by

Tips Hadapi Pasangan yang Boros

Karibkerabat.com – Bagi kamu yang dihadapkan dengan pasangan yang suka boros, jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips menghadapi pasangan yang boros.

Masalah finansial menjadi perkara penting yang harus sangat diperhatikan dalam membangun keluarga. Dalam hal ini, setiap keluarga pasti memiliki tujuan finansial yang ingin diwujudkannya.

Hidup bersama pasangan, terlebih bagi yang baru menikah harus menyatukan dua karakter yang berbeda. Satu orang ada yang rajin menabung dan yang lain suka memboroskan uang.

Tips Menghadapi Pasangan Boros
Menentukan rencana keuangan keluarga. (Foto: Pixabay)

Hal itu merupakan hal yang wajar, sebab bisa jadi seseorang masih terbawa suasana kehidupan saat masih single ke saat sudah berpasangan.

Jika dihadapakan dengan pasangan yang boros, berikut adalah beberapa tips menghadapi pasangan boros dalam menyiasati keuangan keluarga.

1. Ajak pasangan diskusi rutin perihal keuangan

Kondisi pasangan yang boros merupakan kondisi yang harus kamu terima saat mulai hidup dengan pasangan. Setidaknya, dengan menerima kondisi tersebut dapat mengurangi kejengkelan atau kekesalanmu dengan sifat borosnya.

Disamping itu, kamu juga harus terbuka dan berbicara bersama pasangan tentang keuangan rumah tangga. Sampaikan kepada pasangan bahwa kebiasaan memboroskan uang bukanlah cara yang baik dan memiliki konsekuensi di masa depan.

Diskusi dan keterbukaan menjadi cara terbaik supaya tidak terjadi pertentangan mengenai keuangan keluarga di masa depan.

2. Buat rekening khusus

Merubah kebiasaan dalam mengelola penghasilan memang tidak mudah. Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah memisahkan pengeluaran ke dalam beberapa rekening khusus.

Setidaknya ada beberapa rekening khusus yang harus kamu buat, satu rekening untuk pengeluaran rutin dan transaksi bulanan, satu rekening untuk dana darurat keluarga, dan satu rekening khusus untuk operasional dan belanja pasangan.

Hal ini bermanfaat untuk mencegah agar pasangan tidak menggunakan uang untuk membayar tagihan bulanan, cicilan kendaraan, hingga uang untuk investasi.

Tips Menghadapi Pasangan Boros
Buatlah beberapa rekening khusus untuk mencapai rencana keuangan. (Foto: Pixabay)

3. Tentukan tujuan keuangan keluarga

Sebagai upaya agar keluarga terhindar dari boros dan pembelian yang tak perlu, buatlah tujuan keuangan yang disetujui bersama pasangan setiap tahun.

Tujuan ini dibuat supaya pasangan bersama-sama lebih disiplin dan komitmen untuk mencapainya.

Buatlah tujuan keuangan sesuai berdasarkan skala prioritas kebutuhan, seperti halnya kapan mau membeli kendaraan, liburan, dan lain sebagainya.

4. Jangan lupa untuk investasi

Setelah memiliki rekening khusus dan menetapkan tujuan keuangan keluarga, sudah saatnya kamu menjalankan komitmen berikutnya untuk berinvestasi.

Sisihkan lebih banyak uang untuk berinvestasi, hal ini mengingat pentingnya investasi bagi keluarga di masa depan.

Baca Juga: Tiga Investasi yang Sering Dilupakan

Demikianlah empat tips menghadapi pasangan boros, kamu bisa melakukannya secara perlahan dan bertahan. Perlu kamu ingat, bahwa perubahan perilaku dalam diri seseorang memerlukan waktu dan proses yang panjang, dengan demikian perubahan sekecil apapun itu harus kamu apresiasi dan hargai.

Pada akhirnya, kunci utama dari semuanya ialah kesabaran dan saling menghargai satu sama lain untuk mewujudkan keuangan keluarga yang baik.

Comment

Leave a Reply