by

8 Manfaat Jalan Kaki Yang Belum Banyak Diketahui

Karibkerabat.com – Jalan kaki memiliki banyak manfaat. Menurut para ahli kesehatan, jalan kaki itu menyehatkan tubuh. Berbanding terbalik dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih senang berpergian dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jangankan berjalan jauh, agak dekat saja malas. Mau ke pasar, mall, cari parkirnya yang paling dekat pintu agar jalannya dekat. Iya kan?

Memang banyak sekali pakar kesehatan di berbagai negara maju yang menganjurkan untuk mengambil olah raga jalan kaki sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan yang mudah dan murah. Adapun durasi yang dianjurkan adalah sekitar 30 menit, dengan frekuensi antara 4-5 kali dalam seminggu.

Olahraga Jalan Kaki
Meski olahraga murah, jalan kaki mampu menghindarkan dari penyakit

Berikut ini manfaat jalan kaki yang dikumpulkan Karibkerabat.com dari berbagai sumber

1. Mudah dan Murah

Olah raga jalan kaki sangat mudah dilakukan oleh siapa pun. Anda cukup mencari tempat yang udaranya bersih. Bisa di pinggir kota atau di kompleks perumahan yang jauh dari hiruk-pikuk kendaraan bermotor, atau di ruangan (hall) tempat olah raga. Di Jakarta Anda bisa melakukannya di areal kompleks Gelora Bung Karno (GBK) atau di berbagai taman kota yang tersedia.

2. Mengurangi Stres

Ketika berjalan kaki, kita menemukan ritme tersendiri yang memberi kita rasa nyaman. Alhasil, pikiran-pikiran negatif akan hilang. Apalagi kalau pemandangan di sekitar menunjang maka pikiran bertambah cerah. Aliran darah yang cepat ke otak membantu fungsi otak untuk tetap berpikir jernih.

Menurut para pakar kesehatan, ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik, mengurangi rasa khawatir, dan cemas, serta depresi.

Di samping  itu, jalan kaki juga bisa memperbaiki mood dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Sehingga kita bisa menjadi lebih segar di hari esok.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jalan kaki juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang olahraga bisa membuat tubuh Anda lemas dan mudah terkena penyakit. Menurut para dokter, cobalah sempatkan diri untuk jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Jalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna melawan infeksi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik maka produktivitas dapat meningkat.

5. Memikirkan Ide-Ide Cemerlang

Beberapa leader dan tokoh besar senang melakukan jalan kaki sebab pada saat berjalan inilah seringkali ide-ide besar muncul. Hal ini mungkin disebabkan suasana rileks dan tanpa stres yang muncul pada saat melakukan kegiatan ini. Alhasil, beberapa ide besar yang tersimpan di alam bawah sadar bisa muncul pada saat kita berjalan kaki.

6. Menurunkan Berat Badan

Menurut para dokter, dengan berjalan cepat selama 30 menit maka Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki, semakin banyak kalori yang terbakar. Namun, untuk urusan berat badan, tentu saja tidak cukup hanya berjalan kaki. Di sisi lain, Anda juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.

7. Mencegah Osteoporosis

Banyak ahli kesehatan yang mengkaitkan jalan kaki dengan pencegahan osteoporosis. Sebagaimana diketahui, osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Dengan berjalan kaki, Anda dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

8. Meningkatkan Kinerja Otak

Selain berguna untuk meningkatkan fungsi anggota gerak tubuh, manfaat jalan kaki lainnya juga memberikan pengaruh baik bagi otak. Mereka yang rutin berjalan kaki terbukti tidak mudah pikun. Saat berjalan kaki–ukuran hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.

Di samping uraian di atas, manfaat jalan kaki lainnya yang bisa Anda dapatkan di antaranya mengurangi risiko kemungkinan terkena stroke, obesitas, radang sendi, serta beberapa jenis kanker.

Karena itu, manfaatkan tips kecil ini untuk menjaga kesehatan Anda. Apabila Anda tinggal di lantai dua atau tiga, sebaiknya tidak usah menggunakan lift. Latihlah fisik Anda agar mendapatkan manfaat optimal dari olah raga sederhana ini.

Comment

Leave a Reply

News Feed