by

6 Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Bagaimana cara mencapai financial freedom di usia muda? Mari terapkan beberapa cara di berikut ini untuk mewujudkannya.

Karibkerabat.com – Kebebasan finansial atau financial freedom adalah sebuah kondisi yang diimpikan oleh banyak orang, untuk mewujudkannya yuk pahami terlebih dahulu definisi financial freedom, cara mencapai financial freedom di usia muda, dan manfaat mencapai financial freedom.

Definisi Financial Freedom

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Financial freedom atau kebebasan/kemerdekaan finansial dapat diartikan sebagai kemapanan finansial seseorang. Dalam kondisi tersebut seseorang tidak lagi merasa khawatir akan terjadinya kekurangan uang saat membeli barang-barang atau memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

Selain itu, financial freedom juga dapat dipahami sebagai kondisi di mana seseorang memiliki simpanan yang cukup, bebas dari hutang, memiliki aset investasi, dan memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Financial freedom adalah kondisi yang diimpikan oleh banyak orang, terutama generasi muda yang saat ini masih berjuang membangun karir atau bisnis, dan bahkan mereka yang masih berada di bangku perkulian.

Banyak diantara generasi muda saat ini yang ingin mencapai financial freedom di usia muda. Lalu, bagaimana cara untuk mencapainya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mulai Belajar Mengatur Keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan agar mampu mencapai financial freedom di usia muda ialah dengan mempelajari seluk beluk cara mengatur keuangan.

Salah satu manfaat dari belajar mengatur keuangan ialah agar flow keuangan tidak berantakan dan pendapatan yang diterima hanya numpang lewa saja.

Adapun, untuk belajar mengatur keuangan, ada salah satu metode yang dapat kamu terapkan yakni metode 50-30-20. Seperti apakah metode tersebut?

Nah, secara singkat dalam menerapkan metode 50-30-20 kamu harus menggunakan atau mengatur pendapatanmu dengan cara membaginya sebagai berikut.

– 50% untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalkan konsumsi, tranportasi, dan kebutuhan lainnya.

– 30% untuk kesenangan dan keinginan diri sendiri. Misalkan untuk melakukan me time, ngumpul bareng teman atau keluarga, atau juga membeli barang yang diinginkan.

– 20% untuk tabungan dan investasi. Sisihkan sekitar 20% penghasilan yang kamu miliki untuk melakukan investasi dan jangan sampai anggaran ini terganggu oleh apapun itu. Sebab, anggaran ini memiliki peran penting supaya kamu dapat mencapai financial freedom di usia muda.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan yang Baik dan Optimal untuk Capai Financial Freedom

2. Hindarkan Diri dari Hutang

Selanjutnya, kamu juga harus harus menghindarkan diri dari hutang-piutang agar jalan untuk mencapai financial freedom lebih mudah. Terutama di era saat ini banyak sekali platform yang menawarkan sistem pembayaran pay later yang cukup berhasil menggoda kita, terlebih pada tanggal-tanggal tua.

Adapun jika kamu terlanjur memiliki hutang, sebisa mungkin lunasi seger hutang tersebut terlebih dahulu, kemudian baru fokus untuk mengejar financial freedom.

Nah, perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua hutang itu buruk. Artinya ada juga hutang yang baik dan tentunya memiliki manfaat yang panjang untukmu.

Hutang tersebut antara lain seperti pinjaman pendidikan yang dapat memperluan keahlian atau pinjaman tempat tinggal untuk aset yang kamu miliki.

Adapun, hutang yang harus dihindari ialah hutang konsumtif seperti pinjaman untuk membeli gawai keluaran terbaru, padahal gawai yang lama masih bagus dan masing dapat difungsikan dengan normal.

3. Tambah Active Income

Active income adalah penghasilan atau pendapat yang kami terima dari pekerjaan yang kami lakukan. Semakin besar income yang kamu terima, maka semakin besar juga peluang untuk kamu melakukan investasi.  

Nah, untuk mewujudkan financial freedom di usia muda kamu dapat menambah active income guna income yang kamu dapatkan semakin besar.

Di era sekarang ini, peluang untuk menambah active income cukuplah besar dan mudah karena banyaknya pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan secara online atau remote.

Misalnya pasang iklan di blog, jadi penerjemah, hingga bikin usaha dropship dari online shop.

