by

Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Karibkerabat.com – Bekerja merupakan bagian terpenting bagi sebagian besar orang untuk bertahan hidup dan mencukupi berbagai kebutuhan baik secara pribadi ataupun kebutuhan keluarga.

Dengan bekerja, sudah menjadi hal yang pasti setiap orang akan mendapatkan penghasilan atas apa yang telah dikerjakan olehnya.

Tempat kerja yang nyaman adalah tempat kerja yang tentunya diimpikan oleh setiap pekerja, baik dari kondisi lingkungan kerja ataupun dari sisi penghasilannya.

Namun, karena berbagai target pencapaian terkadang pekerjaan menjadi beban dan bahkan tekanan bagi para pekerja itu sendiri.

Lingkungan kerja yang penuh dengan tekanan dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan para pekerja tidak memiliki kesejahteraan psikologi yang optimal, hal ini dapat menjadi pemicu terjadi stres yang tinggi dan burnout. Hal tersebut juga dikhawatirkan dapat menurunkan produktivitas para pekerja.

Pada dasarnya tekanan dalam lingkungan kerja merupakan hal umum dan pasti akan terjadi dalam dunia kerja, hal itu dikarenakan berbagai target dan tujuan yang dimiliki oleh instansi tempat bekerja.

Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja
Menjaga kesehatan mental dengan mengonsultasikan beban dan tekanan kerja ke HRD/Pimpinan kerja. (Foto: Pixabay)

Namun, dalam hal ini kita harus menyikapi  beban dan tekanan kerja ini dengan baik untuk tetap menjaga kesehatan mental kita di tempat kerja.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

1. Menjaga keseimbangan antara bekerja dan kehidupan pribadi

Keseimbangan menjadi salah satu hal yang perlu kamu jaga dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pekerjaan. Untuk menjaga keseimbangan antara bekerja dan kehidupan pribadi kamu dapat melakukannya dengan menghindari bekerja berlebihan dan melakukan hal yang disukai untuk mengurangi stres setelah kamu bekerja.

2. Tetap kelola stres

Stres menjadi salah satu kondisi yang pasti akan timbul dalam dunia kerja. Jika tidak dikelola dengan baik stres akan semakin berat dan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan mentalmu.

Dalam mengelola stres kamu dapat memulainya dengan mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga, serta memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja
Jaga kesehatan mental di tempat kerja dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

3. Konsultasi dengan atasan

Apabila kamu merasa beban dan tekanan pekerjaan berada dibatas kemampuanmu, maka segera bicarakan dengan atasan atau HRD tempat kamu bekerja. Berikanlah alasan yang kuat dan logis mengapa pekerjaan tersebut memberatkanmu dan tawarkan juga solusinya.

Hal ini jauh lebih profesional dan bisa menghasilkan langkah-langkah solutif agar kesehatan mental kamu selama bekerja tetap terjaga. Selain itu, langkah ini juga lebih baik dibanding kamu memendamnya sendirian yang dampaknya lebih buruk dari apa yang kamu pikirkan.

4. Istirahat sejenak dari rutinitas kerja

Jika kamu merasa beban dan tekanan kerjamu berat, tak ada salahnya kamu mengambil cuti dan istirahat sejenak dari kesibuikan pekerjaanmu untuk menghindari stres dan burnout.

Tak perlu liburan jauh, kamu dapat menghabiskan waktu cutimu bersama keluarga atau orang terdekat dan juga mengerjakan yang kamu sukai.

Baca Juga : Mengenal Forest Bathing, Terapi Alam Ala Orang Jepang

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mentalmu saat bekerja. Stres dalam pekerjaan jika disikapi dengan baik justru akan menjadikanmu lebih produktif dan mencintai pekerjanaanmu.

Ada satu hal penting yang bisa menjaga kesehatan mental dan menambah kebahagiaanmu yakni dengan menebar manfaat atau berbagi terhadap sesama.

Sekecil apapun itu, apa yang kamu berikan akan bermanfaat dan memberikan dampak positif pada kesehatan mentalmu. Caranya mudah, kamu cukup dengan mengakses tautan ini untuk berbagi terhadap dan menebar kebaikan dengan sesama.

Comment

Leave a Reply