by

6 Manfaat Ini Akan Kamu Rasakan Jika Suka Berbagi dengan Sesama

Berbagi terhadap sesama merupakan aktivitas positif yang dapat memberikan manfaat positif bagi pelakunya. Lalu, apa saja manfaat berbagi terhadap sesama yang dapat dirasakan pelakunya? Simak jawabannya berikut ini.


Karibkerabat.com – Berbagi terhadap sesama merupakan aktivitas positif yang memiliki banyak manfaat baik untuk pelakunya maupun bagi penerima manfaatnya. Semangat berbagi sendiri menjadi nilai penting yang harus dimiliki oleh setiap orang sebagai makhluk sosial.

Saat seorang manusia mampu berbagi terhadap sesamanya dalam jumlah dan bentuk apapun, pada saat yang bersamaan ia telah menebar kebermanfaatan terhadap orang lain.

Dalam Islam, orang yang mampu memberi manfaat kepada orang lain ia disebutkan sebagai sebaik-baik manusia. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW berikut ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (H.R. Bukhari).

Berbagi terhadap sesama merupakan sesuatu yang positif dan menjadi nilai penting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Semangat dalam berbagi harus juga dibarengi dengan keikhlasan atau semangat tanpa pamrih. Sebab, keikhlasan menjadi kunci diterimanya amal baik dan juga merupakan salah satu cara baik untuk menjaga semangat berbagi agar tetap ada.

Apa Saja Manfaat Berbagi Terhadap Sesama?

Manfaat Berbagi Terhadap Sesama

Berbagi terhadap sesama dalam ruang lingkup kehidupan sosial pada dasarnya menjadi kebutuhan manusia.

Ada banyak manfaat berbagi terhadap sesama yang akan dirasakan oleh pelakunya ataupun orang yang menerima manfaatnya.

Berikut adalah beberapa manfaat berbagi terhadap sesama yang harus kamu ketahui agar tetap semangat dalam berbagi dan menebar manfaat terhadap sesama.

1. Menambahkan Perasaan Bahagia

Manfaat berbagi terhadap sesama yang pertama ialah menambah perasaan bahagia. Perasaan bahagia yang timbul ini dapat dirasakan oleh pelaku kebaikan tersebut atau penerima manfaatnya.

Di lain sisi, saat kamu secara konsisten melakukan aktivitas berbagi terhadap sesama, maka hal tersebut akan menjadikan kamu lebih dihargai oleh orang lain.

Hal ini tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang penunai kebaikan meskipun tujuannya untuk berbagi bukanlah mendapatkan hal demikian melainkan menebar manfaat seluas-luasnya.

Baca Juga: 8 Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim yang Dapat Kamu Pilih

2. Menumbuhkan Rasa Syukur

Berbagi terhadap sesama adalah cara terbaik untuk melakukan introspeksi diri. Pasalnya, melalui aktivitas tersebut kamu akan sering melihat ke bawah sehingga kamu menyadari bahwa banyak orang di luar sana yang kondisinya kurang beruntung dibandingkan kamu sendiri.

Di lain sisi, berbagi terhadap sesama juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur terhadap apa yang kamu miliki saat ini seperti kecukupakan harta ataupun kecerdasan yang kamu miliki. Dalam hal ini, berbagi terhadap sesama juga menjadi salah satu cara untuk menyebar luaskan kebahagiaan.

3. Mengurangi Rasa Stres

Manfaat berikutnya dari berbagi ialah dapat mengurangi stres bagi penunainya. Meskipun terlihat tidak masuk akal, namun hal ini mungkin terjadi.

Pasalnya, aktivitas berbagi dapat meningkatkan produksi hormon dopamine dan menekan produksi hormon exytocin sehingga dapat mengurangin rasa stres.

4. Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial

Berbagi terhadap sesama dapat meningkatkan rasa kepedulian seseorang meskipun jumlah yang diberikannya tidaklah seberapa. Namun, kamu harus mengetahui bahwa hal yang sederhana pun kadang dapat memiliki nilai manfaat yang besar bagi mereka yang membutuhkan.

5. Mempererat Rasa Persaudaraan

Tahukah kamu, bahwa berbagi dengan sesama dapat mempererat rasa persaudaraan? Pasalnya, saat kamu berbagi terhadap sesema penerima manfaat akan mengingat hal tersebut dengan baik, meskipun sebagai pemberi kamu telah melupakannya.

Hal demikianlah yang menjadikan hubungan persaudaraan kian era tantara pemberi dan penerima meskipun pada awalnya tidak begitu kenal dan juga akrab.

Rasa persaudaran seperti itu kemudian akan membuat hubungan menjadi lebih hangat. Bahkan, bisa jadi kelak kebaikan yang kita berikan tersebut akan dibalas kembali oleh penerimanya.

Meski tidak dalam bentuk yang sama, hal ini jelas akan bermanfaat bagi bagi kita di masa yang akan datang.

6. Menularkan Semangat Berbagi Kepada Orang Lain

Saat kamu berbagi terhadap sesama, hal itu mungkin saja menjadi inspirasi bagi orang lain sehingga semangat berbagi yang kamu miliki dapat menular ke orang lain.

Saat kamu berhasil menularkan kebiasaan positif yang satu ini, maka kamu akan semakin senang dan semangat lagi dalam berbagi terhadap sesama.

Baca Juga: Cara Bayar Zakat Online di Indonesia Berbagi

Sudah Siap Berbagi Kepada Sesama?

Sebagai aktivitas yang positif, berbagi memiliki nilai manfaat bagi siapa saja, baik pelakunya maupun orang yang menerima manfaatnya.

Sepintas, berbagi dapat mengurangi harta yang kamu miliki, namun perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya harta yang kamu keluarkan akan menjadi harta yang kamu miliki sesungguhnya dan akan menjadi pemberat timbangan kebaikan di akhirat kelak.

Ingin berbagi? Nah, saat ini kamu dapat berbagi melalui platform Indonesia Berbagi dengan mengakses tautan ini.

Comment

Leave a Reply