by

7 Amalan Ini Pahalanya Mengalir Terus, Apa Saja

Tujuan dari penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT melalui berbagai amal shaleh yang dapat dikerjakannya. Ada beberapa amalan yang pahalanya terus mengalir yang dapat dikerjakan oleh seorang Muslim, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Karibkerabat.com – Setiap amalan yang dikerjakan oleh seorang Muslim akan Allah balas dengan pahala kebaikan yang berlipat ganda. Sebagai syaratnya, setiap amal yang dikerjakan harus dilakukan secara ikhlas hanya mengharap keridhoan-Nya.

Pahala kebaikan sebuah amal shaleh yang dikerjakan oleh seorang Muslim akan menjadi pemberat timbangan kebaikannya kelak di hari perhitungan.

Tentunya, setiap Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal shalehnya sebagai bentuk persiapan untuk kehidupan akhiratnya kelak.

7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir

Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir

Beberapa amalan ada yang pahalanya terus mengalir meskipun seorang pelaku amal tersebut telah meninggal dunia. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW. dalam hadits berikut ini.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ada tujuh amalan yang akan mengalir pahalanya bagi seorang hamba, meskipun ia berbaring di lubang kuburan setelah meninggal: (1) mengajarkan ilmu, (2) mengalirkan air sungai, (3) membuat sumur, (4) menanam kurma, (5) membangun masjid, (6) membagikan mushaf Al-Qur’an, atau (7) meninggalkan anak yang akan memintakan ampun baginya setelah ia meninggal. “ (HR. Al-Bazzar. Dinilai hasan oleh Al-Albani)

Selengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun pelakunya telah meninggal dunia.

1. Mengajarkan Ilmu

Ilmu menjadi bagian terpenting dalam kehidupan dunia sebagai arah mata angin yang akan menunjukan jalan-jalan yang lurus bagi setiap Muslim. Mengajarkan ilmu disebutkan sebagai amalan yang pahalanya terus mengalir, yang mana dengan ilmu yang diajarkan tersebut seseorang akan memahami ilmu agama, mengenal Rabb-Nya dan mengerjakan berbagai amal shaleh.

2. Mengalirkan Air Sungai

Air memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan umat manusia, berbagai kebutuhan manusia mulai dari perkara ibadah, thaharah hingga kebutuhan pangan sebagian besar memerlukan air di dalamnya.

Mengalirkan air sungai menjadi amalan yang mulia, maksud mengalirkan air sungai disini ialah mengalirkan air dari sumber mata air atau sungai ke tempat-tempat penduduk sehingga dapat menjadi pencukup dari kebutuhannya.

Air sendiri dapat dimanfaatkan untuk bersuci, memasak, menyiram tanaman, dan bahkan untuk kebutuhan hewan dan tumbuhan.

3. Membuat Sumur

Selanjutnya, amalan yang pahalannya terus mengalir ialah membuat sumur. Sebagai salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan orang banyak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari memasak, mencuci hingga bersuci, membuat sumur dan dimanfaatkan oleh orang banyak akan menjadi amalan yang pahalanya terus mengalir.

Selama sumur tersebut dapat dirasakan manfaatnya, pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang membuatnya meskipun ia telah meninggal dunia.

4. Menanam Pohon Kurma

Pohon kurma merupakan salah satu pohon yang baik, buahnya juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ataupun kesehatan.

Siapa saja yang menanam pohon kurma dan buahnya dapat diambil dan dikonsumsi oleh kaum muslimin, maka pahalanya akan tetap mengalir selama buahnya dimanfaatkamn untuk dikonsumsi.

Hal ini juga berlakuk bagi seluruh jenis tanaman yang apabila ditanam, maka akan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Disebutkannya pohon kurma dalam hadits diatas ialah karena adanya keutamaan dan keistimewaan tersendiri pada pohon kurma.

5. Membangun Mesjid

Membangun mesjid sehingga dapat digunakan oleh orang banyak untuk beribadah merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir.

Hal itu terjadi ketika mesjid telah dibangun dan salat didirikan didalamnya, Al-Quran dibacakan di dalamnya, dzikrullah dilantunkan, ilmu disyiarkan, dan ibadah lainnya yang dilakukan dalam mesjid, maka bagi orang yang membangunnya akan mendapatkan seluruh pahala tersebut.

6. Membagikan Mushaf Al-Quran

Membagikan mushaf Al-Quran kepada para santri ataupun ke mesjid, pesantren, dan majelis merupakan salah satu amal shalih yang dianjurkan dan pahalanya terus mengalir.

Orang yang membagikannya akan mendapatkan pahala setiap ada orang yang membaca, mentadaburi, dan mengamalkan isi Al-Quran tersebut.

Baca Juga: Enam Tips Rajin Tunaikan Zakat Tepat Waktu

7. Mendidik Anak Sehingga Menjadi Anak Shaleh

Mendidik anak agar besar dalam keimanan dan ketakwaan sehingga menjadi anak baik dan shaleh merupakan salah satu tugas dari orang tua.

Kelak mereka akan berdoa dan memohon ampunan serta rahmat untuk kedua orang tuanya.

Demikianlah, beberapa amalan yang pahalanya akan terus mengalir meskipun seorang pelakunya telah meninggal dunia.

Bagi sahabat yang tertarik untuk menjadi bagian dari mengalirnya sumber mata air di daerah pedalaman Kabupaten Bogor, sahabat bisa turut ambil bagian dalam program “Pembangunan Sumur Air Bersih untuk Warga Kampung Cimendo” dapat ambil bagian dengan mengakses tautan ini.

Comment

Leave a Reply