by

Rekomendasi Olahraga Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

KaribKerabat.com – Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat. Dengan rajin berolahraga, maka tubuh bisa terus fresh dan tidak mudah sakit. Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan secara gratis untuk membuat badan menjadi selalu fit dan sehat. Maka dari itu, penting rasanya untuk membiasakan pada anak agar menyukai kegiatan yang satu ini.

Jenis olahraga yang dilakukan untuk anak tentu harus disesuaikan dengan umur dan kemampuannya. Tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh anak. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang biasa dilakukan oleh anak-anak di Yayasan Anak Yatim di Jakarta yang juga bisa menjadi referensi untuk anak-anak Anda di rumah.

  • Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat ringan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Waktu yang paling baik untuk berjalan kaki ialah di pagi hari atau sore hari. Anak-anak di yayaysan anak yatim di Jakarta terbiasa untuk jalan kaki setiap pagi secara bersama-sama. Selain membuat tubuh menjadi lebih aktif bergerak dan sehat, berjalan kaki di pagi hari juga menyuguhkan suasana pagi yang sangat baik untuk anak. Mereka juga bisa diajak untuk melihat bagaimana suasana di lingkungan sekitar mereka.

  • Lari-lari

Lari-lari merupakan olahraga gratis yang sangat menyehatkan. Olahraga ini bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Dengan lari pagi, maka ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh anak. Lari pagi memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung.

Olahraga Anak
Lari bagi anak menyehatkan paru dan jantung/gambar:generali.co.id

Tidak hanya itu, lari pagi juga bisa menambah kekuatan otot kaki, dan yang paling penting, dengan melakukan lari pagi secara rutin, itu bisa menambah daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Yayasan anak yatim di Jakarta biasanya melakukan kegiatan olahaga lari pagi bersama setiap seminggu sekali. Pada kegiatan itu, anak-anak didampingi oleh sejumlah pengawas di yayasan anak yatim Jakarta.

  • Berenang

Olahraga selanjutnya yang disarankan untuk bisa dilakukan oleh anak-anak ialah berenang. Olahraga renang memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh anak.

Yang pertama, berenang mampu melatih kekutan otot pada anak. Itu karena saat berenang, anak harus mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk melawan gaya atau arus air. Selanjutnya, berenang mampu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru pada anak. Saat melakukan aktivitas renang, anak akan dilatih pernapasannya saat didalam air. Dan jika hal tersebut dilakukan secara rutin, itu bisa meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru anak.

  • Bersepeda

Bersepada adalah olahraga yang menyenangkan dan disukai oleh anak-anak. Olahraga yang satu ini tidak terlalu melelahkan tapi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Saat mengayuh sepeda, otot kaki akan lebih banyak bekerja sehingga membuat otot kaki lebih kuat.

Namun, yang perlu diperhatikan saat bersepeda dengan anak-anak ialah keselamatan si anak tersebut. Pastikan untuk tetap memperhatikan anak-anak agar tidak terlalui berdekatan antara sepeda yang satu dengan yang lain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian tadi ialah beberapa jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh anak-anak. Walaupun bisa dilakukan oleh anak-anak, namun saat pelaksanaannya harus tetap mendapat pengawasan dari orang dewasa. Para pengawas yang ada di yayasan anak yatim di Jakarta juga selalu mendampingi anak saat mereka melakukan kegiatan apapun, termasuk saat berolahraga. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, dan anak-anak bisa menerapkan pola hidup sehat.

Comment

Leave a Reply

News Feed