by

Sejumlah Manfaat Pengelolaan Sampah yang Baik, Apa Saja?

Karibkerabat.com – Sampah rumah tangga adalah sampah yang berasal dari kegiatan sehari-hari di rumah tangga yang tidak termasuk tinjak dan sampah spesifik lainnya.

Jika tidak dikelola dengan baik, sampah rumah tangga dapat menjadi sumber kerusakan lingkungan, bukan hanya disekitar rumah namun memiliki dampak yang luas.

Berbicara soal dampak, pengelolaan sampah rumah tangga yang tidak baik dapat menimbulkan banyak dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup besar yang mungkin dapat dirasakan ialah rusaknya ekosistem di dalam lingkungan rumah dan lingkungan secara luas.

Berdasarkan itu, setiap individu wajib memiliki kesadaran untuk mengelola sampah dengan baik dan bahkan mengubah kebiasaannya menjadi lebih ramah lingkungan.

Dalam prosesnya, pengelolaan sampah yang baik dan benar sangat memerlukan kegigihan dan kesabaran dalam melakukannya sehingga terciptalah berbagai manfaat uang dihasilkan dari proses pengelolaan sampah tersebut.

Manfaat Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang Baik

Kesadaran terhadap pengelolaan sampah rumah tangga yang baik dan benar memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan. Berikut adalah beberapa manfaat pengelolaan sampah rumah tangga dengan baik dan efektif.

1. Terhindar dari berbagai penyakit

Perlu diketahui bahwasannya pengelolaan sampah yang baik dapat menghindarkan tubuh daru beberapa infeksi yang disebabkan oleh parasit, bakteri dan virus. Perlu diketahui, beberapa penyakit yang mungkin menular karena pengelolaan sampah yang tidak baik antara lain salmonellosis, shigellosis, keracunan makanan stafilokokus, infeksi kulit, pes, leptospirosis, demam berdarah, malaria dan tetanus.

Jika sampah tidak dikelola dengan baik, maka yang terjadi adalah berserakannya sampah dan juga terjadinya penumpukan sampah. Kemudian, dari tumpukan sampah tersebut akan menjadi tempat berkembang biaknya hewan penyebar penyakit seperti nyamuk, kecoa, lalat, dan tikus. Melalui hewan-hewan tersebutlah berbagai sumber penyakit yang ada menginfeksi manusia.

2. Memudahkan proses daur ulang sampah

Daur ulang sampah merupakan salah satu cara pengelolaan limbah anorganik yang dihasilkan masyarakat. Sampah organik sendiri merupakan jenis sampah yang sulit terurai, namun ia dapat didaur ulang menjadi benda yang memiliki nilai manfaat kembali.

Proses daur ulang sampah yang pada dasarnya cukup mudah seringkali terhambat oleh pemilahan sampah atau pengelolaan sampah yang belum tepat. Sebab itu, pengelolaan sampah yang benar dapat menjadi faktor yang mempermudah jalannya proses daur ulang sampah.

3. Mengurangi risiko terjadinya banjir

Pengelolaan sampah yang baik dapat meminimalisir risiko terjadinya bencana banjir, yang mana banjir sendiri salah satu penyebabnya adalah adanya penyumbatan saluran air. Berdasarkan beberapa penelitian, banjir yang terjadi saat turunnya hujan di beberapa perumahan padat penduduk disebabkan oleh tumpukan sampah yang kemudian menyumbat saluran air.

Hal ini kemudian menjadi salah satu alasan penting untuk melakukan pengelolaan sampah yang baik. Pengelolaan sampah yang baik tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan cara memilah sampah dari rumah yang kemudian disalurkan ke tempat daur ulang sampah agar tidak terjadinya penumpukan sampah.

4. Menciptakan jenis energi baru

Pengelolaan sampah dengan baik dan benar memungkinkan terjadinya penghematan energi. Sampah yang sudah dipilah dengan baik, dalam hal ini dapat dijadikan berbagai bahan energi mulai dari bahan bakar hingga pupuk kompos.

Sampah atau limbah plastik dapat dijadikan sebagai bahan baku yang dioleh dengan cara pirolisis menjadi bahan bakar minyak (BBM) sehingga dapat menghemat energi dan kemudian mengurangi adanya pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastik.

Pirolisis sendiri adalah pemanasan pada kondisi bebas oksigen. Dalam proses pirolisis komponen organik dalam bahan dapat berguna sebagai bahan bakar atau sumber bahan kimia.

5. Menjadi peluang usaha

Jika dikelola dengan baik, sampah yang dihasilkan memiliki nilai ekonomis dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha.  Hal ini dapat dimulai dengan  mempertimbangkan beberapa cara pengelolaan sampah plastik, seperti mengolahnya menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga: Cara Sederhana Mengurangi Polusi Udara

Demikianlah beberapa manfaat dari pengelolaan sampah yang baik dan benar yang dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Perlu disadari, bahwa dampak jangka panjang dari pengelolaan sampah yang baik dan benar ialah menyelamatkan bumi dari berbagai ancaman kerusakan yang bisa kapan saja terjadi.

Sumber:

“Lima Manfaat Pengelolaan Sampah yang Baik”. Diakses dari https://dlh.semarangkota.go.id/.

“Ketahui Manfaat Pengelolaan Sampah Rumah Tangga”. Diakses dari https://waste4change.com/.

“Jenis Penyakit yang Muncul Karena Buang Sampah Sembarangan”. Diakses dari https://www.halodoc.com/.

Comment

Leave a Reply