by

Renang Dalam Pandangan Islam & Medis

Karibkerabat.com – Syekh Yusuf Al Qardhawi dalam bukunya Fiqih Prioritas menempatkan pembinaan ummat sebagai suatu hal yang teramat prioritas.

Syekh menjabarkan pembinaan ummat itu ada empat:
1. Pembinaan ruh dengan ibadah,
2. Pembinaan akal dengan pendidikan,
3. Pembinaan perilaku dengan budaya
4. Pembinaan jasmani dengan olahraga.

Namun sangat disayangkan saat ini, banyak “anak masjid” yang semakin kuat keislamannya semakin jauh dari berolahraga, padahal Nabi Muhammad SAW mengatakan “ Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah ” (HR Muslim, Ibnu Majah, Ahmad).

Semakin kuat keimanan seseorang seharusnya semakin mengefektifkan olahraga demi menyeimbangkan pembinaan dirinya.

Lebih spesifik tentang renang dapat kita lihat di surat yang ditulis Khalifah Umar bin Khatab RA kepada penduduk Syam.

Beliau menulis: “Ajarilah anak-anakmu berenang, memanah dan berkuda” (Kanjul Ummal).

Sangat menarik karena Khalifah Umar bin Khatab RA menekankan tentang renang, padahal renang berbeda dengan memanah dan berkuda, sangat jauh dari budaya Arab.

Pakaian Renang untuk muslimah
Menutup aurat bagi laki-laki dan wanita hukumnya wajib. Namun antara laki-laki dan wanita batasan aurat keduanya berbeda.

Bagi laki-laki, bagian tubuh yang termasuk aurat adalah yang terdapat antara pusat dan lututnya saja. Selebihnya bukan aurat dan boleh terlihat. Pakaian renang untuk laki-laki yang memenuhi syariat adalah yang bisa menutupinya.

Bagi wanita, ada dua macam aurat.

Pertama, aurat di depan laki-laki asing dan wanita non muslim, batasannya adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua tapak tangannya.

Kedua, aurat di depan laki-laki mahramnya dan sesama wanita muslimah, batasnya lebih luas karena masih boleh terlihat kepada, rambut, leher, tangan dan kakinya.

Pakaian renang buat wanita yang layak hanyalah bila tidak ada laki-laki asing atau wanita non muslim di hadapannya.

Sebab sulit dibayangkan sebuah kostum renang yang bisa menutup seluruh tubuh, kecuali hanya wajah dan kedua tapak tangannya. Kecuali mungkin kostum para penyelam.

Tapi kostum renang bukan untuk menyelam bukan?
Untuk itu harus dapat dipastikan area kolam renang harus steril dari mereka.

Maka implementasinya harus ada pemisahan kolam renang antara laki-laki dan wanita.

Baju renang muslimah kini sudah tersedia di pasaran

Dan tentunya dengan wanita non muslim juga.
Di beberapa kolam renang sudah mulai dirintis pemisahan seperti ini. Mengingat kebutuhan untuk berenang sebagai bagian olahraga dan rekreasi sedemikian tinggi, sementara tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan syariat Islam pun semakin cerah.

Bahkan sudah banyak produsen yang memproduksi dan menjual pakaian renang khusus muslimah. Tentunya tidak untuk dikenakan di kolam renang umum yang bercampur antara laki-laki dan perempuan, tetapi untuk di kolam renang yang khusus untuk wanita muslimah saja.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “ Ajarilah anak-anak kamu berenang dan memanah serta ajarilah menjahit terhadap anak wanitamu ”
Renang merupakan olahraga yang banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa serta menyehatkan dan menyenangkan.

Tidak hanya menyenangkan untuk olahraga, renang juga bermanfaat bagi tubuh seseorang serta kesehatan holistik.

Selain itu renang tidak mengenal usia dan hal ini juga baik untuk kalangan ibu yang sedang hamil. Para ahli juga percaya bahwa manfaat renang memberikan seseorang lebih semangat.

