by

Tips Bersihkan 5 Titik Rumah Agar Bebas Kuman

Karibkerabat.com – Salah satu syarat rumah yang nyaman dan sehat adalah bersih dari kotoran, debu, dan noda. Agar rumah menjadi tempat yang nyaman dan sehat untuk ditinggali, sebagai pemilik harus berkala membersihkan setiap hari.

Namun, kadang kebanyakan orang melupakan untuk membersihkan beberapa lokasi di rumah sehingga area tersebut sering jadi sarang serangga, kecoa, atau nyamuk yang membawa penyakit. Abai dan lalai akan hal ini dapat membuat bakteri, kuman, dan virus tumbuh serta menyebar di kediaman kita.

Oleh sebab itu, saat membersihkan rumah jangan lupa membersihkan area-area yang luput dibersihkan agar kita semakin nyaman dan tenang tinggal di rumah.

Tirai
Tirai menjadi titik yang jarang dibersihkan padahal tirai tempatnya debu dan kotoran

Berikut ini, ada lima titik di dalam rumah yang jarang dibersihkan dilansir dari US News.

1. Mesin Cuci

Pernah merasa kehilangan aroma segar setelah mencuci pakaian? Itu dapat terjadi karena mesin cuci yang sering digunakan dalam keadaan kotor. Cobalah sesekali untuk bersihkan dengan memasukkan baking soda ke dalam mesin cuci Anda dan jalankan dengan sekali siklus putar.

2. Tirai

Digunakan untuk penghalang cahaya masuk langsung lewat jendela, tirai menjadi tempat yang mudah untuk ditempeli debu dan kotoran. Semakin lama kita tidak cuci, semakin banyak debu dan kotoran yang menempel, itu akan sangat mengganggu kesehatan, terutama untuk saluran pernapasan.

3. Kusen Pintu

Persisi dengan tirai, pintu dan kusen yang menghubungkan bagian dalam dan luar rumah sudah dipastikan berpotensi menyimpan banyak sekali debu dan kotoran, terutama di bagian-bagian sudutnya. Kita bisa membersihkan kusen pintu menggunakan lap kain atau kanebo.

4. Bawah Perabotan

Dibagian bawah perabotan rumah seperti kulkas, mesin cuci, meja, lemari, atau dipan merupakan lokasi atau tempat yang jarang sekali dibersihkan. Bukan karena kebnayakan orang tidak tahu, melainkan cara membersihkannya yang merepotkan.

Sekali-kali lakukanlah pembersihan skala besar di rumah dengan membersihkan bagian bawah perabotan yang jarang dibersihkan selama ini.

5. Alat Kebersihan

Jarang terpikirkan bagai kita untuk membersihkan alat-alat kebersihan. Meski digunakan untuk bebersih, bukan berarti alat kebersihan itu merupakan properti yang bersih. Sikat, sapu, kain pel, kemoceng, hingga tempat sampah adalah contohnya.

Cobalah selalu bersihkan seminggu sekali menggunakan air dan sabun.
Itulah beberapa lokasi dirumah yang jarang dibersihkan. Jangan lupa untuk selalu mengganti secara rutin peralatan kebersihan yang sudah mulai rusak atau tidak layak digunakan lagi.

Selain itu, juga dapat melengkapi persediaan di rumah dengan membeli berbagai produk pembersih rumah.

Comment

Leave a Reply

News Feed