5 Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan Agar Tetap Produktif Raih Pahala

Berita829 Views

Karibkerabat.com – Seorang Muslimah yang mengalami haid di bulan Ramadan ia mendapat larangan untuk mengerjakan beberapa aktivitas ibadah seperti shalat, puasa, membaca Al-Quran, menyentuh dan membawa mushaf Al-Quran dan itikaf.

Meski demikian, terdapat beberapa amalan yang dapat dikerjakan Wanita haid saat Ramadan agar tetap produktif dan meraih pahala di bulan yang penuh berkah ini. Lalu, apa sajakan amalan yang dapat dikerjakan Wanita yang sedang haid di bulan Ramadan? Simak ulasannya lengkap di bawah ini.

Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan

Amalan Wanita Haid Selama Ramadan

Berikut adalah beberapa amalan Wanita haid selama bulan Ramadan agar tetap produktif dalam meraih pahala kebaikan di bulan yang penuh berkah.

1. Menyiapkan hidangan buka puasa

Amalan pertama yang bisa dilakukan oleh wanita haid selama bulan Ramadhan ialah menyiapkan hidangan buka puasa baik untuk keluarga maupun masyarakat lainnya.

Pada saat yang sama, ia juga memiliki kesempatan lebih untuk mencicipi masakan agar rasanya lebih enak dan lezat sehingga menambah kenikmatan berbuka pada hidangan makanan yang disajikan.

Dengan menghidangkan makanan dan minuman untuk buka puasa, seorang muslimah memiliki kesempatan untuk meraih pahala orang puasa secara utuh tanpa berkurang sedikitpun. Hal itu sebagaimana diriwayatkan dalam sabda Nabi sebagai berikut.

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka  puasa, dia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (HR. At-Tirmidzi).

2. Menuntut ilmu

Belajar atau menuntut ilmu adalah amalan yang dapat dikerjakan oleh Wanita haid di bulan Ramadan. Pada kondisi yang ada saat ini, menuntut ilmu dapat dilakukan secara otodidak dengan mempelajari buku, belajar secara online atau menonton tayangan video di Channel youtub.

Di bulan Ramadan, seorang Muslimah dapat mempelajari berbagai cabang ilmu yang bermanfaat baik keagamaan maupun ilmu pengetahuan umum. Namun yang lebih utama ialah ilmu yang dapat mendekatkan diri dengan Allah.

Salah satu keutamaan dari menuntut ilmu ialah diberikan petunjak jalan menuju surga sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi berikut ini.

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju Surga Baginya”. (HR.Muslim)

3. Perbanyak Dzikir

Amalan selanjutnya yang dapat dikerjakan oleh wanita yang sedang haid pada bulan Ramadhan ialah memperbanyak dzikir.

Dzikir sendiri merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakuan oleh siapapun dan kapanpun tanpa ada batasannya.

Wanita yang sedang haid dapat mengucapkan berbagai kalimat dzikir seperti tasbih, tahmid, tahlil dan shalawat kepada Nabi.

4. Memperbanyak doa

Bulan Ramadhan memberikan kesempatan pada siapapun untuk memperbanyak doa termasuk kepada wanita yang sedang haid.

Meskipun tidak dapat melakukan ibadah shalat dan puasa, wanita haid juga bisa mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampunan-Nya dengan memperbanyak doa.

5. Memaksimalkan sedekah

Sedekah merupakan amalan yang dapat dikerjakan oleh wanita haid selama bulan Ramadhan. Adapun untuk memaksimalkan sedekah pada bulan Ramadhan, seorang wanita yang sedang haid dapat melakukan berbagai cara untuk sedekah mulai dari sedekah subuh, sedekah takjil, santunan kepada anak yatim dan dhuafa, serta menebar senyuman kepada muslimah yang lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa amalan bagi Wanita haid selama Ramadan, dapatkan informasi seputar informasi dan inspirasi Ramadan lainnya di situs karibkerabat.com.

Leave a Reply