6 Tips Sehat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Berita719 Views

Karibkerabat.com – Saat berbuka puasa, seseorang hendaklah memperhatikan asupan gizinya agar tetap sehat selama berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadan. Untuk menjaga kesehatan selama ibadah puasa, banyak sekali tips sehat berbuka puasa yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan.

Namun demikian, saat menjelang buka puasa terkadang orang yang berpuasa sering tergoda dengan aneka ragam menu buka puasa yang lezat. Hal ini seringnya menjadikan seseorang kalaf sehingga menyantap apa saja saat berbuka puasa.

Memerhatikan menu buka puasa agar selalu mendapatkan asupan makanan yang sehat harus senantiasa dilakukan oleh orang yang berpuasa agar terhindar dari berbagai masal kesehatan akibat makan berlebihan.

Tips Sehat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Berikut adalah beberapa tips sehat berbuka puasa di bulan Ramadan agar tetap sehat, produktif dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

1. Memilih menu buka yang sehat

Saat berbuka puasa, pilihlah menu makanan yang sehat, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan dan minuman olahan saat berbuka puasa. Caranya kamu dapat memilih menu takjil yang sehat seperti air putih dan buah-buahan yang tidak memiliki campuran atau tambahan gula.

Berikut adalah beberapa menu takjil sehat yang dapat kamu pilih antara lain tiga butir kurma dan segelas air putih, buah-buahan (pisang, semangka, melon, dll), puding rendah gula, kolak pisang dan ubi tanpa santan, dan lain sebagainya.

2. Tidak langsung makan berat

Hindari langsung makan berat saat berbuka puasa, hal itu untuk menghindari gangguan pencernaan seperti perut terasa begah, kembung, atau sakit.

Sebab itu, untuk membatalkan puasa cukup mencicipi takjil puasa seperti tiga butir kurma dan satu gelas air putih. Setelah itu sebaiknya kamu dapat shalat Magrib terlebih dahulu dan setelah itu kamu dapat mengonsumi makanan berat.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Perhatikan kebutuhan cairan tubuh saat berbuka puasa, tujuannya agar kamu tubuhmu tetap terhidrasi setelah seharian penuh menahan haus.

Selain dengan mengonsumsi air putuh, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti buah-buahan yang mengandung banyak kadar air ataupun sayur sop.

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti soft drink dan mengandung kafein.

4. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Menu makanan buka puasa idealnya memiliki kandungan gii seimbang yang didalamnya terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Untuk mendapatkan itu, kamu dapat memilih ragam makanan seperti nasi, sop, ayam, ikan, daging sapi, tumis sayur, roti gandum, dan lain sebagainya.

5. Perhatikan makanan yang perlu dihindari

Selain memperhatikan makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi seimbang, kamu juga harus tetap memperhatikan makanan dan minuman yang perlu kamu hindari.

Hal itu karena ada beberapa jenis makanan yang tidak cocok untuk dikonsumsi saat berbupa puasa, terutama bagi kamu yang memiliki gangguan pencernaan.

Selama menjalankan ibadah puasa, hindarilah makanan cepat saji dan makanan yang diawetkan, makanan tinggi lemak, serta makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan.

Pilihlah menu takjil dan makanan buka puasa yang menyehatkan serta memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu.

6. Hindari makan secara berlebihan

Makan dan minum secara berlebihan saat berbuka puasa tidak disarankan demi kesehatan dan kelancaran aktivitas ibadahmu. Pada sebuah kondisi makan secara berlebihan dapat menjadikan perutmu terasa begah dan berat untuk melakukan aktivitas ibadah seperti shalat tarawih, tilawah, dan lainnya.

Dari sisi kesehatan, makan dan minum secara berlebihan dapat menjadi salah satu sebab naiknya berat badan secara drastis dan menjadikanmu lebih beresiko terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Demikianlah uraian mengenai tips sehat berbuka puasa selama bulan Ramadan, yuk cari tahu tips sehat Ramadan lainnya di situs karibkerabat.com

Leave a Reply