by

6 Tips Belanja Online dengan Aman

Belanja online merupakan salah satu cara belanja yang sedang tren saat ini, nah agar tetap aman lakukan enam tips belanja online dengan aman berikut ini.


Karibkerabat.com – Di era digital saat ini, banyak gaya hidup yang berubah menuju ke arah yang lebih mudah dan praktis. Salah satu gaya hidup yang saat ini berubah dan menjadi tren ialah tren belanja online melalui aplikasi tanpa harus pergi ke toko.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak bermunculan platform belanja online yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi belanja tanpa harus pergi ke toko. Melalui platform tersebut, kita dapat melakukan transaksi pembelian mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman hingga kebutuhan pelengkap lainnya.

Tren belanja online kian meningkat setelah dunia ini diguncang oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan semuanya menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Melalui pandemic tersebut, banyak tren-tren baru yang bermunculan, seperti meningkatnya tren belanja online.

Kondisi tersebut kemudian di dukung dengan beralihnya toko-toko konvensional menjadi toko online yang dapat diakses oleh orang banyak dengan cakupan yang lebih luas.

Tips Belanja Online dengan Aman

Tips Belanja Online dengan Aman

Belanja online merupakan cara belanja yang mudah dan praktis, cukup dengan gawai yang ada di genggaman tangan, kita dapat membeli segala sesuatu yang kita butuhkan. Nah, berikut adalah tips belanja online yang dapat kamu lakukan agar tetap aman.

1. Cari Tahu Reputasi Toko atau Penjual

Tips pertama yang harus kamu lakukan saat belanja online adalah dengan mencari tahu reputasi toko atau penjual. Caranya ialah dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual yang akan dibeli.

Langkahnya ialah memastikan toko terlebih dahulu, apakaj aktif atau tidak, lamanya umur toko, hingga tertimoni toko tersebut lebih banyak positif atau negatif.

2. Cek Ulasan Produk

Melakukan pengecekan terhadap ulasan produk berguna untuk memastikan apakah toko tersebut terpercaya atau tidak.

Nah, dalam hal ini kamu dapat menyimak ulasannya satu persatu dan kemudian menimbang manakah yang lebih banyak, ulasan positif atau negatif.

3. Pastikan Apakah Harga Masuk Akal?

Saat melakukan belanja online, jangan sekali-kali tergiur dengan harga yang murah. Hal itu dikarenakan bisa saja membuatmu terjebak.

Bandingkanlah harga produk yang sama dengan beberapa toko sekaligus, apakah harganya masuk akal atau tidak?

Jika perbandingannya sedikit hal itu merupakan hal yang wajar. Namun, akan mencurigakan jika harga terlalu marah atau bahkan sangat mahal melebihi harga yang disarankan.

4. Baca Deskripsi Produk

Dengan membaca deskripsi produk, kamu dapat memastikan barang apakah sesuai dengan apa yang ada di deskripsi baik varian, nama barang, hingga spesifikasi barang tersebut.

Jika informasi yang kamu dapat kurang lengkap, kamu dapat menanyakan langsung ke penjual melalui fitur chat yang tersedia.

5. Cermati Syarat dan Ketentuan

Cermatilah syarat dan ketentuan yang berlaku pada toko yang hendak kamu beli barangnya. Nah, dengan mencermati syarat dan ketentuan tersebut, kita akan lebih siap menerima apa yang telah dijanjikan oleh penjual.

Baca Juga: Lima Tips Hemat Uang Belanja Bulanan

6. Cek Paket dan Hilangkan Jejak Data

Setelah paket barang yang kamu pesan sampai di tangan, bukalah paket tersebut dan periksalahan isinya. Pastikan barang tersebut sesuai dengan pesanan yang kamu pilih dan tidak ada kerusakan pada barang tersebut.

Kemudian, untuk menjaga keamanan data yang kamu miliki, buanglah data pengiriman yang ada pada paket tersebut dengan cara digunting atau dihancurkan terlebih dahulu agar tidak ada orang yang bisa membacanya.

Hal ini berguna agar kamu terhindari dari penipuan yang bisa saja mengatasnamakan diri kita.yaran dengan metode yang Anda inginkan.

Comment

Leave a Reply