by

10 Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan, Apa Saja?

Tren pekerjaan selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman, simak beberapa pekerjaan yang menjanjikan di masa depan berikut ini.


Karibkerabat.com – 50-75 tahun yang lalu, sektor manufaktor Amerika sedang berada pada puncaknya.

Dampaknya, pekerja industri pada waktu itu memiliki gaji yang tinggi dan memiliki masa depan yang cerah.

Akan tetapi, hari imni pekerjaan itu sebagian menghilang dan telah banyak digantikan oleh mesin.

Kondisi tersebut menjadi sebuah bukti nyata bahwa pekerjaan yang menjanjikan di masa lalu belum tentu masih menjanjikan saat ini.

Hal itu terjadi karena tren pekerjaan selalu berubah dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Namun demikian, tergantikannya pekerjaan yang menjanjikan di masa lalu belum tentu menutup kesempatan bagi kamu untuk memperoleh pekerjaan yang menjanjikan.

Pasalnya, kesempatan untuk memperoleh pekerjaan saat ini terbuka sangat luas.

Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Perkembangan teknologi dan wabah pandemi Covid-19 telah memberikan disrupsi yang besar dalam dunia pekerjaan.

World Economic Forum (WEF) dalam laporannya yang berjudl ‘Future of Jobs Report 2020″, mengungkapkan bahwa terdapat 85 jenis peran pekerjaan yang akan tergantikan dalam lima tahun kemudian.

Hal demikian menjadi benar dengan banyaknya perusahaan yang telah mengadopsi pemanfaatan teknologi dalam mengefesiensikan tenaga kerja bersamaan dengan tujuan bisnisnya.

Disamping itu, banyak juga perusahaan yang telah mengintegrasikan bisnis dengan teknologi sehingga diantara mereka banyak yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kapasitas digital yang handal.

Artinya, pekerjaan di bidang digital akan menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk beberapa tahun mendatang. 

Berikut adalah 10 pekerjaan yang menjanjikan di masa depan dengan gaji yang cukup besar.

1. App Developer

Teknologi digital terus mengalami perkembangan dari masa ke masa, hal ini menjadi peluang tersendiri bagi bidang profesi IT atau app developer.

Profesi di bidang IT atau app develover diproyeksikan mengalami pertumbuhan 9,7 persen hingga 2027 mendatang.

Hal itu sejalan dengan munculnya berbagai inovasi terbaru pada sistem perangkat lunak yang saat ini diunggulkan.

2. Analis Keamanan Informasi

Pesatnya perkembangan industri digital tentunya memiliki risiko tersendiri, yang mana risiko tersebut kian hari semakin tinggi.

Maraknya kasus peretasan menjadikan banyak perusahaan yang berupaya untuk terus meningkatkan proteksi dari sisi keamanan informasi.

Hal itu menjadi kesempatan bagi profesi analis keamanan informasi sangat dibutuhkan saat ini hingga masa yang akan datang.

3. Data Analyst atau Data Scientist

Jobdesk utama dari seorang data analyst adalah meneliti informasi menggunakan alat analisis data.

Kemudian, hasil dari analisis data tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaan.

Pada pelaksanaannya, analisis data menggunakan berbagai aplikasi dan program pengolahan data seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

4. Artifical Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Artifical Intelligence (AI) dikenal sebagai kecerdasan buatan yang sering dikaitkan dengan sistem komputer dalam meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Diantara peran AI ialah melakukan efisiensi dalam bisnis sehingga memberikan kepuasaan bagi pelanggan.

Salah satu bagian dari AI adalah manchine learning yang merujuk pada software dan hardware.

5. Big Data Specialist

Terintegrasinya bisnis dan teknologi menjadikan banyak perusahaan yang bergantung pada penggunaan big data dalam membangun bisnisnya.

Dalam hal ini, seorang big data specialist dibutuhkan banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Big data specialist memiliki peran dalam mengambil dan mengolah data yang berguna bagi manajemen perusahaan untuk melakukan pemecahan masalah dan menemukan solusi dalam bisnisnya.

6. Analis Marketing

Analis marketing memiliki tugas untuk melakukan analisis pasar, kompetitor, customer, dan segala elemen bisnis untuk meningkatkan promosi dan revenue bisnis.

Profesi analis marketing diproyeksikan akan tumbuh hingga beberapa tahun mendatang dan jauh lebih cepat daripada jenis pekerjaan lainnya.

7. Digital Marketing Specialist

Digital marketing menjadi tren promosi yang dikembangkan oleh banyak perusahaan untuk meraih revenue karena terjadi peralihan gaya hidup masyarakat yang menjadi serba online.

Seorang digital marketing specialist hendaknya memiliki kemampuan untuk menggunakan tools digital marketing untuk membantu proses promosi yang dilakukannya.

8. Business Development Specialist

Tugas dari business development specialist ialah menumbuhkembangkan bisnis melalui berbagai strategi yang ada, baik melalu strategi B2B (Business to Business), B2C (Business to Customer), B2G (Business to Government), dan lain sebagainya.

Seorang business development specialits berdekatan erat dengan sales executive yang memiliki tujuan sama yakni memperoleh revenue bagi perusahaan.

9. Manajer Layanan Kesehatan

Isu kesehatan menjadi salah satu isu yang banyak diperbincangkan setelah adanya wabah pandemi Covid-19.

Permintaan akan layanan kesehatanpun kian hari terus mengalami peningkatan sehingga menuntut lebih banyak sumber daya manusia untuk terjun dalam bidang ini.

Industri kesehatan juga diproyeksikan sebagai industri yang stabil dan tumbuh.

Kemudian, bekerja pada sektor kesehatan juga menawarkan gaji yang sangat baik.

10. Industri Kreatif

Sektor industri kreatif menjadi salah satu sektor yang menjanjikan di masa depan.

Industri kreatif terdiri dari media atau sarana hiburan yang jenisnya beragama, seperti musik, video, film, dan lain sebagainya.

Sektor ini diproyeksikan akan terus tumbuh dengan perkembangannya yang tak terbatas.

Demikianlah beberapa sektor pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa depan. Nah, kira-kira kamu mau piih terjun di sektor yang mana?

Apapun itu pilihan pekerjaanmu, jangan lupa untuk terus meng-upgrade kemampuan diri sendiri dengan belajar, baik mengikuti kursus online atau datang langsung kepada expert dalam pekerjaan yang kamu pilih.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Bisnis di Bidang Teknologi yang Menjanjikan

Sumber:

https://edukasi.sindonews.com/read/733007/211/5-pekerjaan-dengan-prospek-menjanjikan-di-masa-depan-mana-pilihanmu-1649055885?showpage=all

https://https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220408110426-33-329949/ini-10-pekerjaan-menjanjikan-masa-depan-cerah-digaji-tinggi

Comment

Leave a Reply