaan jasa pengembangan website dan software sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah ataupun penyedia layanan pendidikan lainnya.

Nah, bagi kamu yang berminat, dapat mulai menawarkan jasa dengan membangun website serta akun media sosial.

Jangan lupa juga untuk melakukan optimasi atau pemanfaatan iklan agar peluang bisnis ini bisa dikenal secara luas oleh para pelanggan.

5. Jurnalis pendidikan

Terakhir, kamu juga bisa terjun menjadi seorang jurnalis yang secara khusus membahas topik seputar pendidikan.

Menjadi seorang jurnalis tentunya tidak ada persyaratan khusus dari segi latar belakang pendidikan.

Hal yang paling penting ketika kamu ingin menjadi seorang jurnalis pendidikan ialah kemampuan menulis dan menerjemahkan kata menjadi sebuah kalimat yang universal sehingga tulisan yang kamu muat akan menarik untuk dibaca banyak orang.

Demikianlah beberapa peluang pekerjaan modern di sektor pendidikan yang dapat coba kamu geluti.

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan dengan Gaji Tinggi

Comment

Leave a Reply