Tapi apa sebenarnya manfaat yang dapat diambil dari berenang, terutama selain menjaga kebugaran? Apa yang membuatnya lebih baik dari olahraga lainnya?

1. Saat renang, semua otot dalam tubuh bekerja. Sementara ini, manfaat renang umumnya akan berlaku serius bagi yang memiliki stroke, bahkan pemula yang mulai melakukan lap akan menemukan bahwa tubuh mereka seluruhnya akan bergerak.

Bukan hanya lengan atau kaki, namun juga membantu mengembangkan bahu dan pinggul. Setiap bagian dari tubuh yang tenggelam dalam air akan bekerja dengan beberapa usaha terhadap tekanan air, dan akan memiliki manfaat nyata untuk otot-otot ketika melakukan cukup sering.

2. Membantu menjaga ketahanan jantung seseorang dan kebugaran, serta kekuatan. Memang, berenang merupakan salah satu olaraga yang menjaga ketahanan jantung seseorang.

Tak seorang pun dapat mengharapkan untuk melakukan putaran penuh tanpa memiliki beberapa tingkat kebugaran jantung dan paru-paru.

Banyak ahli merekomendasikan olahraga renang untuk melayani pelatihan pasien jantung dan paru agar mereka latihan teratur. Orang menggunakan pinggir kolam renang sebelum melakukan latihan, sebagai bentuk pemanasan.

Seseorang dapat memilih berenang dengan meningkatkan upaya untuk meningkatkan denyut jantung secara bertahap. Kegiatan otot ini juga sangat dirangsang di dalam air.

Beberapa orang juga memilih untuk berenang beberapa kali setelah pemanasan dan setelah itu pendinginan, seperti membantu pergerakan darah melalui otot-otot dan juga membantu agar mereka rileks.

3. Memberikan sedikit ketegangan sementara saat berolahraga bagi organ tubuh penting. Kolam renan tidak melukai sebanyak berjalan atau latihan lain yang menegangkan. Tubuh yang mengambang membantu menjaga berat badan seseorang, memberinya kesempatan untuk latihan tanpa beban pada kakinya.

Ini sebabnya banyak ahli merekomendasikan latihan berbasis air, bahkan jika tidak selalu berenang banyak lap bolak-balik, untuk orang-orang yang sangat gemuk dan wanita hamil.

Paru-paru, hati dan otot seseorang akan mendapatkan manfaat dari latihan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada sendi, memberikan kesempatan untuk berkonsentrasi pada gerakan.

4. Renang akan membakar banyak kalori. Perkiraan kalori yang terbakar 3 per mil untuk setiap pon berat badan seseorang. Tentu saja, mayoritas perenang tidak berenang secara konsisten lebih dari satu jam, kecuali untuk orang yang melatih profesional, sehingga tidak mudah untuk menghitung kalori yang terbakar untuk sesi tertentu.

Menariknya, walaupun sebagian otot menjadi lebih ramping dari biasa, mungkin aman untuk mengasumsikan bahwa pembakaran kalori akan terus bahkan lama setelah selesai renang.

5. Kolam renang juga membawa manfaat psikologis dengan membiarkan orang untuk bersantai di dalam air. Hal ini karena kolam memberikan kesempatan untuk membiarkan pikiran hanya fokus pada renang saja.

Banyak orang membuktikan merasa lebih santai setelah berada di air, dan ilmu pengetahuan berusaha untuk menjelaskan bahwa sebagai disebabkan oleh efek relaksasi ion negatif air yang bergerak.

Setelah seminggu terutama saat stres, akan menemukan bahwa renang akan membantu dalam rileksasi pikiran.

Dari manfaat ini, renang merupakan latihan besar untuk dijadikan rutinitas. Bagian yang terbaik adalah, renang menyenangkan baik bagi diri sendiri.

Comment

Leave a Reply

News Feed