by

5 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Anak

KaribKerabat.com – Kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting dan mahal harganya. Maka dari itu, penting untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak kecil. Usia anak hingga remaja memang menjadi kunci agar seseorang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Beberapa Yayasan anak yatim di Jakarta bahkan menerapkan sejumlah rutinitas wajib yang harus dilakukan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk memastikan anak yatim di Jakarta bisa tumbuh dengan baik. Adapun beberapa rutinitas yang dilakukan tersebut, antara lain:

  • Membiasakan agar anak rajin mencuci tangan

Mencuci tangan terlihat sebagai hal yang sepele. Padahal kita tahu bahwa tangan merupakan tempat yang paling besar berpotensi untuk bersinggahnya kuman-kuman dan bakteri. Maka dari itu yayasan anak yatim di Jakarta membuat sebuah kegiatan yang berupaya agar anak-anak yatim yang tinggal di yayasan bisa menjaga kebersihan, salah satunya dengan rajin mencuci tangan.

Kegiatan mencuci tangan ini wajib dilakukan oleh seluruh anak yatim sebelum dan setelah melakukan kegiatan apapun. Contohnya saat sebelum dan setelah makan, setelah melakukan aktivitas, dan lainnya.

  • Menyajikan makanan sehat untuk anak

Makanan merupakan sumber nutrisi yang sangat berpengaruh untuk pertumbuhan anak. Jika anak diberi makanan yang sehat dan bernutrisi, maka itu akan sangat berdampak baik pada kesehatan anak itu sendiri.

Saat mengunjungi sebuah yayasan anak yatim, salah satu hal yang paling sering dibawa oleh pengunjung atau donatur adalah makanan dan minuman. Anak-anak yatim yang tinggal di yayasan pasti akan sangat senang jika bisa mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Makanan-makanan bergizi tersebut, contohnya: sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan masih banyak lainnya.

  • Mengadakan kegiatan rutin yang membuat anak jadi aktif bergerak

Kebanyakan anak-anak mungkin menyukai aktivitas seperti bermain game atau menonton kartun. Namun jika dibiarkan terlalu sering dan memakan waktu ber jam-jam per hari, itu juga tidak bagus untuk anak. Anak akan cenderung malas bergerak dan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kesehatan Anak
Kegiatan rutin untuk anak-anak dapat membuat mereka lebih aktif bergerak dan melakukan hal-hal positif/foto:menta.net

Yayasan anak yatim di Jakarta Timur sengaja membuat kegiatan rutin untuk anak-anak yang bisa membuat mereka lebih aktif untuk bergerak dan banyak melakukan hal-hal positif. Kegiatan yang dilakukan pun juga beraneka ragam, mulai dari kerja bakti bersama, belajar bersama, olahraga bersama, dan lain-lain. Dengan begitu, maka anak-anak akan mendapat banyak manfaat. Selain tubuh menjadi sehat, jiwa sosial dan kebersamaan juga akan tumbuh pada diri anak.

  • Menetapkan jam tidur

Memiliki jam tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan semua orang. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga. Oleh karena itu, sejak dini anak harus dibiasakan agar tidak tidur terlalu larut. Jam tidur yang disarankan untuk anak biasanya jam 8 malam, maksimal jam 9 malam. Selain membuat tubuh lebih sehat, tidur cukup juga bisa membuat tubuh lebih produktif saat melakukan aktivitas.

  • Sikat gigi sebelum tidur

Menyikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak cepat berlubang atau keropos. Yayasan anak yatim di Jakarta membiasakan semua anak-anak yatim yang tinggal disana agar senantiasa menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan cara menggosok gigi sebelum tidur.

Demikian tadi adalah beberapa kebiasaan atau rutinitas yang ada di Yayasan Anak Yatim di Jakarta. Semoga yayasan anak yatim di Jakarta bisa terus senantiasa menjaga anak yatim agar tumbuh dengan baik dan sehat.

Comment

Leave a Reply

News Feed