by

5 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat

Karibkerabat.com–Pernah nggak kalian mendengar orang-orang mengeluh begini, “baru baca kok lupa lagi?”, “kunci taruh dimana ya?” pelajaran ini susah banget dihafalinnya, dan banyak keluhan lainnya. Semua gara-gara daya ingat (memori) yang bermasalah.

Penyebabnya macam-macam, misalnya stress (banyak pikiran), bad mood, dan kesehatan terganggu, kurang konsentrasi dan bayak faktor penyebab lainnya. meskipun begitu, kalian tidak usah khawatir, sebab semua ada solusinya bagaimana meningkatkan daya ingat dengan mudah.

Memang ada juga manfaat orang lupa, bayangkan jika manusia mengingat semua detail apa yang dilihat dan didengarnya, otaknya pasti akan overload dan hang sebagaimana laiknya komputer yang terlalu banyak program di dalamnya.

Karena itu, manusia akan mengingat apa yang menurutnya penting dan menarik saja, sebaliknya yang tidak penting dan menarik akan lupa begitu saja. Pertanyaannya, apakah ada teknik atau cara meningkatkan daya ingat seseorang yang sesuai pola kerja otak manusia? jawabanya ada. Nah, berikut 5 tips atau cara meningkatkan daya ingat tanpa harus mengeryitkan dahi.

1. Rileksasi dan Berkonsentrasi

sebelum belajar, pastikan kalian dalam kondisi rileks dan konsentrasi. Memang terkesan sepele, tapi ini cukup mendasar sebab berkaitan dengan daya kerja otak. Otak atau pikiran yang rileks dan suasana hati yang baik akan berpengaruh pada proses belajar atau mengingat materi pelajaran atau hal lainnya. Otak yang tegang dan stress membuat daya ingat kita menurun.

Kita tahu, dalam otak kita kenal beberapa jenis gelombang otak yaitu Delta (0.5 – 4 Hz), Theta (4-7,5 Hz), Alpha (7,5 – 12,5 Hz), Beta (12,5-30 Hz),dan Gammas (30-100 Hz). Gelombang otak yang paling baik untuk belajar adalah alpha saat pikiran dalam kondisi rileks dan santai. Saat pikiran santai, maka perhatian atau konsentrasi kita pun akan meningkat. Inti dari daya ingat adalah perhatian yang lebih pada sesuatu (konsentrasi).

2. Visualisasikan

Manusia lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat visual daripada tekstual. Orang lebih cenderung memperhatikan gambar, simbol dan kode daripada harus membaca teks. Kenapa anak kecil lebih menyukai membaca komik daripada membaca buku teks?karena komik menampilkan visualisasi yang menarik perhatian dan minat anak-anak. Bandingkan misalnya buku teks pelajaran yang hanya berisi teks tanpa gambar, bagi anak-anak ini cukup membosankan.

Nah, cara terbaik dalam mengingat berbagai hal terutama pelajaran adalah dengan menggunakan teknik visualisasi. Visualisasi atau penggambaran adalah mengubah teks (hafalan) menjadi bentuk simbol, gambar, kode. Contohnya, rumah makan diubah menjadi simbol sendok-garpu, masjid menjadi bintang-bulan sabit, dan lain-lain.

Begitu pun istilah asing berbahasa inggris yang hendak kita hafal,misalnya penemu radio adalah Marconi. cara menghafalnya dengan mengubah Marconi menjadi makaroni (makanan) di taruh dekat radio semua dalam bentuk visual di otak. Keduanya dalam bentuk simbol/gambar/kode tanpa teks. Teknik visualisasi akan meningkatkan daya ingat.

3. Konsep Mnemonik

Konsep ini sering dikenal dengan istilah ‘jembatan keledai”. Cara ini juga bisa membantu kita dalam mengingat materi dengan membuat jembatan keledai. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain :

  • Membuat akronim atau singkatan, contoh menghafal warna cukup dengan menyingkat menjadi mejikuhibiniu.
  • Memilah milah angka atau istilah menjadi beberapa bagian sehingga mudah mengingatnya seperti mengingat momor HP dan angka-angka panjang lainnya.

4. Linking atau assosiatif

cara efektif untuk mengingat adalah dengan menyambungkan satu hal dengan hal lainnya. Peristiwa atau pengalaman kita yang dahulu dengan pengalaman yang lain disatukan menjadi sebuah cerita. Ceritanya bisa masuk akal bisa juga tidak. Lebih baik lagi apabila cerita yang dirangkai tersebut menarik dan berkesan atau menggugah emosi.

Manusia pada dasarnya menyukai cerita daripada informasi langsung. Ketika misalnya orang dewasa (orang tua) ingin memberi pelajaran kepada anak-anak maka cara yang berkesan tentunya dengan memberinya cerita (kisah) daripada harus to the point. Cerita adalah jembatan penghantar informasi yang sangat efektif (storytelling).

5. Menyanyikan dan mengulang (repetition)

Selain empat cara di atas, yang tak kalah penting dalam meningkatkan daya ingat adalah dengan menyanyikannya (singing) dan mengulang (repetition). Teknik ini bisa digunakan pada materi-materi panjang dan asing ditelinga kita. Contohnya ketika kita hendak menghafal nama-nama Allah (asmaul husna) dan nama-nama Nabi Muhammad (Asmaun Nabi) maka kita bisa memakai teknik menyanyi dan mengulang-ulang hingga pada akhirnya menjadi kebiasaan dan masuk ke pikiran bawah sadar.

Itulah 5 tips sederhana yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan daya ingat yang dirangkum dari berbagai buku dan pengalaman memberikan pelatihan teknik ini kepada para siswa-siswa dan umum. Akhirnya, semua kembali kepada diri kita masing-masing, ala bisa karena biasa, practice makes perpect. (ht)

Comment

Leave a Reply

News Feed