by

Tips Keuangan Agar Bisa Qurban Setiap Tahun

Karibkerabat.com, Tips Bisa Qurban Setiap Tahun – Hari Raya Idul Adha sebentar lagi akan dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Pada hari raya Idul Adha, umat Islam yang tidak berangkat haji sangat dianjurkan untuk melakukan penyembelihan hewan qurban terutama bagi yang memiliki harta lebih.

Berqurban di hari raya Idul Adha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Qurban sendiri dilaksanakan setahun sekali pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik (11, 12, 13 Hijriah).

Hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan qurban antara lain unta, sapi, dan domba atau kambing. Pada umumnya, hewan yang sering dijadikan sebagai hewan qurban di Indonesia adalah sapi dan domba atau kambing.

Hewan qurban sapi dapat ditanggung oleh 7 orang dan untuk domba atau kambing hanya untuk satu orang. Namun demikian, harga hewan qurban dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Karena itu, ada sebagian masyarakat yang keuangannya tidak mencukupi, jangankan untuk yang penghasilannya pas-pasan, untuk yang mampu saja terkadang hal ini terasa berat.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan setiap orang bisa berqurban tahun ini dan bahkan setiap tahun meskipun dengan pemasukan yang pas-pasan. Hal itu dapat terjadi asal ada niat yang tulus serta komitmen yang kuat untuk mewujudkannya.

Untuk mewujudkan mimpi berqurban setiap tahun, simak beberapa tips bisa qurban setiap tahun berikut ini.

Tips Bisa Qurban Setiap Tahun
Tips bisa qurban setiap tahun.

Hitung Biaya Membeli Qurban

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar mampu qurban tiap tahun adalah dengan menghitung biaya membeli hewan qurban terlebih dahulu. Pilihlah jenis hewan yang akan dijadikan qurban, sapi atau kambing dan pilih juga tipenya yang sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Misalnya, harga satu ekor kambing seharga Rp3 juta dihitung dengan harga kenaikan yang mungkin terjadi. Sementara untuk sapi atau kerbau misalnya satu ekor seharga Rp15 juta yang dibagi ke-7 orang sehingga per orang menyiapkan dana sekitar Rp2,5 juta.

Jangan Lupa Menabung

Setelah mengetahui berapa harga hewan qurban dan harga kenaikannya yang mungkin terjadi, usahakan agar menabung setiap bulannya. Sesuaikan jumlah tabungan dengan harga hewan qurban, misalnya perkiraan harga hewan qurban adalah 3 juta, maka untuk satu tahun kamu harus menabung sebanyak Rp250.000.

Ikut Patungan Qurban

Berqurban secara patungan untuk secara hukum diperbolehkan, sapi sendiri dapat ditanggung oleh tujuh orang. Dengan demikian, untuk berqurban sapi kamu dapat mengajak teman, tetangga, atau keluarga untuk berqurban sapi secara patungan.

Jika perkiraan harga sapi 15 juta, maka kamu dapat menyiapkan uang sekitar Rp2,5 juta untuk patungan qurban sapi. Kemudian, jika nabung selama satu tahun, kamu harus menyisihkan uangmu Rp210 ribu.

Manfaatkan lembaga sosial

Selanjutnya, untuk berqurban kamu juga dapat memanfaatkan lembaga sosial. Pasalnya, banyak sekali lembaga sosial yang menyediakan layanan qurban untuk memudahkan masyarakat dalam mewujudkan keinginanmu berqurban.

Misalnya Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang menyediakan layanan qurban bagi siapa saja masyarakat yang ingin mewujudkan ibadah qurbannya. Adapun layanan yang disediakan adalah layanan tabungan qurban, jemput qurban dan antar qurban.

Manfaat berqurban di lembaga sosial ialah kebermanfaatannya lebih luas karena daging qurban akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan hingga pelosok daerah.

Baca Juga: Tiga Layanan yang Jadikan Qurbanmu Lebih Mudah

Selain itu, lembaga sosial seperti Yayasan Rahmatan Lil-Alamin bekerja sama dengan petani lokal untuk menyediakan hewan qurban sehingga berqurban di lembaga sosial memiliki manfaat untuk memberdayakan petani lokal.

Menabung Emas dan Menanam Saham

Selain menabung uang, untuk mewujudkan keinginan berqurban kamu juga dapat menabung emas dan menanam saham. Menabung emas dapat kamu jadikan sebagai opsi karena emas cenderung memiliki harga yang stabil dan bahkan sering naik. Kemudian, menanam saham juga dapat kamu jadikan sebagai sarana menabung untuk berqurban dan juga investasi untuk masa depan.

Comment

Leave a Reply