Lakukan Lima Hal Ini untuk Menyambut Bulan Ramadan

Pendidikan, Sosial361 Views

Karibkerabat.com – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan tanggal 1 Ramadan 1444 H/2023 M jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Jika berpatokan pada keputusan PP Muhammadiyah tersebut, maka bulan akan segera tiba kurang lebih satu bulan setengah lagi dari sekarang.

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa dan selalu dirindukan dari tahun ke tahun. Bulan yang didalamnya terdapat perintah berpuasa selama satu bulan ini tidak luput dari sambutan yang penuh suka cita.

Sejumlah cara penyambutan bulan ini sering mewarnai kebahagiaan umat Islam yang bertemu kembali dengan bulan yang penuh cinta, mulai dari pawai Ramadan, kegiatan tahrib Ramadan, hingga saling silaturahmi dan bermaafan antara anggota keluarga maupun kerabat lainnya.

Namun, selain itu terdapat juga sejumlah persiapan menyambut bulan Ramadan yang perlu dilakukan, kira-kira apa saja? Simak jawabannya di bawah ini.

Persiapan Menyambut Ramadan

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah sebagai berikut.

1. Bayar Utang Puasa

Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah yang wajib bagi seluruh umat Islam tanpa terkecuali. Ada beberapa golongan yang diberikan kemudahan untuk meninggalkan puasa pada bulan ini, namun ia wajib membayar puasanya tersebut setelah bulan tersebut berakhir.

Nah, bagi sahabat yang saat ini masih memiliki utang puasa yang belum dibayar, maka sebaiknya untuk menyegerakan membayar puasa tersebut. Berkaitan dengan qada puasa, Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 183-184)

2. Menyiapkan Amal Shaleh

Ramadan identik dengan ibadah dan amal shaleh sehingga pada bulan tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Untuk melakukan berbagai amalan tersebut, kita dapat mempersiapkan diri sebelum bulan tersebut datang dengan membiasakan diri dalam memperbanyak amal shaleh.

Sebelum Ramadan tiba, kita dapat melatih diri untuk mulai meningkatkan sedekah, mengerjakan puasa sunnah, menebalkan halaman tilawah, dan lainnya.

3. Puasa di Bulan Sya’ban

Posisi bulan Sya’ban adalah berada satu bulan sebelum bulan Ramadan. Kemudian, bulan Sya’ban juga menjadi bulan yang diapit oleh dua bulan yang mulia yakni bulan Ramadan dan bulan Rajab. Pada bulan itu, Rasulullah mencontohkan untuk memperbanyak puasa.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiayallahu ‘anhu, ia berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah Saw  menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Syakban.” (HR. Muttafaq Alaih)

4. Memperbanyak tobat

Bertobat sebelum ramadan tiba termasuk ke dalam persiapan menyambut bulan suci ini dari sisi batin. Tobat dalam hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam memaksimalkan ibadah di bulan yang pernuh berkah ini, sebab disebutkan bahwa dosa dapat berpengaruh atau menjadi penghalang keoptimalan ibadah di bulan puasa.

Kemudian, tobat juga menjadi tanda keseriusan seorang Muslim dalam menyambut bulan suci. Karena dengan bertobat seseorang akan dibersihkan dirinya dari dosa-dosa dan termasuk dalam golongan orang yang beruntung sebagaimana firman Allah yang berbunyi:

“Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (An Nuur: 31).

5. Siapkan harta untuk sedekah

Bulan suci Ramadan identik dengan sedekah sehingga banyak juga yang menyebut bulan suci ini sebagai bulan sedekah. Bersedekah pada bulan ini menjadi amalan yang sangat mulia dan pahalanya juga turut dilipatgandakan.  Misalnya, seorang yang bersedekah untuk orang yang berpuasa di bulan suci, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa berkurang sedikitpun.

Baca Juga: Dahsyatnya Pahala Sedekah di Bulan Ramadan

Agar mampu optimal bersedekah di bulan ini, persiapan harta menjadi bagian terpenting dalam persiapan menyambut bulan suci ini. Selain itu, kita juga dapat melatih diri dengan mulai untuk memperbanyak sedekah dari sekarang.

Leave a Reply