by

5 Tips Memilih Baju Renang Muslimah yang Nyaman

Seorang Muslimah yang memiliki hobi berenang hendaknya memilih pakaian renang yang nyaman dan menutup aurat, berikut adalah lima tips memilih baju renang Muslimah yang nyaman.


Karibkerabat.com – Pakaian renang dan peralatan berenang lainnya pada dasarnya memiliki fungsi untuk membantu tubuh bergerak dengan mudah dan nyaman di dalam air.

Tak hanya itu, desain dan bahan baju renang yang tepat dan nyaman dapat mengurangi hambatan gerak, membuat tubuh lebih lincah, dan mengontrol gerakan tubuh.

Nah, bagi kamu yang memiliki hobi berenang, kamu wajib memilih pakaian renang yang memiliki desain dan bahan yang tepat sehingga akan nyaman saat kamu gunakan dan olahraga renangmu menjadi lebih optimal.

Tips Memilih Baju Renang Bagi Muslimah

Tips Memilih Baju Renang Muslimah yang Nyaman
Foto: Hello Sehat

Seorang Muslimah dianjurkan untuk menutup aurat dan lekukan tubuh dalam keadaan apapun, termasuk saat berenang. Dalam hal ini, saat memilih baju renang seorang Muslimah hendaknya memilih baju renang yang menutupi aurat dan tidak memperlihatkan bentuk tubuhnya.

Selain menutup aurat dan lekukan tubuh, seorang Muslimah juga hendaknya memilih baju renang yang nyaman agar olahraga yang dilakukannya lebih maksimal.

Namun demikian, kebanyakan baju renang yang dijual ialah baju renang yang ketat dan menunjukan lekukan tubuh. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena saat ini tren baju renang Muslimah sudah cukup ramai sehingga kamu dapat menemukan banyak jenis baju renang Muslimah yang dapat kamu pilih.

Untuk memilihnya, berikut adalah beberapa tips memilih baju renang Muslimah yang nyaman.

1. Pilih baju berwarna gelap

Hal yang pertama harus kamu lakukan untuk memilih baju renang Muslimah ialah dengan memilih baju yang berwarna gelap. Terlihat sepele namun pemilihan warna ini akan menjadikanmu lebih nyaman saat berenang.

Pasalnya, warna yang gelap seperti biru tua atau hitam dapat menutup tubuh dengan baik dan mencegah dan mampu menyerapa sinar matahari sehingga kulit menjadi lebih terlindungi.

Beda halnya ketika kamu memilih warna yang terang seperti warna putih, dalam hal ini baju renang dengan warna putih serat kainnya akan tampak transparan saat terkena air sehingga lekuk tubuh akan terpapar dengan jelas.

Pakaian yang berwarna putih juga dapat meneruskan cahaya matahari yang mengenainya langsung ke kulit. Hal ini membuat sinar ultraviolet bisa mencapai kulit sehingga kulit akan lebih rentan untuk terbakar.

Untuk itu, pilihlah baju renang yang memiliki warna gelap, semakin gelap dan pekat warna pakaiannya maka semakin besar juga perlindungannya terhadap sinar UV.

2. Pilih Bahan yang Tepat

Bahan baju renang yang tepat berpengaruh pada kecepatan gerakan saat berada di dalam air. Dalam hal ini disarankan untuk memilih bahan yang ringan dan tahan air.

Bahan nylon, spandek, dan lycra menjadi pilihan bahan baju renang yang nyaman dipakai, ringan, tidak ketat, dan tidak licin.

3. Pilih Baju yang Menutupi Bagian Belakang

Pada dasarnya, baju renang yang disarankan ialah baju yang menempel langsung ke kulit atau pakaian yang ketat, hal ini berfungsi agar tubuh dapat dengan leluasa bergerak.

Saat tubuh dapat bergerak dengan leluasi di dalam air, kamu dapat mengontrol gerakan dengan mudah sehingga dapat mengurangi risiko cedera saat berenang.

Namun, pada umumnya pakaian yang ketat ini menonjolkan bentuk tubuh. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat memilih baju renang yang menutupi bagian belakang tubuh yakni dengan menggunakan pakaian renang model tunik.

Model baju renang tunik dapat membantu menyamarkan lekuk tubuh bagian bawah dan bagian belakang sehingga kamu dapat dengan nyaman melakukan olahraga renang.

4. Pilih Baju yang Sepaket dengan Jilbab Khusus Renang

Pilihlah baju renang yang sudah sepaket dengan jilbab khusus untuk melakukan olahraga renang. Hal ini dikarenakan jilbab tersebut desainnya telah disesuaikan dengan kebutuhan saat renang.

Beda halnya jika kamu menggunakan jilbab yang terpisah dari paket baju renang, jilbab yang biasanya terbuat dari bahan katun tersebut nyatanya tidak cocok untuk digunakan saat berenang.

Jilbab dengan bahan katun akan lebih mudah menyerap air sehingga akan terasa berat dan pada akhirnya akan berpengaruh pada kecepatan pergerakan saat berenang di dalam air.

Karena mudah menyerap air, berenang menggunakan jilbab berbahan katun dapat menjadikan air lebih rentan masuk ke lubang telinga sehingga membuatmu tidak nyaman dan bahkan memiliki terkena infeksi pada saluran telinga luar (otitis externa).

Untuk itu, pilihlah baju renang yang sudah sepaket antara jilbab dan baju renang. Selain nyaman untuk dipakai saat berenang, model baju renang sepaket tersebut juga memiliki warna yang serasi sehingga outfit kamu tetap modis.

Baca Juga: Renang dalam Pandangan Islam

5. Gunakan Celana Khusus Renang

Kebanyakan perempuan memilih celana legging untuk berenang, namun sebaiknya kamu tidak menggunakan celana legging untuk berenang. Pasalnya, celana legging memiliki model yang ketat dan dapat membuat lekuk tubuhmu terlihat.

Untuk itu, gunakanlah celana khsusu untuk renang yang longgar dengan karet di bagian bawahnya.  Model celana ini menjadikanmu lebih nyaman saat berenang karena tidak mudah terangkat sehingga hanya menunjukan ujung kaki bagian bawah saja saat berenang.

Comment

Leave a Reply