by

Lima Ide Bisnis Online Ini Cukup Menggiurkan Dimasa Pandemi, Apa Saja?

Karibkerabat.com, Ide Bisnis Online di Masa Pandemi – Salah satu dampak dari pandemi yang terjadi saat ini ialah berkurangnya lapangan pekerjaan yang menjadikan banyak orang kesulitan dalam mencari kerja.

Hal itu terjadi karena banyaknya perusahaan yang mengurangi jumlah karyawan di masa sulit ini. Lebih dari itu, banyak juga perusahaan yang terpaksa gulung tikar.

Dalam kondisi sulit ini, bagi kamu yang memiliki keahlian khusus atau ada sesuatu yang dapat ditukarkan dengan uang, memulai bisnis online menjadi alternatif untukmu agar tetap berpenghasilan.

Lantas, apa saja ide bisnis online yang bisa menjadi pilihanmu agar tetap berpenghasilan di masa pandemi?

Berikut adalah beberapa ide bisnis online yang dapat kamu coba aplikasikan di masa pandemi ini.

1. Menjual aksesoris sepeda

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi
(Foto: Pexels/leandro-boogalu)

Meski pamornya sedikit redup dibandingkan beberapa tahun lalu, olahraga bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh sebagian besar orang saat ini.

Harganya pun saat ini sudah mulai turun dan lebih murah dibandingkan beberapa tahun lalu yang sempat tinggi karena fenomena gowes yang nge-trend saat itu.

Olahraga sepeda dapat menjadi salah satu ide bisnis yang dapat kamu lirik di masa pandemi ini, bukan untuk jualan sepeda melainkan jualan aksesoris sepeda atau printilan lainnya.

Mulai dari helm, lampu, tas, smartphon holder atau tempat menyimpan ponsel, botol minum, sampai rack pannier untuk mengangkut barang bawaan.

Kamu dapat memasarkan aksesoris sepeda secara online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, ataupun melalui E-commerce terpercaya.

Untuk pasokan barang, kamu dapat memasoknya dari distributor atau toko aksesoris sepeda baik menggunakan sistem beli putus atau kerja sama titip jual untuk menekan pengeluaran. Kamu dapat memulai bisnis ini dengan modal mulai dari Rp10 juta.

2.Kursus Online

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi
(Foto: Pixabay)

Belajar online atau daring merupakan fenomena yang cukup pamor selama pandemi, hal itu karena pemberlakuan pembatasan sosial untuk menekan angka penularan Covid-19.

Melihat kondisi tersebut, tak heran jika platform belajar online berkembang dengan pesat dengan berbagai tawaran programnya.

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, kamu dapat meliriknya untuk memulai bisnis online dalam bidang kursus dan pelatihan online.

3. Jadi penulis konten

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi
(Foto: pexels/polina-kovaleva)

Di masa pandemi ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan digital marketing sebagai media untuk memasarkan produknya.

Berdasarkan itu, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa profesi content writer dan copywriter untuk mengisinya blognya di website untuk menaikan traffic mereka.

Nah, jika kamu memiliki keahlian dalam menulis dan menerapkan ilmu SEO, tidak ada salahnya untuk menjajal peruntungan bisnis tersebut dengan membuka jasa penulisan konten.

Kamu dapat menjadi sebagai freelencer sehingga akan mendapatkan banyak proyek tulisan dari beberapa perusahaan, apakah itu untuk keperluan di website, membuat press release untuk diangkat ke media, ataupun proyek lainnya.

Keuntungannya pun tak main-main, misalkan saja satu artikel atau tulisan diharga Rp. 40 ribu dan kamu mampu menulis 40 artikel dalam satu bulan maka uang yang kamu hasilkan sebesar Rp. 1,2 juta.

4. Membuka Toko Online

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi
(Foto: Pexels/negative-space)

Pembatasan sosial yang terjadi selama pandemi tertolong dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, yang mana dengan kemajuan tersebut terdapat banyak peluang bisnis toko online yang tak pernah sepi pelanggan.

Baca Juga: Empat Tips Mengembangkan Bisnis

Melalui toko online tersebut, kamu dapat menjual makanan ringan, baju, tas, sepatu, jilbab, vitamin, obat herbal, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya.

Dalam membuka toko online, kamu dapat memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper dengan modal yang kecil untuk meraih keuntungan yang relatif besar.

5. Virtual Assistant

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi
(Foto: Pexels/polina-zimmerman)

Virtual assistant menjadi peluang bisnis yang dapat kamu ambil selama pandemi ini. Dimana kamu dapat membantu pekerjaan orang lain secara online dalam bidang kesekretariatan hingga administrasi.

Kamu dapat menjadi asisten virtual dengan berdasarkan keahlian yang kamu miliki untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu juga dapat membuka layanan ini cukup dari rumah seperti halnya membimbing anak-anak homeschooling, menjadi personal shopper, dan beberapa keahlian lainnya.

Comment

Leave a Reply