by

Makanan Sehat untuk Meredakan Flu

Karibkerabat.com, Makanan Sehat Untuk Meredakan Flu – Kondisi cuaca yang ada saat ini menjadikan siapa saja rentan terkena flu. Flu juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti sebab sering dikaitkan sebagai gejala dari varian baru Covid-19 yakni varian Omicron.

Flu atau influenza sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tak boleh dianggap remeh oleh siapapun.

Meski gejalanya terlihat ringan seperti halnya batuk dan pilek, gangguan kesehatan ini berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain yang jauh lebih parah.

Penyakit ini secara umum belum memiliki metode pengobatan atau penyembuhan secara khusus, tetapi siapa saja dapat mempercepat pemulihan dengan memilih menu makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan Sehat Untuk Meredakan Flu
Penyakit flu (Sumber: Pexsels/polina-tankilevitch)

Pada umumnya tubuh akan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan disaat terserang oleh virus. Namun, hal tersebut berbeda dengan virus influenza.

Virus flu terus bermutasi dengan sedikit perubahan dalam struktur DNA mereka. Hal tersebut mengakibatkan tubuh orang yang terkena mustahil untuk menciptakan kekebalan tubuhnya terhadap virus ini.

Meski demikian, bagi kamu yang terkena flu atau infuenza, kamu dapat mempercepat penyembuhan dan membantu tubuh mengatasi virus tersebut dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Berikut adalah sederet makanan sehat yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan atau mengatasi flu.

1. Sayur Sop

Makanan sehat untuk meredakan flu
(Sumber: Masakanmama.com)

Sayur sop menjadi menu makanan yang sejak lama digunakan sebagai salah satu metode pengobatan flu sejak zaman klasik.

Adapun untuk meredakan gejala flu, sayur sop baik dikonsumsi saat masih panas atau hangat, hal itu karena kuah yang panas dapat memberikan efek yang menguntungkan seperti halnya air putih dan teh panas.

Selanjutnya, kaldu ayam yang umumnya terkandung dalam sayur sop memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh yang dapat membantu meredakan pembengkakan yang terjadi pada hidung dan bagian sinus.

Sayuran yang terkadang dalam sayur sop juga memiliki antioksidan dan fitokimia yang dapat berperan untuk mempercepat proses pemulihan.

2. Bawang Putih

Makanan sehat untuk meredakan flu
(Sumber: Pixabay.com)

Bawang putih merupakan salah satu rempah atau bumbu makanan yang kaya akan antioksidan memiliki manfaat yang baik untuk meredakan gejala flu.

Antioksidan yang terkadang didalamnya menjadikan bawang putih sebagai agen antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat mempercepat proses penyembuhan pada orang yang mengalami gejala flu.

3. Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan kalium yang dapat membantu meringankan beberapa gejala atau gangguan kesehatan seperti nyeri otot dan kram, serta flu biasa.

Pisang juga dapat digunakan sebagai makanan yang dapat kamu konsumsi dalam masa transisi setelah sakit sebelum benar-benar pulih, pada masa tersebut mengonsumsi pisang memungkinkan perutmu melakukan penyesuaian tanpa merasa mual atau kembung.

4. Jus Sayur

Sayur merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak dan dapat berperan dalam mengatasi flu.

Jus sayur menjadi alternatif agar segala jenis sayuran dapat dengan mudah dikonsumsi saat kamu dalam kondisi tidak nafsu makan.

5. Ayam atau kalkun

Makanan sehat untuk meredakan flu
(Sumber: Pixabay.com)

Unggas merupakan salah satu sumber protein yang sehat dan baik untuk mencukupi kebutuhan protein saat kondisi tubuh sedang lemah.

Protein disini merupakan salah satu kandungan yang dapat memberikan energi pada tubuh untuk melawan penyakit.

Dorongan protein dalam tubuh dapat memberikan energi pada sistem kekebalan tubuh, membantu mempercepat pemulihan, serta mencegah flu datang kembali.

6. Makanan Pedas

Makanan sehat untuk meredakan flu
(Sumber: Pixabay.com)

Makanan pedas dapat menjadi makanan pilihan untuk meringankan gejala flu seperti halnya hidung tersumbat.

Saat terkena flu, pada umumnya orang-orang tidak dapat merasakan rasa makanan serta kehilangan nafsu makanan.

Untuk memperoleh makanan pedas kamu dapat menambahkan cabai rawit pada sup, mengonsumsi sayuran pedas, kari ayam, atau tumis yang pedas.

Baca Juga : Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur

Namun, saat mengonsumsi makanan pedas kamu harus berhati-hati terlebih saat terkena flu. Mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan.

7. Sayur dan buah yang kaya akan vitamin C

Manfaat vitamin C pada tubuh manusia sangatlah beragam salah satunya ialah mengatasi gejala flu.

Vitamin C dalam hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat melawan virus flu dengan baik dan menjadikanmu pulih lebih cepat dari penyakit flu.

Diatas adalah beberapa makanan sehat yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan gejala flu. Selain itu, makanan diatas juga dapat dijadikan menu makanmu dalam kehidupan sehari-hari agar lebih sehat dan terhindari berbagai penyakit.

Comment

Leave a Reply

News Feed