by

Widya Anggra, Desainer Aksesoris Etnik Yang Peduli Pengrajin Lokal

Karibkerabat.com – Di dunia busana, aksesoris adalah benda yang dikenakan seseorang untuk mendukung atau menjadi pengganti pakaian.

Bentuk aksesori bermacam dan banyak di antaranya terkait dengan peran gender pemakainya. Aksesori dalam bahasa Indonesia hampir selalu berarti fashion accessory dalam penggunaan dalam bahasa Inggris.

Jenis aksesori itu bermacam-macam, seperti  selendang, pin, sabuk, suspender, syal, dasi, perhiasan (anting-anting atau giwang, kalung, gelang, bros), sarung tangan, sapu tangan, tas, topi, arloji, kacamata, dan pin.

Busana tradisional memiliki aksesori khas yang biasanya dikenakan sebagai perlambang tertentu, seperti destar, sindur, tusuk konde, kembang goyang, dan keris.

Aksesoris koleksi Canting' Cantiq
Salah satu koleksi aksesoris Canting’ Cantiq by Widya Anggra

Salah satu pengusaha aksesoris etnik adalah Widya Anggra. Ketertarikan Widya akan pernak-pernik, saat  mencoba aplikasikan kristal dan batu alam pada sebuah aksesoris tahun 2011. Karena sibuk bekerja, hobby tersebut tidak berlangsung lama.

Awal tahun 2016, setelah memutuskan resign bekerja dan musibah menimpa putri pertama dan gugurnya adik di kecelakaan pesawat  Hercules 2015 lalu serta  keinginan memiliki waktu lebih banyak dengan putranyala yang memotivasi Widya menggeluti usaha aksesoris etnik ini.

Memanfaatkan perca batik dan modal yang minim, Widya membuat aksesoris dengan nuansa etnik batik dengan brand Canting’ Cantiq by Widya Anggra.

Seiring perjalanan, ide dan permintaan pasar yang terus berkembang, Widya mengkombinasikan kalung kain dengan batu alam dan mutiara pada aksesoris produksinya.

Kemudian  Widya juga menggunakan bahan logam berupa tembaga dan alpaka sebagai liontin/brooch etnik serta bekerjasama dengan pengrajin tembaga Kota Gede dan pengrajin aplaka dari Pulau Dewata.

Tahun 2017, Canting’ Cantiq mulai rutin mengikuti berbagai event bazar dan pameran di berbagai tempat di Indonesia.

Tahun 2018 Widya mendapat kesempatan ikut beberapa event besar di dalam negeri maupun luar negeri.

Widya juga mulai mendapat tawaran mengisi kelas-kelas workshop di berbagai kesempatan baik di Jakarta maupun luar kota, mulai mengajar di kegiatan arisan, hingga mengajar di lembaga TNI dan  beberapa instansi pemerintah.

Widya hanya membuat produk berdasarkan pesanan (PO) dan menjaga ekslusivitas, pada tahun 2019 ini brand Canting’ Cantiq banyak diminta customer untuk mendesignkan aksesoris sesuai kebutuhan event mereka.

Koleksi Canting’ Cantiq by Widya Anggra menyesuaikan busana yang akan dipakai, juga diminta mensuport aksesoris beberapa rekan designer yang akan menggelar fashion show.

Pada fashion show di ajang Indonesia Top Model 2019 bersama Batik Sakera, Canting’ Cantiq menjadi salah satu pendukung acara dengan menjadi pelengkap aksesoris semua peragawan dan peragawati yang tampil.

Comment

Leave a Reply

News Feed