by

Empat Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Karibkerabat.com – Daya tahan tubuh memiliki peranan penting untuk menjaga Anda tetap sehat serta terhindari dari beragam infeksi dan penyakit, sebab itu kamu Anda harus mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh menjadi benteng yang dapat  melindungi Anda dari beragam penyakit, tentunya saat daya tahan tubuh turun Anda akan mudah terserang infeksi atau penyakit.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindari dari penyakit. Mulai dari beolahraga hingga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya.

Berikut adalah beberapa cara menjaga dan meninngkatkan daya tahan tubuh Anda agar tetap sehat dan terhindari dari penyakit.

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
(Foto: Unsplash/nadine-primeau)

Sayur dan buah menjadi makanan yang dipercaya dapat menjaga dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu karena kandungan vitamin dan mineralnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Olahraga secara rutin

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
(Foto: Unsplash/jenny-hill)

Berolahraga menjadi aktivitas yang penting untuk dirutinkan guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Aktivitas olahraga dipercaya dapat merangsang antibodi dan sel-sel darah putih yaitu sel kekebalan tubuh yang memiliki fungsi untuk melawan berbagai kuman di dalam tubuh yang dapat menjadi penyebab Anda terserang penyakit.

Dengan aktivitas olahraga, sel darah putih dapat bersirkulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit.

3. Atasi dan hindari stres

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
(Foto: Unsplash/francesco-moreno)

Tanpa kamu sadari stres dapat menguras banyak tenaga dan pikiran yang berujung pada turunnya daya tahan tubuh.

Hal itu terjadi karena stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang mana hormon tersebut dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Dengan demikian, sebisa mungkin atasi dan bahkan hindari stres dengan melakukan pola hidup sehat dan disiplin.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Meredakan Flu

4. Perbanyak minum air putih

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
(Foto: Unsplash/engin-akyurt)

Selain dapat menghindarkan dari dehidrasi, minum air putih juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Hal itu karena air putih dapat menyaring racun dalam tubuh. Usahakan penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan meminum air putih 8 gelas dalam sehari.

Daya tahan tubuh merupakan kunci utama dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui seluk belak tentang sistem imun tubuh.

Comment

Leave a Reply

News Feed