10 Jenis Permainan Anak yang Mendidik dan Seru

Pendidikan409 Views

Karibkerabat.com – Bagi si kecil, mainan adalah media hiburan dan juga media ekspresi, hal inilah yang menjadikan si kecil sangat menyukai mainan.

Namun, sebagai orang tua ayah dan bunda harus memastikan bahwa mainan yang anak pilih tidak hanya seru tapi harus juga memiliki nilai edukasi bagi anak.

Melalui permainan yang edukatif, harapannya anak dapat tumbuh dengan memiliki keterampilan majemuk atau multiple intelligence.

Untuk mewujudkan hal tersebut, peran orang tua adalah memilihkan jenis permainan anak yang mendidik dengan tetap memerhatikan kesukaan anak, mulai dari bentuk atau karakter dari permainan tersebut.

Mainan yang karakter dan bentuknya sesuai dengan kesukaan anak, selain membuat si kecil senang namun juga dapat menjadikan pertumbuhannya lebih berkualitas.

Jenis Permainan yang Mendidik Anak

Berikut adalah jenis mainan anak yang mendidik dan bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan anak.

Permainan Bola

jenis permainan anak yang mendidik
(Foto: Pixabay)

Permainan bola dapat mengasah kecerdasan gerak tubuh anak. Permainan ini melibatkan keterampilan motorik anak, khususnya kombinasi mata, kaki, dan tangan.

Saat bermain bola, si kecil akan berlari, melompat, menendang, dan menangkap bola. Bagi si kecil, bermain menangkap bola dapat melatihnya untuk mampu memecahkan masalah serta konsentrasinya.

Congklak

Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang juga bermanfaat bagi anak. Permainan ini ternyata tidak kalah seru dengan permainan modern yang ada saat ini.

Manfaat dari permainan ini bagi si kecil antara lain melatih gerak, mengasah kemampuan berhitung, belajar sabar, belajar jujur dan belajar memahami aturan.

Dance dan freeze

Menari juga termasuk salah satu permainan yang disukai anak. Melalui tari, anak-anak dapat mengoordinasikan mata, telinga, pinggul, tangan dan kaki agar tetap selaras dengan alunan musik.

Menari memiliki manfaat untuk menumbuhkan sosiaslisasi anak, meningkatkan kesehatan fisik, serta melatih anak untuk latihan disiplin dan fokus.

Catur

Mengenalkan dan mengajarkan anak permainan catur dapat melatih otak ank. Jika dilakukan secara rutin, permainan ini dapat meningkatkan daya pikir dan kreativitas anak.

Hal itu dikarenakan permainan catur membutuhkan banyak berpikir dan strategi untuk membayangkan gerakan dan hasil yang akan terjadi.

Lego

jenis permainan anak yang mendidik

Permainan lego merupakan jenis mainan edukatih yang dapat melatih dan meningkatkan daya kreativitas bagi anak. Saat bermain lego, anak akan dituntut untuk berpikir bagaimana membuat sebuah bentuk yang sesuai.

Selain meningkatkan kreativitas anak, permainan lego juga dapat melatih keterampilan motorik halus anak, melatih anak memecahkan masalah, keterampilan komunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan lain-lain.

Mainan mencocokan bentuk

Mainan mencocokan bentuk dapat melatih koordinasi mata dan tangan bagi anak. Jenis mainan ini dapat melatih anak dalam memecahkan masalah.

Pada permainan mencocokan bentuk anak akan didorong untuk mencocokan variasi bentuk seperti lingkaran, bintang, segitiga, atau pun persegi untuk dimasikan ke dalam lubang yang sesuai bentuknya.

Mainan peran

Bermain peran dalah salah satu permainan yang disukai anak. Dalam permainan ini, si kecil akan memainkan peran orang lain yang menjadi karakter favoritnya seperti dokter, guru, polisi, dan peran-peran lainnya.

Manfaat bermain peran bagi anak anyaa lain antara lain membangun kepercayaan diri, mengembangkan kemampuan berbahasa, meningkatkan kreativitas dan mendukung kemampuan sosial serta empati.

Pasir kinetik

jenis permainan anak yang mendidik

Kinetic sand atau pasir kinetik adalah salah satu permainan anak yang sempat booming beberapa waktu lalu.

Permainan pasi kinetik bagi si kecil dapat meningkatkan rasa ingin tahu si kecil, meningkatkan kreativitasnya serta membangun daya imajinasinya.

Petak umpet

Permainan petak umpet adalah salah satu permainan tradisional yang tak kalah seru di era modern seperti saat ini.

Bagi anak, permainan ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan daya ingat, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan sosial, belajar mengontrol emosi dan ragam manfaat lainnya.

Puzzle

jenis permainan anak yang mendidik

Permainan puzzle dapat mestimulasi anak, melatih konsentrasi dan berpikir, serta merangsang saraf motorik halus si kecil.

Permainan ini dapat meningkatkan daya ingat anak, keterampilan emosional, mengenal bentuk warna serta mengasah kemampuan memecahkan masalah.

Leave a Reply