by

7 Makanan Enak Ini Wajib di Konsumsi Saat Sakit

Karibkerbat.com – Saat sakit, membuat nafsu makan semakin berkurang. Mulai dari rasa makanan yang hambar hingga susah dikompilasi akan memakan makanan.

Tak bisa dipungkiri, jika Kita sedang sakit nafsu makan akan berkurang. Sementara kita membutuhkan banyak nutrisi agar tubuh menjadi lebih sehat. Menurut ahli gizi Bonnie Taub-Dix, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat mudah dicerna bisa menjadi pilihan.

Inilah 7 makanan yang bisa kita konsumsi untuk perawatan sedang sakit.

1. Oatmeal

Saat sakit, Kita bisa mengonsumsi oatmeal. Menurut Taub-Dix, oatmeal akan menjadi makanan enak saat Kita sedang tidak sehat.

“Jika saya suka sakit dan masih memiliki nafsu makan, saya tentu saja akan menambahkan gandum dengan satu penuh mentega almond, ricotta, atau keju cottage ke dalam suplemen guna meningkatkan asupan protein yang dapat mendukung pemulihan,” ujar Taub-Dix.

Oatmeal mampu memberikan asupan protein saat kita sakit

2. Kentang Bakar

Karbohidrat lain yang mudah dicerna mengandung kentang bakar. Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa kentang mengandung serat dan vitamin C, nutrisi yang penting untuk pemulihan. Kita bisa menambahkan protein ke dalam kentang bakar dengan topping keju atau yogurt Yunani.

3. Teh hijau

“Teh sangat menyenangkan saya kompilasi sedang tidak enak badan,” kata Taub-Dix. Teh bisa membantu Anda mendapatkan semua cairan yang Kita butuhkan, terutama jika Kita sedang demam atau perut kembung. Kehangatan pada teh juga dapat meringankan pada saat sakit tenggorokan.

Selain itu minum teh hijau semua jenis yang bermanfaat, salah satunya komposisi quercetin yang bisa membantu meningkatkan fungsi imun tubuh

4. Madu

Kita juga bisa mengkonsumsi madu. Kita bisa campur ke dalam oatmeal, yogurt atau mungkin di makan langsung. “Sifat antibakteri madu memiliki berbagai efek positif dalam penyembuhan flu,” jelas pakar kesehatan holistik, Elena Villanueva, DC. Madu juga dapat menyembuhkan batuk dan sakit pada tenggorokan.

5. Sereal

Saat kita meminta makanan yang mudah dibuat, Taub-Dix meminta Kita membeli semangkuk sereal yang enak. Kita bisa makan susu dicampur dengan almond karena dapat melancarkan pencernaan. Kita juga perlu memperhatikan jumlah seratnya.

Ukurannya 5% serat dan sedikit gula per porsi.

6. Smoothies

Untuk meningkatkan asupan cairan dan menyelaraskan beberapa buah dan sayuran tanpa mengunyah, Taub-Dix menambahkan peningkatan konsumsi smoothies. Smoothie biasanya dibuat dari bahan susu almond, ditambah dengan sayur bayam dan pisang beku, kemudian ditambah satu sendok makan mentega almond untuk asupan protein.

Smoothies terbuat dari susu almond dan buah-buahan

Atau yang lebih baik, Kita bisa membuat smoothie dari jus delima, yogurt dan strawberry. Jus buah delima mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kemudian yogurt dapat menambah protein dan lemak, mengubah smoothies menjadi makanan saat Kita benar-benar tidak memiliki nafsu makan.

7. Kacang-kacang dan biji-bijian

Saat Kita sakit tetapi tetap ingin mengunyah, Kita bisa makan kacang atau biji-bijian. Kita bisa mengonsumsi mete kacang, biji rami, biji chia, almond, dan lainnya. Karena kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin E dan seng, dua nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

Comment

Leave a Reply

News Feed