by

Bingung Membuat Resolusi di Tahun 2020? Ini Tipsnya

Karibkerabat.com – Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan. Resolusi juga berarti pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Kebiasaan membuat resolusi untuk tahun depan kerap dilakukan banyak orang. Namun, resolusi tahun baru hanya akan sia-sia jika tidak dibarengi aksi dan evaluasi.

Pergantian tahun dari 2019 ke 2020 biasanya diikuti dengan resolusi yang dicanangkan. Diharapkan resolusi tahun 2020 ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hal yang biasa dipersiapkan menjelang tahun baru adalah resolusi tahun baru yang lebih baik dari tahun kemarin.

Memasuki tahun baru menjadi saat yang tepat untuk membuat resolusi atau suatu perubahan. Tentu saja ingin menjadi pribadi baru yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Resolusi tahun baru dapat dilakukan dengan membuat daftar kekurangan yang kita lakukan di tahun 2019. Kemudian, kita dapat membuat daftar harapan-harapan perubahan, serta tujuan yang akan dicapai di 2020.

Resolusi harus ditulis dengan jelas dan realistis. Resolusi tahun baru yang kerap dituliskan banyak orang bisa dimulai dari hidup lebih sehat, menabung, memiliki barang impian, mobil, rumah, mencari pekerjaan baru, berbisnis, berangkat umroh serta mencari jodoh.

Lalu, bagaimana cara membuat resolusi tahun baru 2020 yang efektif? Simak caranya berikut ini!

1. Renungkan kekurangan di tahun lalu

Renungkan kekurangan kita di tahun 2019 ini, agar kita dapat dengan mudah merencanakan resolusi yang lebih di tahun 2020.

Misalnya, belum melakukan pola hidup yang sehat, belum mencapai suatu jabatan yang diinginkan di kantor atau memiliki banyak waktu bersama keluarga. Maka, jadikanlah hal-hal yang belum dicapai tersebut sebagai resolusi tahun depan.

2. Susun rencana untuk mencapai resolusi.

Setiap resolusi yang telah disusun harus dirancang cara untuk meraihnya dengan rencana yang matang.

Misalnya, untuk hidup sehat, kita harus membuang semua bahan makanan tidak sehat yang ada di rumah dan menggantinya dengan makanan yang sehat seperti buah, sayur dan bahan makanan yang menyehatkan. Ini langkah pertama yang bagus.

3. Susun daftarnya, biar sedikit yang penting fokus

Daripada membuat terlalu banyak daftar, lebih baik pilih resolusi secara spesifik. Konsentrasilah mengubah dan mencapai satu-dua hal secara maksimal. Itu membuat semakin besar kesempatan kita mewujudkan resolusi tersebut. Lebih baik mencapai sedikit perubahan dari resolusi yang dicanagkan daripada tidak sama sekali.

4. Buat resolusi yang masuk akal/realistis

Pertimbangkan resolusi yang telah disusun, kira-kira hal yang memang bisa dicapai dalam kurun waktu satu tahun, sehingga resolusi tersebut terwujud tidak berakhir hanya menjadi mimpi.

5. Cari penyemangat untuk mewujudkannya

Biar lebih semangat dan berhasil mewujudkan resolusi, pertimbangkan untuk memiliki teman dengan resolusi yang serupa sehingga bisa saling mengingatkan dan saling menyemangati.

Bisa juga mencari tokoh inspiratif yang bisa membuat kita semakin semangat dalam mengejar dan mewujudkan resolusi.

6. Tulis dan pajang

Semakin sering melihat tulisan resolusimu, maka keinginan dan harapan mewujudkannya akan semakin besar. Tentunya ini akan membuat kita lebih semangat lagi.

7. Rencanakan reward ketika berhasil meraihnya

Ini hal yang sangat penting, agar kita semakin fokus dalam meraih tujuan, janjikan reward untuk diri sendiri, dengan begini kitapun tidak jenuh dan selalu termotivasi untuk mencapai resolusi kita lainnya.

Misal, ketika kita berhasil meraih jabatan yang diinginkan, berjanjilah pada diri sendiri untuk meluangkan waktu bersama istri dan anak-anak sebagai hadiahnya.

Jadi, Sudah siap merencanakan resolusi tahun 2020?

Agar kita terus mengingatnya, pastikan telah mencatatnya di buku agenda harian atau di note ponsel. Dengan begitu, kita akan terus ingat dan semakin bersemangat dalam meraihnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed