by

6 Cara Alami untuk Mengurangi Kecemasan Berlebih

Karibkerabat.com – Kecemasan yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman, rasa sakit, atau gelisah merupakan bentuk emosi yang terjadi. Bentuk emosi ini merupakan respons alami tubuh terhadap stres.

Para peneliti meyakini bahwa perasaan takut atau khawatir yang merupakan output dari perasaan cemas yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetika, lingkungan, hingga zat kimia dalam otak.

Seacara umum, seseorang yang merasakan kecemasan dalam dirinya mengalami gejala peningkatan denyut jantung, pernapasan cepat, kegelisahan, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Kecemasan pada dasarnya merupakan hal yang wajar terjadi sebagai respon terhadap stres atau sesuatu yang baru. Namun, hal itu akan berbeda ketika rasa cemas tersebut sampai ke titik yang tidak terkendali atau berlebihan yang kemudian mulai mempengaruhi kualitas hidup seseorang, hal bisa dikatakan sebagai gangguan kecemasan.

Adapun orang yang mengalami gangguan kecemasan ia mengalami beberapa gejala seperti gangguan panik, gangguan stres paskatrauma, gangguan obsesif kompulsif, kecemasan akan perpisahan, kecemasan penyakit, gangguan kecemasan umum, serta gangguan kecemasan sosial.

Baca Juga: Cara Terbaik Mengatasi Quarter Life Crisis

Cara Alami Mengurangi Kecemasan

Cemas pada dasarnya merupakan bentuk emosi yang wajar dirasakan oleh seorang manusia. Cemas juga tak selamnya berdampak buruk, ada kalanya perasaan ini menjadi pendorong bagi seseorang untuk hidup lebih baik dan segera menyelesaikan masalah.

Namun, jika berlebihan rasa cemas tersebut dapat berubah menjadi gangguan kecemasan. Saat kamu merasa cemas, kamu dapat mengatasi kecemasan dengan cara alami mengurangi kecemasan berikut ini.

1. Tarik Napas Dalam dan Panjang

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas adalah dengan mengambil napas panjang. Cara sederhana ini dipercaya dapat membantu tubuh kamu lebih rileks sehingga stres dan kecemasan secara berangsur akan berkurang.

Kamu dapat melakukan latihan pernapasan setiap hari atau setiap kali kamu merasakan kecemasan. Caranya, ambil napas panjang melalui hidung, kemudian tahan selama beberapa detik lalu hembuskan napas melalui mulut secara perlahan.

2. Tetap Aktif dengan Berolahraga

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa orang dengan gangguan kecemasan yang melaporkan aktivitas fisik tingkat tinggi lebih terlindungi dari gejala kecemasan yang berkembang.

Dalam hal ini, olahraga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Pasalnya, olahraga dipercaya dapat menurunkan hormon stres seperti kortisol. Hal ini kemudian menjadikan olahraga dipercaya mampu mengurangi perasaan cemas.

Selain itu, aktivitas fisik atau olahraga secara rutin akan membantu meningkatkan hormon endorfin yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan perasaan senang.

Agar terhindar dari kecemasan dan dampak buruk dari gangguannya, kamu perlu berolahraga secara rutin dan teratur. Kamu dapat memilih olahraga yang ringan seperti berenang, jalan kaki, yoga, atau sekedar berjemur di luar rumah.

3. Tetap Berpikir Positif

Salah satu penyebab terjadinya perasaan cemas adalah pikiran negatif tentang sesuatu hal yang baru atau akan terjadi pada dirimu. Padahal, apa yang kamu pikirkan belum tentu akan terjadi.

Selain itu, pikiran negatif juga dapat menjadi salah satu penyebab semakin buruknya kecemasan yang kamu alami, untuk itu kamu perlu melawannya dengan tetap menanamkan pikiran positi dan mengubah segala sesuatu ke arah yang positif.

Misalnya, saat kamu merasa cemas untuk melaporkan hasil kerja ke atasan, kamu dapat menjadi rasa cemas tersebut menjadi motivasi untuk memberikan yang terbaik kepada atasanmu.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

4. Batasi Asupan Kafein

Kafein bukanlah asupan yang tepat bagi seseorang yang sedang memiliki kecemasan. Pasalnya, kafein dapat menyebabkan kegugupan dan kegelisan, keduanya tentu tidak baik jika kamu sedang mengalami perasaan cemas.

Penelitian telah menunjukkan kafein dapat menyebabkan atau memperburuk gangguan kecemasan. Ini juga dapat menyebabkan serangan panik pada orang dengan gangguan panik. Mulailah mengganti minuman ini dengan air putih untuk menghilangkan dahaga. Ini tidak hanya akan memuaskan kebutuhan tubuh Anda untuk minum cairan, tetapi juga akan membantu mengeluarkan kafein dari tubuh Anda dan membuat Anda tetap terhidrasi.

5. Bicarakan dengan orang lain

Langkah berikutnya adalah membicarakan apa yang kamu rasakan kepada orang lain. Carilah orang yang tepat dan dapat kamu percaya untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan dan cemaskan.

Siapa tahu, mereka punya solusi yang tepat untuk masalah yang kamu hadapi sehingga memberikanmu perasaan tenang.

6. Lakukan hal yang Kamu Senangi

Lakukanlah hal-hal yang kamu senangi sebagai upaya untuk menyenangkan diri. Hal ini dapat membantu tumbuh dalam memproduksi hormon oksitosin yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

Pilihlah aktivitas yang kamu sukai dan tetap menyehatkan seperti nonton film, mendengarkan musik, jalan-jalan, bernyanyi dan sebagainya. Kamu juga dapat melakukan aktivitas yang kamu sukai bersama dengan orang terdekat.

Sumber:

“Cara Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan”. Diakses dari https://hellosehat.com/.

“Natural Wasy To Reduce Anxiety”. Diakses dari https://healthline.com/

Comment

Leave a Reply