by

8 Langkah Tepat Mengubah Followers Jadi Konsumen

Karibkerabat.com – Media sosial saat ini menjadi salah satu platform yang menjanjikan dalam menjalankan berbagai bisnis kekinian.

Hal tersebut menjadi dampak positif dari media sosial yang harus kamu manfaatkan guna meraih kesuksesan dalam menjalin bisnis.

Followers atau audiens menjadi bagian terpenting untuk keberhasilan bisnismu di media sosial. Dengan demikian, kamu harus mengoptimalkan media sosialmu agar mendatangkan banyak followers.

Namun, memiliki banyak followers saja belum cukup menjamin kesuksesan dan keberhasilanmu dalam menjalin bisnis menggunakan media sosial.

Hal itu tampak jelas karena semua orang yang berbisnis pasti ingin membutuhkan yang namanya profit atau penghasilan bukan?

Dalam hal ini, mendatangkan followers saja tak cukup. Artinya kamu harus menjadikan followers-mu sebagai konsumen dari brand yang kamu pasarkan.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang menjalin bisnis berbasis media sosial jangan merasa khawatir. Dikutip dari Glints, berikut adalah 8 langkah tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengubah followers jadi konsumen setiamu.

1. Meningkatkan Produktivitas

Agar kamu bisa mengubah followers jadi konsumen langkah pertama yang harus kamu tempuh ialah meningkatkan produktivitasmu di media sosial.

Artinya kamu harus membuat konten pemasaranmu di berbagai channel media sosialmu untuk mendapat perhatian para audiens.

Ekspos terus brand yang kamu miliki agar para audiens tertarik dan jangan lupa untuk membuat fresh content setiap waktu serta di upload secara teratur di jam yang tepat.

Tips Mengubah Followers Jadi Konsumen
Jadikan seluruh media sosial yang kamu memiliki sebagai media pemasaran brand-mu. (Foto: Pixabay)

2. Lakukan analisis terhadap kontenmu

Setalah kamu memiliki berbagai ide konten yang hendak kamu upload, lakukanlah analisa terlebih dahulu terhadap konten tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Apakah kontenmu mampu menarik konsumen atau tidak?
  • Media mana saja yang bisa menghasilkan banyak leads?
  • Apa saja post terbaikmu?
  • Kapan waktu terbaik untuk mem-posting kontenmu?
  • Apa saja yang menurutmu menarik bagi followers-mu?

Dengan menjawab pertanyaan diatas kamu mampu memahami kelemahan dan kekuranganmu dalam melakukan pemasaran brand yang kamu miliki di media sosial.

Selain itu, pertanyaan-pertanyaan tersebut juga akan menjadikanmu lebih disiplin dan lebih kreatif lagi dalam memproduksi konten pemasaranmu.

3. Jangan lupa perhatikan juga kompetitormu

Sebagai platform yang sedang trend saat ini, tentu kamu tidak sendirian saat menjalin bisnis melalui media sosial. Artinya ada kompetitor yang harus kamu perhatikan juga untuk mengubah followers jadi konsumen.

Hal tersebut penting untuk dilakukan guna mengetahui performa dari kompetitor dan melihat berbagai keunggulan dan kekuranganmu.

Dengan melakukan riset terhadap kompetitor brand-mu, kamu akan mengetahui tipe audiens apa saja yang benar-benar bisa kamu jadikan sebagai konsumen setiamu.

4. Upload fresh content

Jangan pernah berpikir sekalipun untuk menduplikat konten orang lain untuk memasarkan brand-mu.

Hal itu dikarenakan bisa membuatmu gagal dalam menarik perhatian followers-mu alih-alih menjadikannya sebagai konsumen.

Upload-lah konten yang fresh dan original dengan ide kreatif yang kamu miliki. Selain itu, luangkan waktu untuk membuat strategi unik dan inovatif guna mengubah followers-mu menjadi audies setia atas brand yang kamu miliki.

Tips Mengubah Followers Jadi Konsumen
Gunakan selalu fresh content untuk menarik audiens di media sosialmu. (Foto: Pixabay)

5. Menawarkan promosi

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam melakukan kegiatan pemasaran di media sosial pasti ada kompetitor atas brand yang kamu miliki.

Salah satu cara yang kamu lakukan untuk mengatasi hal ini ialah dengan menawarkan promosi yang menarik dan fresh seperti memberikan diskon atas brand-mu.

Tawaran promosi yang kamu berikan akan menjadikan followers-mu lebih rajin untuk membuka media sosialmu guna mencari promosi atau diskon terbaru sehingga mampu meningkatkan trafik media sosialmu.

6. Aktif di komunitas media sosial

Selain membuat dan meng-upload konten secara berkala kamu juga harus aktif di media sosial yang kamu kelola.

Maksudnya, kamu juga harus rajin memberi like dan komentar pada akun figur yang dirasa sejalan dengan brand yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk tetap memastikan bahwa kontenmu menarik dan disukai oleh mereka.

7. Jadikan followersmu merasa spesial

Followers pada dasarnya merupakan orang-orang yang akan mendukung kamu untuk meningkatkan penjualan brand yang kamu miliki.

Pastikanlah mereka merasa spesial dengan kehadiran brand yang kamu pasarkan tersebut.

Salah satunya ialah dengan membalas komentar pada akun-akun yang berkometar pada konten yang kamu upload.

Selain itu, kamu juga dapat menampilkan salah satu diantara mereka sebagai “followers of the week” di media sosialmu.

Tentu hal ini akan menjadikan motivasi bagi followers yang lain untuk terus mengunjungi dan melihat konten yang kamu buat.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan respon yang cepat pada followers-mu tersebut, baik di direct message atau kolom komentar.

8. Tunjukan loyalitas pada followers-mu

Langkah terakhi untuk mengubah followers jadi konsumen ialah menunjukan loyalitasmu pada mereka.

Pastikan kamu tetap konsisten dalam meng-upload konten yang fresh dan relevan serta memenuhi janji terhadap para followers-mu.

Baca Juga : Contoh Caption Promosi Bagus di Instagram

Pastikan juga followers-mu merasa nyaman dengan apa yang kamu posting di media sosial serta membuat mereka merasa mendapatkan manfaat atas apa yang kamu posting.

Nah, diatas adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar mampu menjadikan followers sebagai konsumen setiamu.

Jangan lupa untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal untuk para konsumenmu, sebab konsumen merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan bisnismu.

Comment

Leave a Reply