by

8 Cara Menghadapi Orang Toxic untuk Menjaga Kesehatan Mental

Cara menghadapi orang toxic sangat kamu perlukan agar kamu tidak terjebak dalam hubungan toxic serta kesehatan mental lebih terjaga.


Karibkerabat.com – Sebagian besar orang termasuk kamu mungkin pernah berhubungan dengan orang toxic, baik dalam ruang lingkup pertemanan, asmara, ataupun dalam lingkungan kerja.

Dihadapkan dengan orang toxic tentu dapat menjebabkan hidup kamu menjadi tidak tenang. Selain itu, kamu juga dapat dijadikan serba salah dalam melakukan tindakan sehingga lambat laun berhubungan dengan orang toxic dapat  menyebabkan kesehatan mentalmu terganggu.

Melansir dari klik dokter, Psych Central mengatakan bahw perialku toxic ditandai seseorang yang bersikap manipulatif, egois, atau kerap berusaha mengendalikan orang lain.

Terjebak dalam hubungan dengan orang toxic dapat menyebabkan kamu memiliki konflik, stres, tidak nyaman, bahkan menimbulkan rasa sakit emosional atau fisik.

Cara Menghadapi Orang Toxic

Cara Menghadapi orang Toxic

Orang toxic dapat kamu temukan dimana saja, dalam hal ini kamu perlu melakukan tindakan tegas agar orang toxic bisa menghentikan kebiasaan buruknya.

Berikut adalah beberapa cara menghadapi orang toxic yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna membangun hubungan positif dan menjaga kesehatan mental.

1. Kenali Ciri orang Toxic

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi orang toxic ialah dengan mencoba untuk mengenali berbagai ciri orang toxic.

Caranya, kamu dapat menuliskan lima nama orang yang membuat anda merasa buruk.

Kemudian, tulis juga sifat yang dimiliki orang tersebut. Saat melakukan hal itu, kamu mungkin dapat menemukan beberapa sifat seperti suka menghakimi, keras kepala, atau kritis.

2. Tetapkan Batasan Diri

Selanjutnya, kamu dapat  membuat batasan diri yakni dengan membatasi interaksi atau hubungan.

Hal ini ditujukan agar dapat meminimalisir sikap toxic yang dilakukan orang lain terhadap dirimu.

Caranya ialah kamu dapat mengambil langkah tegas dengan menghindarin interaksi secara langsung dengan orang toxic tersebut. Misalkan ketika orang tersebut mengajak bicara, kamu bisa mengatakan bahwa kamu sedang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak untuk bicara.

3. Tanamkan dalam Diri Bahwa Kamu Berhak Bahagia

Salah satu tanda dari orang toxic ialah cenderung iri dan tidak suka melihat orang lain termasuk kamu bahagia.

Berdasarkan hal itu, terkadang mereka mengeluarkan pendapat atau kata-kata kasar yang dapat menyakiti perasaanmu.

Jika hal itu terjadi pada dirimu, langkah terbaik yang dapat kamun lakukan ialah dengan menutup telinga dari ungkapan tersebut.

Selanjutnya, tanamkan dalam diri bahwa kamu berhak bahagia dan orang toxic tersebut tidak akan memikirkan kebahagiaanmu.

4. Jangan Penasaran dengan masalah orang tersebut

Orang-orang toxic mungkin memiliki kecenderungan yang besar untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapinya dan berusaha melibatkan kamu dalam masalahnya.

Padahal, jika disadari kamu tidak ada hubungan sedikitpun dengan masalah yang sedang dihadapinya.

Adapun cara melepaskan diri dari orang seperti itu tidak menanyakan atau mencari tahu masalah yang sedang mereka hadapi.

Dalam hal ini kamu juga dapat memberanikan diri untuk berkata tidak untuk terlibat dalam masalah orang tersebut.

Adapun, jika orang tersebut mulai membahas topik masalahnya di hadapanmu, kamu dapat mohon izin pergi agar tidak terlibat.

5. Bicarakan dengan Baik ke Orang Tersebut Tentang Sikap Toxic-nya

Terkadang orang toxic tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya dapat berdampak buruk dan merugikan orang lain.

Sebab itu, kamu dapat membicarakannya dengan baik-baik kepada orang tersebut perihal sifat negatif yang ada dalam dirinya.

Menurut seorang Psikolog, Gracia Ivonika M.Psi., kamu dapat menyampaikan perihal perilaku orang tersebut saat situasi sedang tenang atau ketika sedang berdua.

Nah, dalam hal ini berbicara berdua atau secara empat mata dapat menghindari respon negatif yang tidak diinginkan dari orang toxic.

6. Selalu Meyakinkan Diri Sendiri

Orang toxic biasanya cenderung suka menuduh orang lain sebagai pribadi yang toxic. Ia cenderung menuduh orang lain atau kamu yang menyakiti mereka.

Dampaknya, kamu akan menganggap diri sendiri menjadi racun atau pribadi yang toxic.

Dalam hal ini, kamu harus selalu meyakinkan diri bawha perilaku mereka tidak ada hubungannya dengan kepribadianmu agar kamu tidak menyalahkan diri sendiri.

7. Berani Jujur Kepada Orang Lain

Orang toxic selalu menganggap dirinya sebagai korban jika tindakannya diketahui oleh orang lain.

Pada suatu kondisi munghkin kamu menyetujui tuduhan tersebut. Namun, terkadang tindakan tersebut justru membuat orang tersebut menganggap kamu mendukung perilaku toxic yang ia lakukan.

Untuk membuat orang tersebut sadar akan perilakunya yang salah, kamu dapat memberanikan diri untuk berkata jujur mengenai perilakunya tersebut.

8. Tinggalkan Mereka

Orang toxic cenderung melihat hubungan sebagai sebuah kompetisi. Nah, berdasarkan sikap itu, mereka selalu ingin menjadi pemenang dalam kompetesi tersebut.

Nah, dalam kondisi tersebut kamu dapat bersikap tegas dengan meninggalkan orang tersebut.

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi orang toxic.

Referensi:

https://www.klikdokter.com/psikologi/kesehatan-mental/ini-cara-menghadapi-orang-toxic

https://www.haibunda.com/moms-life/20220314113952-76-268910/7-tips-menghadapi-orang-toxic-langsung-menghindar-bukan-salah-satunya-bun

https://www.republika.co.id/berita/rgrkw0463/enam-cara-menghadapi-orang-toxic

Comment

Leave a Reply