by

Tips Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Karibkerabat.com – Hari Raya Idul Fitri identik dengan sejumlah hidangan khas lebaran mulai dari makanan ringan seperti kue lebaran hingga makanan berat seperti halnya rendang sapi dan opor ayam.

Meskipun seluruh makanan tersebut tampaknya menggugah selera, namun perlu jika dilihat dari kandungannya makanan khas kebaran biasanya tergolong ke dalam makanan yang tinggi gula maupun tinggi kalori.

Mengingat itu, untuk memelihara dan berat badan kamu dianjurkan agar mengonsumsi hidangan khas lebaran tersebut secara teratur dan tidak berlebihan.

Mengonsumsi makanan khas lebaran secara tidak teratur dan berlebihan memiliki dampak negatif terhadap kesehatan dan juga dapat menjadi penyebab naiknya berat badan selama lebaran.

Berat badan naik selama lebaran menjadi salah satu hal yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang baik pria maupun Wanita, yang mana salah satu penyebabnya ialah pola konsumsi saat lebaran yang tidak teratur.

Meski demikian, bagi kamu yang berat badannya mengalami kenaikan selama lebaran tak perla khawatir, sebab ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu menurunkan berat badan setelah lebaran sebagai berikut.

1. Hindari Konsumsi Karbohidrat Olahan

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Karbohidrat olahan merupakan karbohidrat yang telah melalui serangkaian proses pengolahan sehingga mengalami kehilangan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Hal ini menjadikan karbohidrat olahan sebagai makanan yang tinggi kalori dan miskin gizi.

Diantara jenis makanan karbohidrat olahan ialah tepung, gula pasir, sirup jagung tinggi fruktosa dan konsentra jus buah.

Jika dikonsumsi secara berlebihan olahan dapat berdampak buruk bagi kesehatan antara lain meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Karbohidrat olahan merupakan jenis karbohidrat yang perlu dihindari untuk membantu menurunkan berat badan setelah lebaran. Adapun manfaat dari meghindari karbohidrat olahan ialah membantu menekan nafsu makan, menurunkan kadar insulin, dan membantu menurunkan berat badan.

2. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan guna membantu menurunkan berat badan setelah lebaran. Adapun tiga unsur  makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan terdiri protein, sayuran, dan lemak sehat.

Pertama, protein. Secara umum kebutuhan protein laki-laki sekitar 56-91 per hari dan perempuan 56-75 gram per hari. Adapun sumber protein yang baik dikonsumsi antara lain daging, ikan laut, telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Kedua, sayuran. Sayuran merupakan jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi guna menurunkan berat badan karena kandungan serat yang ada di dalamnya. Adapun sayuran yang baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan antara lain brokoli, kol, bayam, selada, timun, tomat, dan kubis.

Ketiga, lemak sehat. Lemak sehat atau lemak baik dapat membantu kamu untuk menurunkan beratr badan. Adapun lemak sehat biasanya terdapat dalam minyak zaitun dan minyak alpukat.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain menjaga pola makan dengan menghindari konsumsi karbohidrat olahan dan menjaga asupan gizi seimbang, aktivitas fisik juga sangat diperlukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Lima Tips Makan Sehat Selama Lebaran

Salah satu jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat ialah angkat beban, yang mana aktivitas angkat beban tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Angkat beban sendiri disarankan untuk dilakukan sebantal 3-4 kali dalam seminggu. Selain itu, untuk olahraga seperti latihan kardio, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang juga dapat membantu menurunkan berat badan dan memelihara kesehatan secara umum.

Comment

Leave a Reply

News Feed