4. Berinvestasi

Cara berikutnya untuk mencapai financial freedom ialah dengan berinvestasi. Caranya ialah dengan melakukan investasi yang disesuaikan dengan profil risiko secara pribadi.

Jika kamu pemula dalam kegiatan investasi ini, cobalah investasi dengan risiko yang rendah seperti reksadana atauapun emas.

Investasi ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aset baik secara riil atau yang dapat terlihat dan investasi secara finansial sehingga manfaatnya akan dirasakan beberapa tahun kemudian.

Baca Juga: Tiga Investasi yang Sering Dilupakan

5. Miliki Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk membiayai kondisi yang tidak menentu kapan dan untuk apa digunakan.

Dalam kata lain, dana darurat adalah dana yang digunakan untuk membiayai kondisi yang tidak terduga seperti sakit yang mendadak, mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan sebagainya.

Dana darurat dan dana tabungan sepintas memiliki persamaan, namun secara fungsional memiliki perbedaan yang mendasar.

Untuk itu, coba pisahkan rekening dana darurat dengan rekening tabungan dan pengeluaran harian agar kamu tidak tergoda untuk menggunakan dana darurat yang telah dikumpulkan tersebut.

Baca Juga: Berapa Jumlah Dana Darurat yang Ideal?

6. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Salah satu kunci utama keberhasilan mencapai financial freedom ialah dengan menerapkan gaya hidup sederhana.

Artinya, sebisa mungkin kamu jangan terpengaruh untuk bergaya hidup diluar kemampuan yang kamu miliki atau hedonis.

Selain akan menguras uangmu, gaya hidup hedonis dapat menjadi salah satu pemicu hutang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Manfaat Capai Financial Freedom di Usia Muda

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Financial freedom secara sederhana dapat dipahami sebagai tahap atau kondisi seseorang yang sudah mencapai kemerdekaan dalam hal finansial. Di mana orang tersebut telah memiliki passive income yang cukup untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari.

Lalu, apa saja manfaat mencapai financial freedom?

1. Merdeka Secara Finansial

Merdeka atau independen secara finansial merupakan manfaat pertama dari financial freedom.

Pada kondisi tersebut kamu tidak perlu lagi bergantung kepada keluarga, teman atau pinjaman bank untuk memenuhi kebutuhan finansial.

Di samping itu, kamu juga bisa memutus mata rantai sandwich generation, yakni sebuah situasi yang mengharuskan seseorang memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, orang tua dan juga anak.

2. Kebutuhan Harian Mudah untuk Terpenuhi

Manfaat selanjutnya dari financial freedom ialah terpenuhinya kebutuhan sehari-hari dengan mudah.

Seperti halnya makan, transportasi, air, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga dapat membeli kebutuhan sehari-hari tanpa harus mengkhawatirkan harganya.

Singkatnya, kamu hanya tinggal menikmati hasil kerja keras yang kamu lakukan selama berjuang mencapai financial freedom.

3. Memiliki Banyak Waktu

Saat kamu berhasil mencapai financial freedom, kamu memiliki banyak waktu yang luang untuk melakukan hal-hal yang disukai seperti halnya hobi.

Selain itu, kamu juga dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion yang kamu miliki.

Sederhananya, saat kamu berhasil mencapai financial freedom, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja keras memenuhi kebutuhan finansial.

Baca Juga: Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang

4. Memiliki Kesempatan Menebar Manfaat dengan Berbagi

Dengan mencapai financial freedom, artinya kamu memiliki kesempatan yang besar untuk berbagi terhadap sesama. Terutama kepada mereka yang kurang beruntung.

Adapun, hal yang dapat kamu bagikan bisa berupa harta benda atau ilmu yang bisa menjadikan seseorang meraih apa yang saat ini kamu rasakan.

Berbagi dalam hal ini menjadi salah satu kebaikan yang mulia dan akan menjadikan apapun yang kamu miliki memiliki nilai keberkahan di sisi-Nya.

Referensi

https://www.bfi.co.id/id/blog/8-cara-mencapai-financial-freedom-versi-terbaik-dari-diri-sendiri#toc-6

https://www.youngontop.com/cara-mencapai-financial-freedom-di-usia-muda/

Comment

Leave a Reply